Belajar Ngeblog Terbaik Adalah Dengan Ngeblog – George Siemens

Belajar Ngeblog Terbaik adalah dengan ngeblog - George Siemens

Tahu cara belajar ngeblog terbaik? Seorang profesor psikologi dari Universitas Texas, George Siemens memberikan saran tentang cara terbaik mempelajari blogging alias ngeblog.

Begini katanya

Blogging is best learned by blogging…and by reading other bloggers

George Siemens

Terjemahannya

Belajar ngeblog yang terbaik adalah dengan ngeblog.. dan membaca (blog) blogger lain

George Siemens

Dan, saya sependapat sekali dengan pandangannya.

Mengapa?

  • tidak ada kriteria standar tentang cara ngeblog dan semua blogger berhak menentukan cara dan gayanya sendiri. Tidak bisa ada yang memaksa harus begini atau harus begitu
  • kondisi setiap orang berbeda dan oleh sebab itu tidak ada teori yang berlaku umum dan bisa diterapkan kepada semua orang. Blogger harus menemukan jalannya sendiri dari belajar dari pengalamannya sendiri
  • tidak ada buku panduan tentang cara ngeblog yang “baik dan benar”, meski banyak yang berusaha mengklaim, tetapi tidak bisa berlaku umum. Blogger harus berusaha belajar sendiri, menemukan cara yang cocok untuk dirinya sendiri, dan hal itu hanya bisa didapat dari pengalamannya sendiri, bukan orang lain

Tapi, kan sang profesor menyebutkan “dengan membaca orang lain?” Betul sekali.

Namun, jangan dipandang bahwa membaca blog orang lain harus berarti mematuhi dan menganggap apa yang ditulis blogger lain adalah kebenaran dan wajib diikuti.

Seorang blogger harus terus belajar dan memperluas pengetahuan. