Reply To: Apa Yang Membuat Seorang Blogger Menurun Semangatnya? Cari Tahu Yuk Disini

Kafe MM Forums Ruang Intip 🎪 Apa Yang Membuat Seorang Blogger Menurun Semangatnya? Cari Tahu Yuk Disini Reply To: Apa Yang Membuat Seorang Blogger Menurun Semangatnya? Cari Tahu Yuk Disini

#8528
Anton ArdyantoAnton Ardyanto
Keymaster

Waduh… padahal cuma nanya… Emang kumisnya nakutin yah?

Sebenernya, saya tidak masuk ke pembahasan tulisan. Memang bener bahwa setiap orang punya gaya penulisan yang berbeda dan pasti punya pangsa pasar sendiri.

Cuma, pertanyaan saya sebenarnya masih ke bagian “tema”.

Begini Bay.. Kalau di bulan Ramadhan, makanan yang paling umum dan dibuat semua orang apa hayoo? Jawabannya KOLAK.

Nah, sekarang,  penjual kolak itu banyak.. iya kan? Kalau Bayu disuruh jualan, kemudian memilih kolak? Apa keunggulan dari kolak Bayu sehingga bisa menarik orang membeli?

Bayu harus bisa menjelaskan apa keistimewaannya supaya orang tertarik membeli. Iya kan? Kalau cuma jualan kolak, maka orang akan berpikiran kolak ya kolak? Manis dan bersantan..

Apalagi kemudian Bayu menawarkan kolak kepada penjual kolak, lebih sulit lagi karena untuk apa saya membeli kolak bayu, lha ya saya jualan kolak juga dan bisa buat sendiri? Iya nggak sih.

Begitu juga dengan tulisan “apa yang membuat semangat blogger turun” . Kenapa para blogger harus baca? Mereka bisa diibaratkan penjual kolak juga kok, mereka tahu situasinya, mereka bisa menulis versi mereka sendiri? Lalu kenapa saya harus baca tulisan orang lain?

Kenapa saya harus beli kolak orang lain kalau saya bisa buat kolak sendiri?

Nah pertanyaan saya

* kenapa milih jualan kolak di bulan Ramadhan yang sebenarnya sudah bejibun penjualnya? Kenapa tidak memilih menu lain supaya “berbeda” (istimewa)

* kenapa harus bahas soal masalah semangat blogger padahal tahu sudah ada ratusan bahkan ribuan tulisan sejenis dan membuat tema tersebut tidak lagi istimewa di mata pembaca

* kecuali kalau si penulis menawarkan sesuatu yang “berbeda” / istimewa..

Jadi pertanyaan saya sebenarnya masih dalam masalah tema.

Saya cukup sadar kalau setiap blogger bebas mau menulis apapun, tetapi kalau memang ada niatan untuk menjaring pembaca, “bebas” di sini harus diimbangi dengan kreatif. Hanya membahas sesuatu yang berulang, tanpa menjelaskan keistimewaan tulisannya, bisakah mengundang pembaca? Kalaupun membaca, apakah akan menimbulkan kesan?

Sulit untuk mengesankan pembaca kalau terus berpola memilih ide tulisan yang biasa saja. Blogger harus mau dan berani keluar dari kotaknya dan berpikir tema-tema yang lebih menarik.

Kayak Bayu dengan Ramadhan versi masak ayam sendiri (beli ayam dipencet dulu dagingnya) dan ditawar 20 rebu.. Itu sesuatu yang berbeda dan secara otomatis sudah menarik, bahkan lebih menarik dibandingkan bicara tentang penyebaba semangat seorang blogger turun…

Tapi saya tidak menutup kemungkinan bahwa tulisannya memang luar biasa, tetapi itu pun tetap ada masalah karena sudah terbiasa “makan kolak” yang seperti itu, mendengarnya saja, saya sulit terkesan.

Nah, timbul pertanyaan, promosinya gimana? Kalau barang biasa, bisa dibuat luar biasa oleh promosi, tetapi kalau promosinya biasa saja, ya sulit membuat orang terkesan….

Jadi, belum masuk ke bahasan tulisan karena saya belum membacanya.

Gitu Bay…

Maaf kepanjangan