Selamat Datang di Maniak Menulis Forums Ruang Serius 🤓 [NANYA] SEO Penting Nggak Bagi Blog Kawan?

Tagged: 

Viewing 7 reply threads
  • Author
    Posts
    • #7459
      Anton Ardyanto
      Keymaster

      Serius nih Mimin nanya…

      Kata banyak orang SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari) itu penting kalau sebuah blog mau maju dan berkembang.

      Saya sendiri sih berpikir “tergantung” a.k.a tidak selalu, tetapi tergantung pada tujuan, tergantung pada jenis blog, dan berbagai tergantung lainnya.

      Jawabannya bisa berbeda-beda.

      Nah, sekarang Mimin Ronin jadi ingin tahu juga, apakah Kawan MM menganggap penting SEO dan mau menerapkannya di blog Kawan? Kalau ya, boleh tahu alasannya? Kalau tidak, kata “mengapa” yang saya akan ajukan..

      Belum ada hadiah buat jawabannya ya.. Maklum lah gajian Mimin Ronin masih belum turun juga sampe sekarang..

      Tapi, boleh dong kasih bocoran pendapat Kawan MM

    • #7471
      Jaey Borneo
      Participant

      Bagi saya SEO itu aturan yang di buat google untuk mengatur semua situs agar terarah dan bertujuan untuk kemudahan pengunjung dan kemudahan google dalam menganalisa situs.

      Karena SEO itu aturan jadi cukup penting karena kita mmg memerlukan peraturan dalam hidup, hihi.

      Peraturannya sederhana, jgn ada broken-link, dll. Ya tetap menerapkan Seo seperlunya, sebagian saja karena tak mgkn mampu menerapkan semua aturannya, lagian juga gk begitu tau apa saja aturannya. 😆

      • #7477
        Anton Ardyanto
        Keymaster

        Jadi menurut mas Jaey penting yah… Kalau di cerpen mas, apa memakai SEO juga? Boleh share dong?

        • #7483
          Jaey Borneo
          Participant

          Kalau di blog saya yg skrg gk pakai Seo pak, cuma dulu sekitar 5 thn lalu sewaktu masih di MWB 🤣 dulu di MWB suka ikut kontes Seo 🤣

        • #7515
          Anton Ardyanto
          Keymaster

          Gimana kalau bagi ilmunya di Kafe MM dong.. banyak kawan yang pingin bisa.. hahahaha Hayo Suhu Jaey, keluarkan ilmu simpananmu..

      • #7536
        Jaey Borneo
        Participant

        Waduh saya sudah pensiun pak dari Seo, tapi buat yang mau belajar, langsung saja baca Panduannya di support.google.com dan developer.google.com.

        Yg saya terapkan skrg Pertama yaitu pakai Template (bawaan) moderen diantaranya, Contempo, Soho, Notable, Essential.

        Yg Kedua bermain judul postingan. Sayangnya ini sebatas saran saja soalnya saya belum benar2 menerapkan ini. Hihi.

        Hal terpenting dari Seo itu terletak pada kontennya atau disebut “Konten is the King”.

        Kata Google: “Pikirkan apa yang orang cari di mesin pencari (lalu buatlah konten itu).”

        Meskipun Google juga mengatakan “Buatlah konten untuk penggunamu bukan untuk mesin pencari”.

        Ya intinya kalau mau dapat visitor dari mesin pencari buatlah konten yg kira2 dicari orang.

        • #7537
          Jaey Borneo
          Participant

          Dan jgn kuatir kontennya mirip dgn blog lain. Menurut kabar, Google semakin canggih sdh punya sesuatu yg mampu menganalisis konten melebihi kecerdasan manusia, yg mampu lebih bijak menangani duplikat konten, meski begitu tetap jgn copas, hihi.

        • #7551
          Anton Ardyanto
          Keymaster

          Makasih suhu Ajay atas inputannya, pasti bermanfaat…#sungkem

    • #7484
      Peri Kecil Lia
      Moderator

      Kalau dari kacamataku, SEO penting diterapkan jika blognya ingin lebih banyak yang baca. Hal ini aku terapkan pada tulisan-tulisan review agar lebih menggapai banyak orang niatnya~

      Kalau tulisan yang cerita sehari-hari, aku cenderung nggak memikirkan SEO. Begitu mimin ronin kalau pandanganku 😁

      • #7516
        Anton Ardyanto
        Keymaster

        Gitu yah..Hasilnya sejauh ini gimana Peri.. berapa banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari?

