Branding

Home Forums Ruang Serius 🤓 Branding

Tagged: 

Viewing 5 reply threads
  • Author
    Posts
    • #6731
      adynuraadynura
      Moderator

      Pernahkah kamu bertanya pada diri sendiri kalo kamu punya kesempatan untuk dikenal banyak orang di dunia maya, ingin dikenal seperti apakah oleh banyak orang?

      Jujur saja, di awal-awal aku blogging, paling bingung menentukan niche atau tema yang spesifik karena pengennya ngebahasa banyak hal, tidak terkotakan. juga sebagai seorang yg moody, kadang lagi suka ini, kadang lagi bosan sama itu.

      tapi lama-lama, hal itu ternyata membuat pembaca jadi bingung menerka tentang siapakah kita dan lama-lama akan meninggalkan kita karena tidak tahu harus expecting apa dari blog kita ini.

      Disitulah aku ngeuh tentang branding, lebih spesifik lagi tentang personal branding.

      Aku sengaja membuka ruang forum tema ini karena ingin tahu kira-kira seberapa aware-kah teman-teman dalam membangun personal branding di blognya masing-masing, karena sependek aku melihat, ada beberapa blog yang masih bertema terlalu luas tanpa benang merah yang jelas, yang mungkin saja bisa lebih tumbuh ketika sudah aware dengan personal brandingnya dengan niche yang spesifik.

      Branding untuk blogger, penting atau tidak?

    • #6766
      EssentialistEssentialist
      Participant

      Branding untuk blogger penting. Tinggal pilih :
      1. Memunculkan dengan sendirinya
      2. Mengarahkan sejak awal kearah mana

    • #6859
      Anton ArdyantoAnton Ardyanto
      Keymaster

      Tergantung tujuannya..

      Kalau ngeblognya cuma benar benar buat senang senang dan melepas kepenatan, nggak penting. Citra itu akan terbentuk dengan sendirinya. Dia bisa enjoy saja menulis tanpa memikirkan branding.

      Kalau ngeblognya memang diniatkan untuk uang dan ketenaran, penting. Karena branding merupakan bagian dari pemasaran.

      Suhu di atas saya sudah memberikan tipsnya.

      Saya nambahin dikit saja.

      Blog bertema terlalu luas, bukan berarti orangnya pasti tidak sadar branding, tetapi bisa jadi karena brandingnya bukan ke personal, tetapi ke blognya sendiri. Contohnya kalau dia ingin menjadikan blognya sebagai “media” online, ia tidak harus melakukan personal branding. Yang perlu dilakukan adalah melakukan “branding” terhadap blognya sendiri. Bukan person-nya.

      Sebuah blog yang bertema luas pun tidak berarti bloggernya tidak bisa membranding dirinya sendiri, atau melakukan personal branding. Bisa saja.

      Branding tidak bisa dipandang secara kaku, menurut saya. Branding bukan masalah sempit atau lebar topik yang diambil, tetapi bagaimana mengarahkan pandangan orang pada titik yang kita mau. Mau multi topik blog atau niche blog sama-sama bisa dibranding, begitu juga bloggernya, selama kita tahu apa yang kita mau.

      • #6882
        adynuraadynura
        Moderator

        mungkin kalo multi topik, perlu waktu lebih lama untuk diproses dan dipahami oleh readernya, benang merahnya itu apa dan lebih ke arah mana, tapi kalo gaya tulisan dan relationship ke sesama bloggernya sangat baik, mungkin itu bisa jadi daya tarik yang bikin readernya balik lagi ke blog tsb.

        jadi, dari dua masukan dari dua ronin ini bisa diambil kesimpulan bahwa itu semua tergantung tujuan awal bikin blog. dan sangat mungkin terjadi ketika awal bikin buat seneng-seneng nyalurin hobi nulis dan curcol, akhirnya diseriusi dan build up personal branding biar lebih terarah.

        terima kasih suhu ronin semua, mantaaap

        • #6884
          Anton ArdyantoAnton Ardyanto
          Keymaster

          Hemmm.. bukan tergantung bagaimana readernya paham. Kalau kita bicara branding, seharusnya fokus utama kita bukan sekedar pada isi tulisan. Branding membutuhkan usaha lain selain membiarkan pembaca menentukan citra.

          Mengarahkan lewat isi tulisan hanyalah salah satu cara saja. Branding biasanya merupakan seperangkat usaha untuk menanamkan citra. Pemahaman bahwa branding hanya bisa dilakukan niche blog yang spesifik (biasanya para internet marketer dan blogger tutorial nih yang bilang), buat saya sih, menunjukkan yang nulis tidak paham branding. Soalnya, banyak juga blog yang mono topik tetapi tidak punya brand.

          Bloggernya mungkin berpikir bahwa dengan memakai niche blog berarti dia sudah otomatis melakukan branding. Padahal sebenarnya tidak.

          Banyak hal yang harus dikerjakan..

          Mungkin kalau saya bisa bilang.. Branding itu luas dan bisa dilakukan dalam berbagai macam cara, bukan hanya disampaikan oleh tulisan.

          Yang jelas.. saya bukan ronin, the @essentialist lah yang ronin cewek penggemar pop corn.. hahahaha

    • #6954
      tinydolcetinydolce
      Participant

      setuju sama mas anton. Kalau ada tujuannya, misal untuk menonjolkan pekerjaan atau mendapatkan uang, maka ya wajib ada branding itu.

      tapi kalau buat kesenangan pribadi, nggak perlu repot-repot sepertinya, cukup seasyik-asyiknya diri sendiri, biarkan nanti muncul sendiri sebagai bagian dari kita. berarti masuk ke memunculkan secara otomatis seperti kata mbak pheb.

      Saya sendiri belum berniat nyari uang dari blogging karena menulis adalah hobi, tapi karena dari dulu suka banget sama hal-hal berbau branding (dan saya juga kerja di hal yang berkaitan dengan itu), jadinya yaaa ngebrand blog sendiri dengan cara tertentu juga. 😁

      “I want people to perceive my blog as…” bagian itu deh yang diisi titik-titiknya…

    • #6968
      Bayu13KBayu13K
      Participant

      Pembahasan yg menarik Mas Ady. Tapi saya kurang paham sama ilmu branding. Karena ngeblog skrang cuma buat asyik2an aja, nggak mau dikenal.. hahah..

      Selama ini penyumbang view terbesar di blog saya kebanyakan kalau saya tulis review2 gtu.. atau sama ttg curhatan mengenai pekerjaan atau perkuliahan.. begitu…

      Tapi jujur, saya belum ada niatan buat nyari uang dri blog, yah walaupun di blog saya pasangkan adsense, tapi saya nggk begitu memperhatikan penghasilan tiap harinya.

    • #7641
      Avatarainun
      Participant

      widihh jawabanku terwakilkan pak anton ahahahaha

      pertama ngeblog dulu, aku ga paham apaan itu branding dan kawan-kawannya, tau tau ya pas setelah sekian taun ngeblog ini

Viewing 5 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.