Adakah Perbedaan Domain COM vs MY.ID dari segi SEO?

Kafe MM Forums Ruang Serius 🤓 Adakah Perbedaan Domain COM vs MY.ID dari segi SEO?

Tagged: 

Viewing 4 reply threads
  • Author
    Posts
    • #8066
      Avatarpriant
      Participant

      Selamat malam rekan semua, saya ingin menanyakan kira” berdasarkan pengalaman atau pengetahuan para rekan” di sini, kira” apakah ada perbedaan dari segi SEO antara domain COM vs MY.ID?

    • #8070
      AvatarJaey Borneo
      Participant

      Saya jwb dgn kira2 🤣

      My.id lebih mirip subdomain daripada domain. Jadi Com lebih Seo 🙏

    • #8081
      Anton ArdyantoAnton Ardyanto
      Keymaster

      Pertanyaan apakah ada beda dari segi SEO, terus terang sebenarnya saya tidak ingin menjawab. Pertama karena saya bukan bagian dari tim algoritma Google, jadi saya tidak tahu persis masalah kriteria.

      Saya menghindari pembahasan berdasarkan asumsi yang tidak jelas yang sering terjadi. SEO pada dasarnya sebuah ilmu menduga dan menebak karena tidak pernah terkonfirmasi oleh Googlenya sendiri.

      Tapi kalau mas Print mau tahu pendapat saya adalah

      * Suhu Ajay benar pada dasarnya my.id sendiri lebih merupakan subdomain. Perhatikan bahwa yang di belakang titik itu .id adalah domain utama, penambahan my di depannya membuatnya menjadi sebuah subdomain dari TLD .id

      * mengacu pada apa yang dijelaskan, pada dasarnya subdomain dan tld, dalam kondisi yang sama, misalkan baru sama baru, tidak memiliki perbedaan. Keduanya memiliki kekuatan SEO = 0. Kemudian perbedaan SEOnya akan tergantung pada segala sesuatu yang dilakukan setelahnya, seperti tulisan, meta, dan segala jenisnya.

      Jadi, pandangan saya, tidak ada beda antara my.id atau .com. Yang membuatnya berbeda adalah apa yang dilakukan setelahnya, bukan dari domainnya sendiri.

      Saya tidak sependapat dengan guru Ajay kalau .com lebih seo karena kenyataannya banyak submain yang kalau dioptimasi akan menjadi lebih kuat secara SEO dibanding domain induk.

      • #8105
        AvatarJaey Borneo
        Participant

        Saya menggiring SEO ke ranah branding Pak, COM lebih keren dari my.id

        Keren = SEO 🤣

        • #8106
          Anton ArdyantoAnton Ardyanto
          Keymaster

          Hahahah.. wwoooiii beda woooiiiiii…. meski gue ngerti banget apa yang suhu Ajay katakan. Branding kalau berhasil bisa membantu SEO, dan SEO kalau berhasil bisa membantu branding tapi ranah keduanya berbeda jauh wooiii….

          Tapi ga salah kalau COM lebih enak didengar daripada MY.ID . Cuma kalau soal SEO mah sama sajah…

        • #8488
          Suprianto SASuprianto SA
          Participant

          Saya kurang tau terkait pertanyaan diatas. tapi ada hal menarik terkait My.id merupakan subdomain saya ingin bertanya bang hehe. Maklum karna saya juga baru menggunakan my.id (sebelumnya .com), Saya menggunakan domain Payubaco.my.id untuk domain utama blog saya dan saya juga juga menggunakan lirik.payubaco.my.id untuk subdomainnya. jika my.id merupakan subdomain seharusnya tidak bisa menggunakan penggunaan kata lirik didepan kata payubaco untuk membuat subdomain. Emang bisa subdomain di subdomain kan (aduh gimana bilangnya hehe)?. Gimana jadi itu bang ehhe.

          • This reply was modified 9 hours, 14 minutes ago by Suprianto SASuprianto SA.
    • #8194
      dwisudwisu
      Participant

      Pengguna MY.ID… nyimak… pake hosting berbayar malah…saya ikut kelas SEO di skill academy dan nggak ada tuh poin harus menggunakan domain tertentu..yang ada keyword research, on page optimization, off page optimization, analysys…

    • #8486
      Suprianto SASuprianto SA
      Participant

      .

      • This reply was modified 9 hours, 16 minutes ago by Suprianto SASuprianto SA.
Viewing 4 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.