Merapikan Meja Kerja – Solusi Writer’s Block #1

Merapikan Meja Kerja - Solusi Writer Block #1

Pikiran buntu dan kepala terasa tidak bisa diajak berpikir atau mengeluarkan ide? Mungkin, hal itu pertanda sudah saatnya Anda merapikan meja kerja yang Anda pergunakan.

Sadar atau tidak sadar, meja kerja yang rapi, tertata, dan bebas dari benda-benda yang diperlukan akan menghadirkan pemandangan yang nyaman bagi mata. Kalau mata terasa nyaman, biasanya hati kita pun akan ikut nyaman pula.

Dan, bukankah itu yang diperlukan untuk menulis?

Bila sesudah meja rapi dan bersih, tetapi situasi masih sama, Anda masih belum tergerak untuk menulis, lakukan langkah selanjutnya.

Ubah posisi barang-barang yang ada di meja.

Tujuannya tentu saja untuk menghadirkan suasana baru yang mencegah kebosanan.

Saya melakukannya secara rutin di rumah. Terkadang sekedar menggeser posisi lampu dari kanan ke kiri saja sudah menghadirkan suasana baru dan berujung saya menghabiskan waktu di sana selama beberapa jam, menulis untuk blog.

Jadi, untuk menghadapi writer block, atau singkatnya kebuntuan yang kerap dialami penulis, coba lakukan saja hal-hal kecil pada sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Salah satunya adalah dengan merapikan meja kerja dimana Anda biasa menghabiskan waktu saat menulis.

Kalau, masih belum mempan juga, bisa lanjut baca saran kedua (akan diterbitkan kemudian) karena posting ini merupakan bagian dari seri posting pendek tentang cara menghadapi writer block yang umum dihadapi blogger.

(Untuk melihat semua posting dalam seri ini silakan klik Solusi Writer’s Block)

Leave a Comment