Tips #02 : Majang Foto Jangan Nanggung

Kafe MM Forums Ruang Serius 🤓 Tips #02 : Majang Foto Jangan Nanggung

Viewing 3 reply threads
  • Author
    Posts
    • #7463
      Anton ArdyantoAnton Ardyanto
      Keymaster

      Kebetulan semalam, karena Mimin Ronin nggak bisa tidur, hasilnya si Mimin kelayapan ke banyak blog sebagai jelangkung, alias stealth mode. Nggak meninggalkan jejak.

      Nah, hasil jelangkungan itu, Mimin mau ngasih tips saja, soal foto maklum jelangkung modern kan seneng fotografi.

      Kalau masang foto di artikel, sebaiknya jangan nanggung.

      Hasil pengamatan, ada beberapa kawan blogger yang masang fotonya cuma 2/3 lebar layar. Yah kira-kira ukuran medium di Blogspot. Malah ada yang kiccill ..

      Hasilnya, mata jelangkung yang sudah ga normal ini agak repot juga.

      Kalau boleh saran, sebaiknya foto atau image dalam tulisan dibuat saja “full” selebar layar (jangan lebih). Dengan begitu foto bisa terlihat dengan jelas dan mudah dilihat. Kesannya juga berbeda dibandingkan kalau ukuran medium atau kecil yang dipasang. Lebih wah… apalagi kalau fotonya bagus.

      Jangan takut akan memberatkan.

      Pengalaman Mimin Ronin mengatakan untuk ukuran foto selebar layar komputer 640 x 427 sudah cukup dan ukuran filenya tidak akan memberatkan loading. Ukuran hanya akan berkisar 40-100 Kb saja yang tidak akan memperlama loading.

      Kalau ukuran lebar 800 juga ga masalah karena masih tidak akan terlalu besar dan kualitas lebih bagus.

      Di layar ponsel sendiri, ukuran itu akan otomatis diperkecil sama si blog/template untuk menyesuaikan dengan lebar layar (responsive). Jadi lebih kecil.

      Jadi, tips blogging kali ini cuma sebuah saran kecil, pasang foto selebar layar perangkat. Hal itu akan lebih membantu pembaca menikmati artikelnya.

      Seperti biasa, saran ini boleh diabaikan … Tidak maksa sama sekali..

    • #7470
      AvatarJaey Borneo
      Participant

      Betul pak saya juga baru menyadari belakangan ini dan mulai menerapkan original size atau x-large.

      Tapi buat Blogger yang terlanjur pasang gambar kecil bisa di klik saja buat memperbesar (tanpa loading) tapi sebelumnya atur dipengaturan ijinkan gambar buat anu, nah saya lupa nama fiturnya pokonya ada dipengaturan.

      • #7476
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Betul mas Jaey… bisa diatur ulang kok ukuran image di artikel..Cuma saya juga lupa karena hahahah udah 6 bulanan ga make Blogspot lagi..

    • #7519
      SellaSella
      Participant

      <p style=”text-align: left;”>Makasih untuk sarannya Pak Anton. Setelah baca ini, aku jadi cek gambar di postingan blogku. Dan iya sih, kekecilan. Jadi ukuran yang gak nanggung untuk gambar di Blogspot itu besar? Kalau pakai ukuran ekstra besar untuk gambar di Blogspot apa akan memberatkan? Atau tergantung gambarnya juga?</p>
      Jujur, kalau dibilang ukuran pakai angka aku gak mengerti besarnya seberapa.

      • #7527
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Sella..

        Kalau sejak diupload sudah diperkecil, maka tidak akan memberatkan. Tapi, kalau saat upload ukurannya sudah besar, meski disetting kecil sekalipun akan memberatkan.

        Misalkan, ukuran file foto 5 Megabyte, terus langsung diupload ke Blogspot. Pas ditampilkan, meski pakai ukuran small sekalipun, akan berat karena si template harus mengecilkan dulu ukuran asli ke ukuran yang pas dengan template.

        Tidak akan memberatkan kalau

        1. ukuran image asli diperkecil di komputer ==> pakai ukuran 640 x 427 atau pokoknya yang lebarnya 640 karena rata-rata template punya ruang baca 640 pixel. Kalau mau batasi sampai 900-1024 saja. Jangan lebih dari itu

        2. Hasilnya akan berukuran di bawah 100 Kilobyte saja

        3. pakai hasil yang no 2 di artikel

        4. mau pakai ukuran extra large sekalipun, angka maksiumm file foto yang diupload ya cuma 100 kilobyte tidak akan lebih dari itu. Lain kalau yang diupload berukuran 5 Megabyte, hasilnya akan memberatkan.

        Jawaban saya tidak akan memberatkan bahkan mau pakai extra large sekalipun, kalau file fotonya sudah diperkecil sebelum diupload

    • #7554
      adynuraadynura
      Moderator

      Ahahaha… betul sekali pak, ternyata setelah aku bandingkan, ada kesan berbeda juga kalo fotonya full width atau medium width. ternyata lebih puas aja ngelihat foto yang gede, tapi kalo fotonya portrait, aku lebih mengejar supaya tingginya tidak terlalu jauh melebihi tinggi layar laptop (jarang buka blog di hape, duh)

       

      Thank you pak, ini tips yang bagus dan ga terfikirkan olehku.

Viewing 3 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.