Tantangan: Berapa Total Jumlah Koleksi Buku?

Kafe MM Forums Bilik Pustaka πŸ“– Tantangan: Berapa Total Jumlah Koleksi Buku?

Viewing 11 reply threads
  • Author
    Posts
    • #7972
      Avatarrahulsyarif
      Participant

      Saya nantang teman-teman untuk nyebutin jumlah koleksi buku teman-teman. Baik yang ada di rumah, kosan, atau dimanapun teman-teman berada. Ebook tidak usah diitung, yang buku fisik aja

    • #7981
      Anton ArdyantoAnton Ardyanto
      Keymaster

      Kalau di rumah saya saat ini kira-kira sampai 100-an buku.. mungkin lebih dikit. Cuma kalau digabungkan dengan koleksi di rumah bapak dan ibu (dan koleksinya sekarang masih ada) bisa mencapai 300-400 buku.

      • #7985
        Avatarrahulsyarif
        Participant

        Banyak juga yah Mas Anton. Tapi itu koleksi di rumah Bapak dan Ibu tidak mau dipindahkan ke rumah? Terus bikin tempat sendiri untuk buku-buku Mas Anton biar jadi perpus kecil pribadi

        • #7994
          Anton ArdyantoAnton Ardyanto
          Keymaster

          Rumah saya nda cukup mas Rahul. Maklum tipe RSSSSSSS (7 S) dan tidak bisa menampung lemari buku. Sekarang saja sudah kepenuhan.

          Untungnya rumah ibu lebih luasan. Jadi, rasanya lebih bagus disimpan di sana saja.

    • #7995
      EYAEYA
      Participant

      Aku kayaknya sekitar 200an sampai deh. Karena ada beberapa judul komik berseri yang sampai vol. 20an lebih gitu. Novel juga banyak yang berseri wkwk

      • #8041
        Avatarrahulsyarif
        Participant

        Kalo dengar cerita kak Eya, saya jadi ingat teman kecil saya, yang ngoleksi komik Naruto dari Vol. 1 sampai komiknua bejibun di rumah. Ketika kami main ke rumahnya, teman-teman minta pinjam, kecuali saya yang saat itu ngga tertarik baca komik. Koleksi komik sayapun cuma satu juga kayaknya

    • #8011
      CREAMENOCREAMENO
      Participant

      Sudah tinggal sedikit yang buku fisik mas, sebab sudah saya kasih-kasih ke sepupu, atau organisasi yang terima buku, atau kegiatan kemahasiswaan, dan teman-teman yang suka buku πŸ˜‚

      Jadi saya setiap habis baca, langsung kasih ke sekitar, alhasil sisa buku di rumah sekarang 17 πŸ™ˆ Bersisa yang ada gambar-gambar atau quotes dan beberapa buku yang menunggu di-adopsi teman, hehehehe.

      • #8042
        Avatarrahulsyarif
        Participant

        Oh, kak Eno memangnya jarang baca ulang buku? Dari 17 buku itu, otobiografi Michele Obama kemarin pasti masih disimpan. Ha ha ha

         

    • #8012
      AvatarPonco Adi Nugroho
      Participant

      Terakhir aku hitung, koleksiku ada 100. Cuma sekarang udah aku gabungin semua di kontrakan adik tingkat πŸ˜‚

      Semenjak jarang baca, aku udah jarang ngelist total bukuku.

      • #8043
        Avatarrahulsyarif
        Participant

        Saya juga sudah jarang hitung, paling cuma ngeberesin dan ngebersihin beberapa bulan sekali, Mas Adi

    • #8123
      osamudazaiosamudazai
      Participant

      Kalau buku fisik yang ada di rumah setelah sebagian dijual, paling-paling mah 100-an. Malas menghitung jumlah persisnya. Dalam dua tahun terakhir ini saya sudah beradaptasi baca buku digital, sehingga sejak pandemi belum beli buku lagi selain menerima pemberian dari teman.

      • #8125
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Mas Yoga mah pasti sejenis kutu buku dah.. wkwkwkw.. soalnya kalau liat cara menulisnya, saya duga si mas itu sudah baca buaanyaakkk sekali buku..

        Berapa mas kira-kira yang sudah dibaca buku, baik cetak atau digital?

        • #8127
          osamudazaiosamudazai
          Participant

          Komik-komik digital ini perlu dihitung juga, kah? Haha. Saya rasa enggak perlu, ya. Satu judul sampai tamat aja ada yang 50-an volume soalnya. Bisa 1.000 buku nanti bacaan saya yang komik doang.

          Jika acuannya sejak SMK pertama kali mulai ngoleksi buku, saya rasa 500-an mah ada. Tapi kalau pakai acuan Goodreads (saya tandai buku-buku yang pernah dibaca hingga tuntas begitu mulai mendalami dunia kepenulisan), masih sedikit banget, kok. Baru 220 yang kelar dibaca. Kira-kira 200 buku inilah yang membentuk tulisan saya sekarang, PakΒ Anton.

