Blog Dengan Banyak Konten Cenderung Lebih Berhasil

Blog Dengan Banyak Konten Cenderung Lebih Berhasil

Memang masih bisa diperdebatkan karena tidak ada data yang mendukung. Namun, setelah semakin aktif menjelajah blogosfer Indonesia, pandangan saya adalah blog dengan banyak konten cenderung lebih berhasil, dalam artian meraup pengunjung.

Padahal, sebagian besar tidak menggunakan teknik SEO (Optimasi Mesin Pencari).

Biasanya blog seperti ini mengambil model sebagai portal berita dan artikel-artikel merekapun mendekati sebuah reportase dibandingkan tulisan khas blog.

Contohnya saja, dua buah blog otomotif, seperti Iwan Banaran dan Rider Tua. Konten dalam kedua blog ini memiliki ciri yang sama, yaitu minim SEO.

Blog-blog otomotif lainnya pun sama, berhasil mendulang pembaca tanpa mengedepankan SEO. Bahkan, sepertinya para blogger itu tidak memikirkan mengenai panjang pendeknya artikel yang diterbitkan.

Hal ini berbanding terbalik dengan beberapa blog yang saya tahu mengedepankan SEO dan promosi, sekarang justru bertumbangan dan mulai kehilangan taji, bahkan di mesin pencari sekalipun.

Mungkin, sekedar dugaan saja, bahwa “sistem efisiensi” dan tidak mau capek yang mengedepankan 80% promosi, tidak sepenuhnya benar. Bagaimanapun, prinsip menulis sedikit saja dan perbanyak promosi ini bertentangan dengan kebutuhan pembaca yang menyukai adanya informasi baru di sebuah blog.

Siapa sih yang mau berkunjung ke sebuah blog yang artikel terakhirnya terbit di tahun 2015-2016? Logika manusia memang akan mengajukan pertanyaan, “Masa sih dunia tidak berubah sama sekali dalam enam tahun?”

Pasti tidak. Dunia berubah secara cepat.

Dan, mungkin itu yang membuat blog dengan banyak konten lebih unggul. Mereka selalu diperbarui dengan hal-hal baru. Blognya selalu fresh karena ada cerita-cerita dan informasi baru dan bukan hanya sekedar mengandalkan artikel kuno bin jadul yang sudah kedaluiarsa.

Mungkin, karena sekali lagi datanya tidak ada dan ini merupakan asumsi dan pandangan saja.

Bagaimana menurut Anda? Masuk akal kah kalau blog dengan jumlah konten banyak cenderung berhasil?

Leave a Comment