Ngeblog di Tumblr : Ternyata Banyak Blogger Indonesia Juga

Mulai Ngeblog di Tumblr

Sudah beberapa hari ini, saya punya sebuah kegiatan baru. Masih di dunia blog juga, tetapi bukan di tempat yang biasa. Bukan juga di media sosial.

Saya beberapa hari ini iseng untuk mulai ngeblog di Tumblr. Platform blogging yang sepertinya kurang terkenal di Indonesia, tetapi menurut data dipakai lebih dari 400 juta orang di dunia.

Bukan yang pertama kali karena saya punya dua akun di sana. Yang pertama, sudah lama sekali dibuat hanya tidak aktif dan sampai saya lupa nama akun dan passwordnya. Yang kedua baru dibuat sekitar 2-3 bulan yang lalu.

Namun, baru beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk menjalankannya.

Bukan untuk hal yang terlalu serius, saya hanya memposting foto-foto serta deskripsi singkat saja. Kali ini, saya memutuskan menggunakan bahasa Inggris.

Tidak ada tujuan serius yang ditetapkan. Justru, saya hendak membebaskan diri dari berbagai keinginan, termasuk mendatangkan uang atau pembaca. Saya memilih untuk menggunakannya sebagai sarana iseng, sarana untuk sekedar bersenang-senang saja.

Tidak ada pikiran untuk memonetisasi atau bahkan berusaha mendatangkan trafik. Jadi saya ngeblog benar-benar untuk ngeblog saja. Tidak ada pikiran lain.

Lumayan juga ternyata karena perasaan rileks dan lepas dari beban bisa hadir. Saya bisa menulis semaunya. Memasang foto apa saja. Bahkan, memasang link apa saja.

Cukup enjoy dengan situasi di sana.

Yang menyenangkan lagi, saya justru melihat banyak blogger Indonesia yang menulis dengan gaya yang bebas. Puisi, prosa, cerpen, atau bahkan curcol bertebaran di sana.

Sejauh ini saya belum menemukan gaya tutorial atau menggurui yang banyak bertebaran. Semua sepertinya benar-benar ngeblog untuk menulis saja.

Bisa jadi karena saya belum lama dan mengenal situasi di sana. Jadi, belum mengenal dengan baik karakter dan kondisinya, tetapi sekilas, saya melihat adanya jurang yang berbeda dibandingkan yang biasa saya temui.

Yang penting, sejauh ini saya seperti menemukan ruang baru dimana bisa bebas berekspresi seenak udelnya.

Entah sampai kapan, tetapi kayaknya bisa jadi keterusan karena situasinya menyenangkan, meski tampilannya sangat sederhana dan terkesan ruwet.

Kawan MM, ada yang punya akun Tumblr ?

2 thoughts on “Ngeblog di Tumblr : Ternyata Banyak Blogger Indonesia Juga”

  1. Aku sempat main Tumblr cukup lama sebelum akhirnya 3 tahun lalu hapus akun, Kak 😂
    Blogku di Tumblr saat itu cuma untuk reblog foto-foto aja sih sesuai tema blog yang aku usung. Dulu circle blogku yang seperti itu tipenya (reblog foto ala-ala Tumblr). Pernah sampai punya beberapa teman dekat dari luar negeri tapi sekarang udah pada menghilang semua semenjak pada masuk kuliah 😂.
    Kangen main Tumblr jadinyaaa! Tapi dulu malah aku jarang ketemu orang Indonesia main Tumblr, Kak 😂.
    Tumblr sendiri pernah mati suri setahuku dan baru-baru ini bangkit lagi, apalagi makin heboh semenjak isu Twitter mau tutup, jadi banyak user yang pindah/buka lagi akun Tumblrnya hahaha.

    Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.