        • #8138
          Anton ArdyantoAnton Ardyanto
          Keymaster

          Pantas Bro dikau cara nulisnya luwes gitu. Bukunya bisa jadi agak berat berat nih kalau melihat cara menulismu… hahahahaha

          Gimana dikau ngolah kata itu memang bagus banget dan itu sulit dilakukan kalau kamu jarang baca. Kalau dah dapet data ini sih, ya tidak heran.. hahahaha

          Kutu buku juga dikau yah

    • #8146
      Peri Kecil LiaPeri Kecil Lia
      Moderator

      Kayaknya punyaku sekitar 30, Hul. Kemarin itu sempat hanya 13, tapi karena intensitas baca meningkat dan ada beberapa pemberian dari teman, jadi koleksinya bertambah. Itu juga masih banyak yang belum dibaca, hanya ditumpuk doang *jadi curhat*

    • #8168
      Avatarainun
      Participant

      hehehehe sebenernya buanyak tapi udah ada yang dikasih kasih wkwkwkwk

      kalau buku bapak aku malah masih kesimpen di gudang, katanya jangan dibuang, berhubung kamar aku udah kebanyakan koleksi buku, rasanya sumpek, tapi untuk buku favorit masih aku simpen

      mungkin 50an, kalau buku yang lama-lama aku taruh di satu kontainer gede dan diplastikin, jadi jarang kebuka lagi kecuali mau dibersihin

    • #8226
      AvatarThessa
      Participant

      Gara2 pertanyaan Mas Rahul ini, aku jadi berdiri lama di depan rak buku buat ngitung2 secara kasar ada brapa buku di rumah. Hehehe.. Trus kaget sendiri ternyata banyak juga, lebih kaget lagi ternyata masih banyak bgd juga yg belum dibaca. >.<

      Buku aku kurang lebih ada 500an. Pas aku itung rak buku anak2 ternyata ada 200an, ga ngeh sebanyak itu krna kan bukunya tipis2 dan ada yg kecil2 juga klo anak2. πŸ˜€

      Beberapa fotonya pernah aku post di blog, sekalian numpang naro link ya Mas Rahul, itung2 promosi blog. Hahahha…

      http://thessaliviareza.blogspot.com/2020/09/book-shelfie.html

      • #8229
        Peri Kecil LiaPeri Kecil Lia
        Moderator

        Kak Thessa koleksinya buanyak banget!! Makan tempat berapa rak buku itu? 😱

        • #8237
          AvatarThessa
          Participant

          Tiga rak buku Lia πŸ˜†πŸ˜† Baru ngeh juga pas diitung2 ternyata sampe segitu.

      • #8238
        HalorekaHaloreka
        Participant

        Rasanya pengin main ke rumah kak Thessa ν—€ ν—€

    • #8274
      endahaprilendahapril
      Participant

      Sampai hari ini ada 115 buku, mau jual sebagian tapi belum gerak jugaπŸ˜†

    • #8289
      AvatarAnnisa
      Participant

      Komik dihitung juga kah Rahul?? Kalau iya jadi more than 1.000.

      Cuma ini koleksi berdua adik. Kita punya kesepakatan unik sejak kecil, beli buku terpisah di kota masing2 pun, saat mudik harus dibawa pulang ke rumah ortu. Buat tukeran, biar ibu-ayah saya jg bisa ikutan baca.

      Dulu lumayan banyak judul yg dobel Krn ga sabar pengen baca juga padahal salah satu dah beli atau lupa bilang kalau dah beli duluan. Tp skrg dah disumbangin ke taman bacaan di pulau terpencil.

      Sekarang yg ada sama saya cuma buku2 bacaan anak yg saya beli tp baru bisa dibaca oleh anaknya sekarang plus buku yg dibeli selama kami pindah ke kampung ini.

    • #8423
      TOMTOMIDTOMTOMID
      Participant

      Ya ampun koleksi bukunya pada banyak2 amat. Aku ada berapa yaa? Lw buku LKS, buku paket, buku dari sekolahan banyak, per semester ada bukunya masing2 pelajaran, lw dikumpulin dah berapa tuh sampe SMA. Wkwk

      Jujur aja, saya beli buku kayak novel gitu belum pernah. Karena emang tempat saya tuh ga ada yang hobi baca2 gituan, mungkin sangat berbeda dengan tempat man teman semua. Memang kehidupan di desa koleksinya tuh arit, cangkul, golok, gitu2.

      Maap lw ga nyambung. Pengen ikut gabung. Mudah2an boleh. Hehehe

Viewing 11 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.