Blogger Baik Hati di Komunitas Blogger Indo

Menarik juga melihat interaksi anggota di Blogger Indo, salah satu grup komunitas blogger di Facebook. Isinya beragam. Ada yang jualan, ada yang sekedar chit-chat ada juga yang bengong dan ngintip tingkah lagu yang lain, seperti saya.

Salah satu posting yang mendapat perhatian saya berasal dari seseorang yang menanyakan secara terbuka untuk minta diajari tentang menjadi penulis artikel atau blogger dan mendapatkan uang dari sana.

Ternyata, di tengan kesibukan para blogger berburu duit, ada blogger baik hati yang menjawab permintaan tolong itu. Sang blogger menyatakan bahwa ia bersedia mengajarkan tentang hal itu dan secara gratis padahal yang bertanya bersedia membayar.

Ia beralasan bahwa ilmu tidak akan ada habisnya.

Blogger Baik Hati di Komunitas Blogger Indo

Kesediaannya, karena di ruang umum, tentu saja mengundang member lain untuk ikut menyatakan minta diajari.

Saya tidak tahu bagaimana akhirnya. Apakah si penanya benar-benar mendapatkan bimbingan cara menjadi blogger dan menghasilkan uang dari sana secara gratis? Apakah pada akhirnya semua yang ingin turut serta diajari juga mendapatkan hal yang sama?

Bagi saya yang terpenting dari percakapan di grup tersebut mencerminkan

  • masih ada blogger baik hati yang bersedia berbagi ilmu tanpa berpikir bayaran, sebuah hal yang mungkin mulai sulit ditemukan ketika segala sesuatu diukur dengan uang di zaman sekarang
  • rupanya masih ada komunitas blogger di Facebook yang masih menjalankan fungsi dasarnya, yaitu berbagi di antara sesama di tengah banyak grup FB yang vakum dan sekedar menjadi tempat sampah promosi dan link saja

Namun, ada satu lagi yang terakhir, yang membuat saya tersenyum. Sang blogger baik hati itu rasanya akan mendapatkan bukan hanya ucapan terima kasih saja. Apalagi mengingat si penanya bersedia membayar.

Ia akan mendapatkan branding sebagai blogger baik hati, blogger pakar, blogger berpengetahuan dan sejenisnya. Tanggapannya yang positif terhadap permintaan tadi membuatnya punya “pasar” yang bisa dimanfaatkannya untuk branding atau mendulang uang di kemudian hari.

Mau tahu mengapa? Karena ia sudah melakukan salah satu teknik promosi (baik sadar atau tidak), yaitu memberikan manfaat dulu kepada orang lain. Bukankah itu yang selalu diajarkan kepada blogger, yaitu membuat sebuah tulisan yang bermanfaat?

Sang blogger baik hati memang tidak menulis, tetapi ia melakukan sesuatu yang bermanfaat dan tindakan itu membuka peluang bagi banyak hal.

Nah, sudahkah Anda, sebagai blogger melakukan sesuatu yang bermanfaat hari ini?

Leave a Comment