Mengurangi Plugin Supaya Sumber Daya Server Terjaga

Mungkin tidak terasa dan terlihat langsung oleh pembaca, tetapi sebenarnya dalam beberapa hari terakhir ada perubahan di blog MM. Salah satunya hilangnya kotak “newsletter” atau “berlangganan via email”.

Bukan bagian yang fatal dan memang sebenarnya jarang dipergunakan di belahan blogosfer wilayah Indonesia. Namun, saya memutuskan untuk mengurangi plugin dan memilih newsletter sebagai sesuatu yang tidak memiliki peran besar.

Semua itu karena, sebelumnya, berulangkali blog MM mengalami kendala dan kesulitan karena sumber daya di server seperti terkuras habis. Padahal, sebelumnya hal tersebut jarang terjadi karena server yang saya pergunakan cukup dalam hal kapasitas, bandwith, dan juga memory.

Namun, beberapa kali dalam sehari blog MM tumbang karena CPU (Core Processor Unit) nya kelebihan beban. Pemakaiannya mencapai 100%, sesuatu yang tidak boleh terjadi di server WordPress.

Telisik punya telisik, blog MM, menurut saya, agak terlalu banyak memakai plugin. Hasilnya, setiap blog diakses, pemakaian sumber daya server menjadi berlebihan.

Untuk mengatasi masalah ini, saya akhirnya memutuskan membuang bagian-bagian yang kurang memberikan kontribusi. Salah satunya adalah plugin Newsletter yang memungkinkan pembaca berlangganan via email.

Plugin lainnya yang ikut dihapus adalah untuk email ke pemberi komentar jika ada komentar balasan. Belakangan karena para komentator sedang istirahat dan jarang mampir, plugin ini kehilangan fungsinya dan tidak maksimal.

Akhirnya plugin ini pun termasuk daftar yang dihapus dari blog MM.

Sebagai hasilnya, pemakaian sumber daya server membaik dan tidak lagi mencapai 100% dan hanya berkisar di wilayah 25-30% saja. Sebuah hal yang baik karena tidak akan menghambat loading blog.

Untuk pembaca yang betah di blog MM, rasanya peran plugin newsletter bisa digantikan oleh browser. Tinggal bookmark saja.

Iya kan?

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.