Siapa Target Pembaca Blog Kawan?

Home Forums Ruang Serius 🤓 Siapa Target Pembaca Blog Kawan?

Viewing 4 reply threads
  • Author
    Posts
    • #7250
      Anton ArdyantoAnton Ardyanto
      Keymaster

      Kemungkinan mayoritas blogger akan menggunakan jawaban “Saya ngeblog cuma buat bersenang-senang”, jadi tidak pernah memikirkan siapa target pembaca blog tersebut? Iya kan?

      Tapi, boleh kan mimin bertanya, menurut Kawan MM sendiri, siapa sih target pembaca blog yang kawan buat? Dan, kenapa?

      Silakan.

    • #7383
      tinydolcetinydolce
      Participant

      Perempuan, bekerja, sudah menikah/belum menikah, usia 23-35, serta berminat dengan intentional living/financial freedom/lifelong learning. Berminat meningkatkan kehidupannya dari ketiga sisi tersebut, tapi juga tetap bersenang-senang! 😀

      Kenapa? Karena itu akrab dengan saya (targetkuuu adalah akuuu~) dan saya yakin banyak temen untuk berbagi struggling di jalan ninja yang sama. Ha ha ha….

      Saya juga pengen mendokumentasikan perjalanan itu dengan baik dari tahun ke tahun, sehingga bisa melihat perkembangannya nanti. Mudah-mudahan terwujud nulis rutin terus.

      He he, saya memutuskan nulis dengan target market tertentu karena saya nggak bisa nulis blog niche satu topik. Pasti ada aja hal lain yang saya tulis. Kalau nulis blog niche satu topik, kemungkinan saya akan mengarah bikin satu blog satu topik kayak Mas Anton. Dan hasilnya? Pasti gak akan kuat dong ngasih makannya 😂😂😂

      • #7393
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Ohh.. kira-kira berarti targetnya yang seumuran yah… hahaha..

        Nah, bagaimana ketika saat nanti Mega sudah melewati batasan usia targetnya, apakah tetap mengejar pasar pembaca yang sama atau pasarnya menyesuaikan juga? Hahahaha karena pasti seorang blogger akan berubah menyesuaikan dengan umur juga..

        Pasti bisa lah Mega nulis rutin.. Kan ga berarti harus tiap hari, asal jangan sebulan sekali sajah.. wkwkwkwk

        Hahaha.. tau ajah, saya saja sudah setengah mati memberi makan semua blog.. wkwkwk.. tapi bukankah di situ serunya.. 😀

        • #7396
          tinydolcetinydolce
          Participant

          hahahha… nah, iya betul mas Anton. kemungkinan blognya akan berkembang seiring pengalaman dan perkembangan usia saya juga. Terlebih saya juga nggak merencanakan blog saya jadi sebuah blog dengan multi-kontributor. Yang berarti pengisinya akan tetap saya sendiri.

          Tapii, saya berencana akan banyak mengisinya dengan artikel yang cenderung evergreen atau paling tidak universal. Topik intentional living, financial freedom, dan lifelong learning sebenarnya saling berkaitan dan bisa ditujukan untuk siapa saja, nggak harus perempuan seumur saya.

          Saya cuma nambahin lebih banyak touch of femininity. Sentuhan perempuan. wkwkwkwkwk…

          Jadi, diharapkan, meskipun blognya nanti berkembang, akan tetap ada yang bisa dibaca oleh target market awal meskipun waktu primer saya di usia tersebut sudah lama berlalu. he he he… mudah-mudahan yah! Karena bisa jadi saya juga malah pindah platform, atau punya brand baru. Siapa yang tahu masa depan. Sekarang sih rencananya masih begitu.

          Kalau ngasih makan semua blog kayak mas Anton, wah saya nyerah deh. Kayaknya dua minggu aja langsung stress duluan 😀

           

    • #7552
      adynuraadynura
      Moderator

      Target pembacaku adalah orang orang pak, haha…

      kalo secara umur, mungkin udah di atas 30an yang kayaknya cara melihat foto itu bukan sekedar estetika saja, tapi udah mulai melihat sisi historis atau cerita,  tapi sebetulnya terlepas dari target audiens, aku punya satu message yang ingin kusampaikan kalo foto dokumentasi itu penting, mungkin bukan untuk saat ini, tapi untuk diri kita atau anak keturunan kita di masa depan. aku ingin menyeru orang-orang untuk lebih sering foto-foto momen kebersamaan dengan keluarga di rumah atau kawan-kawan seperjuangannya. Meskipun sepertinya tanpa diriku menyampaikan hal itupun, orang-orang udah terbiasa dengan dikit-dikit foto, haha..

      ya mungkin bisa diperbanyak foto momennya daripada foto selfie-nya 😀

      Dan disamping itu, aku juga lebih ke ‘pamer’ sih pak, siapa tahu suatu saat ada calon client yang pengin liburannya didokumentasikan atau foto prewed tapi gaya dokumentasi? hahaha…

       

      Tapi next, sepertinya aku jg ingin mencoba membuat target audiens persona, siapa tau pengaruhnya bagus ke perkembangan blogku. so i know dengan siapa aku berbicara, kepada siapa aku bercerita dan ‘show off’ foto-fotoku.

    • #7573
      TOMTOMIDTOMTOMID
      Participant

      Lw saya target pembaca blog saya adalah para remaja mas, karena isi blog saya tidak jauh dari keseharian remaja pada umumnya, bahas apa saja. Bagi saya ngeblog itu tempat berbagi ilmu, pengetahuan dll. Jadi saya post2 aja asal itu kebaikan isinya. Karena jujur aja mas, saya kurang aja berbuat baik, mungkin aku bisa berbuat baik kepada orang lain lewat karya tulisan. Bisa berbagi itu sangat menyenangkan bagi saya. Dari sana saya bisa bahagia yang sangat lah. Karena kebahagiaan itu datangya dari hati, bukan dari materi.

      • #7583
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Sikap yang bagus banget itu.. selalu merasa tidak pernah berbuat baik.. cool!!

        Ohh remaja ya.. Bagus banget atuh karena remaja itu pasarnya besar banget. Bisa sharing gimana menulis konten yang berkaitan dengan keseharian remaja ga mas Tomtom saya rasa banyak tuh yang bakalan tertarik

        Bagian akhirnya, top banget dah… karena memang bahagia itu asalnya dari dalam hati..

    • #7599
      TOMTOMIDTOMTOMID
      Participant

      @Anton

      Gimana ya mas? Jujur aja saya sendiri aja masih tahap belajar mas. Pandangan saya sih seperti channel YT KUY Entertaiment mas lw dibuatkan dalam karya tulisan, yang apa adanya, tapi sedikit sopan uga lah kata2nya ga seperti itu. Menurut saya gila banget sih itu. Tapi sayangnya sekarang menurun minat baca anak bangsa kita, sukanya melihat, mendengar, mengaplikasikan. Ntar isi blog saya mau seperti itu aja lah kayaknya mas, gado2 bikin pusing kali.

      Ini dia ntar aku bakalan bahas Blogger vs Youtuber.

      Sekian n terimakasih.

Viewing 4 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.