Cara Membuat Tabel Sederhana di Gutenberg WordPress

Cara Membuat Tabel Sederhana di Gutenberg WordPress

Gutenberg, sistem editor berbasis block di WordPress pertama dipergunakan memang akan membingungkan. Namun, kalau sudah terbiasa, maka banyak hal menjadi sangat mudah.

Salah satunya adalah dalam proses membuat tabel. Pada Gutenberg, hal itu bisa dilakukan tanpa harus masuk ke halaman HTML dan tanpa tambahan plugin apapun.

Cukup dengan mempergunakan fungsi bawaan yang ada saja, membuat tabel sederhana di WordPress menjadi pekerjaan yang mudah.

Mau tahu caranya? Silakan lihat di bawah ini.

  • Masuk ke dashboard WordPress web Anda
  • “Add new” post atau page
  • Kemudian tentukan letak dimana tabel akan disisipkan
  • Tekan simbol “+” untuk menambahkan blog baru dan sampai terlihat menunya. Kalau tidak ada pakai kolom pencarian block dan ketikkan kata “table”
  • kolom baru akan terbuka untuk menanyakan berapa “baris” atau “kolom” yang dikehendaki. Masukkan jumlah yang diinginkan kemudian tekan “create table”
  • Anda kemudian bisa mengatur apakah tabel bersifat fix, memiliki header, atau footer, warna, atau garis di menu block yang ada di sidebar/bilah sisi

Contoh hasil langkah di atas seperti di bawah ini

Kolom 1Kolom 2Kolom 3Kolom 4

Hanya, untuk tabel di Gutenberg ini tidak bisa dilakukan sortir atau pencarian. Jadi, sifatnya hanya untuk menampilkan data yang tidak terlalu banyak.

Jika data yang hendak ditampilkan banyak, maka sebaiknya menggunakan plugin seperti Tablepress.

Leave a Comment