    • #7495
      Hermansyah
      Participant

      Kalau menurut saya SEO itu penting ngga penting soalnya saya ngga begitu banyak tau tentang SEO paling cuma SEO tingkat dasar seperti memberi nama pada gambar atau memberi huruf tebal.

      • #7517
        Anton Ardyanto
        Keymaster

        Penting ga penting itu bahasa bersayap.. wakakak ga jelas neeh..

        Kenapa bisa gitu mas Her? Coba berikan pandangan

    • #7520
      tinydolce
      Participant

      Sama kayak Lia, karena blog saya masih cenderung personal, gak terlalu merhatiin SEO sih… tapi kalau artikelnya bisa dibaca khalayak ramai, sebisa mungkin saya terapkan metode-metode SEO yang bisa digunakan.

      Meskipun gak maksa juga sih. Kalau nggak sreg di kepala saya nggak akan saya pakai (misalnya judul artikel atau “pemecahan” artikel dan sebagainya.

      Tapi kalo saya baca2 aturan SEO yang sekarang kan emang buat mempermudah manusia juga yak. Mesin pencari pun makin pinter menentukan situs yang dibutuhkan manusia. Nggak saklek kayak jaman dulu masih ada istilah black hat white hat. He he he.

      Jadi ya biasanya tetap saya aplikasikan meskipun nggak ikutan semua (karena mager)

       

      • #7528
        Anton Ardyanto
        Keymaster

        Hasilnya bagaimana Mega, apakah menerapkan SEO dengan cara ini memberikan dampak positif dalam jumlah pengunjung?

        Memang betul bahwa Google terus mengembangkan algoritma yang lebih bisa “membaca” tulisan yang “bagus” dan bukan sekedar yang dipenuhi kata kunci, tetapi pada kenyataannya masih belum terlalu jauh. Artinya, teknik SEO masih akan diperlukan untuk bergaul erat dengan mesin pencari..

        Itu yang saya baca.. Memang sudah banyak perkembangan, tetapi rasanya belum bisa menyamai manusia atau artificial intelligent yang bisa membedakan tulisan bagus dan jelek

        • #7531
          tinydolce
          Participant

          hmm, secara umum sih traffic dari mesin pencari saya masih jelek mas Anton. Pengunjung blog saya mayoritas organik dari forum ini atau dari komentar di blog teman-teman kayaknya. rata-rata direct soalnya.

          Tapi saya notis sih, ada beberapa artikel yang temanya ‘hip’, dan memang sesuai dengan yang tertera pada google trends, trafficnya lumayan tetap dan ada terus meskipun sudah lama. Contohnya artikel saya tentang mempersiapkan pernikahan…. meskipun sudah setahun, trafficnya masih bisa bersaing dengan artikel yang baru-baru.

          Dari situ tuh kerasa…. jadi ya, memang masih pengen mengulik sih. Gimana caranya bikin artikel yang SEO-friendly tapi juga gak Rumusan SEO thok gitu, enak dibacanya gak kaku 🤣

          mas Anton kalau ada referensi web yang baik (terutama indonesia), saya mau mintaaa…. hehehe…

        • #7532
          Anton Ardyanto
          Keymaster

          Yup.. memang itu salah satu keuntungan memakai teknik SEO, trafik gratis datang dan tidak terlalu banyak membuang tenaga, kalau tahu cara memakainya.

          Yang tersulit adalah memadukan teknik SEO dengan tulisan karena kalau belajar dari pengalaman, hambatan itu akan terasa sekali saat menulis. Tulisan biasanya akan terasa lebih “kaku” dan tidak mengalir sebagaimana biasa.

          Memang ada yang bilang bahwa itu bisa diatasi, tetapi belajar dari banyak membaca, tulisan-tulisan yang mempergunakan cara seperti ini tidak mulus dan terasa ada “ganjalan”.

