Fungsi Blog : Mengumpulkan Orang dan Membentuk Pasar

Fungsi Blog - Mengumpulkan Orang dan Membentuk Pasar

Salah satu keuntungan dari seorang blogger yang sudah terkenal sebenarnya lebih dari sekedar pemasukan dari iklan atau sponsored post saja.

Jika blogger itu tahu fungsi blog yang sebenarnya, ia bisa mendapatkan lebih dari itu. Memang, butuh kerjaan tambahan, tetapi blognya bisa memberikan lebih.

Fungsi blog yang dimaksud adalah kemampuannya mengumpulkan orang (massa) dan membentuk pasar.

Memang, orang-orang tersebut tidak terlihat, tetapi pengunjung itu adalah tetap massa. Jika sudah loyal, situasinya tidak berbeda dengan ketika mereka mengidolakan seorang penyanyi atau pesohor lainnya.

Tingkah lakunya juga tidak berbeda. Pembaca yang sudah gandrung pada sebuah blog akan bersikap sama dengan fans kepada idolanya. Mereka akan membaca apa saja yang dikeluarkan oleh bloggernya. Kalau mereka tidak menemukan hal itu, dalam diri mereka seperti ada yang kurang.

Pada tahap seperti ini, berarti blog sudah membentuk sebuah pasar.

Pasar? Pernah melihat kerumunan orang, dengan tujuan apapun? Anda akan menemukan banyak sekali penjual minuman, makanan, atau perlengkapan apapun. Semua itu karena orang-orang yang berkumpul akan memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi.

Begitu juga dengan pembaca di internet. Ketertarikan mereka terhadap blog itu membuka peluang bagi seorang blogger untuk memanfaatkannya.

Yang diperlukan kemudian hanyalah menemukan produk yang cocok dan bisa memenuhi kebutuhan para pembaca.

Itulah alasan mengapa banyak blogger personal di luar negeri kemudian mengeluarkan produk sendiri. Mereka tidak pelru repot memasarkan karena para pembaca blognya itu adalah pasar,.

Ia hanya perlu melakukan marketing produk di pasar yang sudah dibentuknya.

Ini adalah dua fungsi blog yang kadang tidak terlihat. Meskipun belakangan, beberapa perusahaan mulai menggunakan teknik yang sama. Mereka membuat blog, seperti blog Tokopedia dan blog Bukalapak.

Mereka berusaha membentuk pasar mereka sendiri. Apalagi, blog itu ada di website utamanya. Jadi pembaca blog yang tertarik hanya perlu berpindah sedikit untuk masuk ruang belanja.

Nah, pernahkah Anda terpikir untuk memanfaatkan pembaca blog Anda untuk menjual produk?

Leave a Comment