WPBeginner – Blog Terbaik Untuk Belajar WordPress

WPBEGINNER - Blog Terbaik Untuk Belajar Wiordpress

Mau migrasi ke WordPress (Self Hosted) tapi takut tidak memiliki cukup pengetahuan untuk melakukannya? Yah, seharusnya sih tidak perlu. CMS atau Content Management System yang satu ini memiliki banyak pendukung, baik formal dari WP-nya sendiri, atau dari pihak luar.

Kalau memang Anda berniat untuk belajar WordPress, saya akan bisa memberikan rujukan. Memang bukan blog Indonesia, tetapi blog berbahasa Inggris, tetapi yang satu ini memang bisa dipandang sebagai tempat terbaik belajar WordPress.

Terbaik? Meski saya bukan orang yang suka memberikan julukan terbaik, tetapi blog ini rasanya wajar diberi gelar seperti itu. Banyak juga blogger di dunia yang mengakuinya.

Blog yang dimaksud adalah WP Beginner yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Pemula WordPress.

Blog ini didirikan oleh Syed Balkhi, seorang blogger kelahiran Pakistan yang kemudian berubah menjadi pengusaha sukses di Amerika Serikat. Bahkan, ia dinobatkan sebagai satu dari 100 pengusaha muda di bawah 30 tahun yang sukses.

WP Beginner didirikan tahun 2009 setelah Syed beralih ke WordPress tahun 2008.

Blog ini berisikan berbagai penjelasan segala sesuatu terkait WordPress. Isinya berupa

  • how-to atau cara mengoperasikan WordPress dari yang pemasangan sampai dengan optimasinya
  • review terhadap berbagai update dari WordPress dan pluginnya
  • rekomendasi plugin-plugin yang cocok untuk berbagai tujuan
  • langkah-langkah menghadapi troubleshooting atau masalah website berbasis WordPress
  • berita atau informasi template-template atau plugin-plugin terbaru
  • tutorial mengoptimasi WordPress
  • rekomendasi server-server terbaik WordPress

Dan, masih banyak lainnya terkait WP.

Semua tulisannya dibuat dengan sangat detail sehingga bahkan para pemula di dunia WordPress sekalipun tidak akan sulit melakukan arahan yang diberikan.

Rinci sekali.

Selain itu blog ini selalu update dengan berita-berita dari developer plugin atau WordPressnya sendiri. Tulisan lama pun kerap diperbarui untuk menyesuaikan dengan perubahan yang sering terjadi di WP.

Dari sini lah pula saya belajar banyak cara mengoperasikan WordPress Self Hosted. Banyak masalah yang saya alami selama mengelola blog berbasis WP terpecahkan dengan membaca artikel di sini.

Itulah mengapa saya menyebutnya sebagai blog tempat terbaik belajar WordPress. Meski saya banyak juga belajar dari situs lain, tetapi WP Beginner berkontribusi banyak terhadap semua pengetahuan WP yang saya miliki.

Sejauh ini pun, saya masih sering membaca di sana untuk mengetahui perkembangan WP.

Hanya, ada satu syarat untuk bisa belajar di sana. Dua dengan kemauan dan niat. Syarat utamanya adalah bisa berbahasa Inggris karena Syed Balkhi dan tim tidak bisa berbahasa Indonesia.

Kalau Anda menguasai bahasa tersebut, secara pasif saja, Anda akan bisa mendapatkan berbagai pengetahuan tentang WP banyak sekali.

Nah, siapa yang mau belajar WP, coba saja kunjungi WP Beginner. Saya rasa Anda tidak akan kecewa.

Leave a Comment