          Pasti akan butuh banyak sekali latihan dan praktek untuk bisa membuat tulisan dengan teknik SEO tetapi nyaman dibaca.

          Mungkin akan lebih sulit lagi kalau sifat blognya adalah personal, yang bercerita soal keseharian penulisnya. SEO lebih mudah dipergunakan untuk tulisan bersifat informatif dan tutorial. Bukan berarti tidak bisa dipergunakan untuk tulisan bersifat personal atau curcol, tetapi tantangannya bakalan lebih besar dan berat karena pasti ada yang dikorbankan.

          Soal website tutorial SEO dalam bahasa Indonesia sih banyak. Percayalah, isinya bakalan sama saja. Tidak banyak berbeda. Yang berbeda biasanya hanya kemasannya saja, tetapi isinya sama. Pakai saja Google dengan memasukkan kata kunci SEO, Keyword, dan sejenisnya.. Pasti akan banyak tulisan terkait hal itu dan saya bisa bilang sebagian besar sudah saya praktekkan dan lumayan membawa hasil.

          Saya pernah buat sebuah thread kecil tentang KATA KUNCI di forum. Kalau Mega mau belajar, coba saja buat tulisan dengan cara ini saja dulu. Saya sudah melakukan dan hasilnya sejak dulu sampai sekarang lumayan dalam mengatrol pengunjung. Tapi, karena itulah saya bilang aliran tulisan yang saya buat dengan metode ini, tidak membuat nyaman hati saya. Jadi kebanyakan saya abaikan.

          Yang saya tulis itu sebenarnya salah satu inti SEO On Page.

    • #7553
      adynura
      Moderator

      Aku belum pada tahap concerning tentang SEO meskipun secara prinsip aku tahu peran SEO itu seperti apa di google search dan jagad internet secara keseluruhan.

      Mungkin nanti di masa depan setelah aku merasa ‘kurang’ dan ingin menggunakan juga SEO biar traffic-nya lebih ke push naik lagi, bisa saja. tapi untuk sekarang, belum sama sekali, masih fokus untuk menulis seminggu tiga kali dan jg meningkatkan kualitas tulisan yg bagus, efektif dan mampu menyampaikan inti tulisan kepada pembaca dengan baik.

    • #7572
      TOMTOMID
      Participant

      Sebenernya menurut saya penting ga penting sih mas. Soalnya gini, buat jadi blogger itu dituntut buat belajar ini itu, ada banyak yang harus dipelajari, ga hanya belajar 1 topik aja. SEO hanyalah merupakan salah satu saja tapi penting. Misal gini, dalam blog artikel bagus SEO nya bagus, rating artikel / blog bagus tapi disisi lain dalam segi tampilan / template kurang, membingungkan pengunjung, dll. Hal ini menurut saya berpengaruh sih. Soalnya semua itu satu-kesatuan, harus bekerjasama satu sama lainnya harus saling mendukung. Kalau dalam blog dituntut bisa sedikit HTML / CSS, SEO, dll jadi seimbang. Kurang lebih begitu menurut saya yaa mas, walaupun belum bisa menikmati hasilnya dari dunia ngeblog sampai saat ini.

      • #7584
        Anton Ardyanto
        Keymaster

        Baru kali ini ada yang memberikan jawaban seperti ini. Bukti pengalaman yang segudang. Biasanya kalau penggila SEO nyebutnya SEO itu penttinggg banget sampe kalau ga pake SEO ga bakalan maju.

        Saya setuju sekali dengan pandangan ini mas Tom. Blog adalah satu kesatuan dan SEO hanyalah salah satu bagian saja.

        #sungkem

    • #7597
      TOMTOMID
      Participant

      Makasih kali mas, dapat pujian dari master nya hehehe Saya belajar SEO belum lama mas @Anton, belajar sama mas Sugeng sama mas Timon, dikit2 aku terapkan dalam artikel saya, yaa baru itu aja aku tau sedikit seluk-beluknya SEO mas. Sebelumnya asal banget, bener, artikel dalam blog saya sebelumnya, penting post2 aja gt, ga mikir lw duplikat tuh apa risikonya dll.

Viewing 7 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.