“Blog Populer Tidak Dibuat, Tetapi Dibangun” – Seth Godin

Blog Popiler Tidak Dibuat Tapi Dibangun - Seth Godin

Perkataannya mungkin nyelekit dan membuat orang gusar, tetapi apa yang dikatakan Seth Godin, seorang penulis buku terkenal asal Amerika Serikat, memang benar adanya.

Ia hanya mengatakan fakta bahwa blog populer tidak dibuat tetapi dibangun.

Lengkapnya perkataan dari blogger berkepala botak tersebut

“You don’t launch a popular blog, you build one. The writing isn’t the hard part, it’s the commitment.”

Seth Godin

Terjemahan

“Kamu tidak membuat sebuah blog populer, kamu membangunnya. Menulis tidaklah terlalu sulit, tetapi komitmen (yang tersulit)

Seth Godin

Berapa lama waktu untuk membuat sebuah blog? Dengan blogspot hanya butuh sekitar 15 menit untuk membuat sebuah blog.

Namun, untuk menjadikannya sebuah blog yang dikenal banyak orang, memiliki trafik ribuan pengunjung perhari, butuh waktu yang tidak terhitung banyaknya. Itupun tidak ada kepastian bahwa sebuah blog bisa menjadi blog populer.

Seorang blogger harus meluangkan waktu untuk menulis dan menulis artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Ia juga harus berusaha untuk memperkenalkan blognya kepada dunia luar.

Tidak lupa juga ia harus membangun keterikatan dengan para pembacanya.

Butuh waktu yang panjang dan lama, kecuali Anda seorang Agnez Mo yang sudah bosan bernyanyi lalu membuat blog. Blog Anda bisa terkenal dalam waktu singkat.

Namun, kalau Anda bukan Agnes Monica, maka bersiaplah untuk menyingsingkan lengan baju dan bekerja keras dalam jangka waktu yang panjang.

Anda harus membangun blog seperti tukang bangunan mendirikan rumah. Satu bata demi satu bata. Bagi seorang blogger, satu artikel demi satu artikel harus dibuatnya untuk membuat blog berisi banyak konten dan menarik pembaca.

Jika dilihat dari perjalanan blog-blog yang sudah terkenal, waktu paling singkat untuk menjadi dikenal orang adalah 2-3 tahun. itupun masih terbatas jangkauannya.

Oleh karena itu mentalitas instan, alias selalu berharap hasil secara cepat tidak lah cocok bagi seorang blogger.

Itulah mengapa dalam perkataannya, Seth Godin juga menekankan pentingnya komitmen dalam ngeblog. Seorang blogger harus komitmen dengan jalan yang dipilihnya dan komitmen untuk terus menulis dan mengembangkan blognya.

Tanpa semua itu, blognya tidak akan pernah menjadi populer dan dikenal banyak orang.

Ada bantahan mengenai pandangan si Seth bahwa blog populer tidak dibuat, tetapi dibangun?

2 thoughts on ““Blog Populer Tidak Dibuat, Tetapi Dibangun” – Seth Godin”

    • Terima kasih Kang.. dan memang jangan pernah berpikir bahwa sukses itu bisa dilakukan secara instan. Pasti butuh perjuangan.

      Komentar akang bikin saya percaya kalau jalan baru si Blog MM sudah tepat.

      Reply

Leave a Comment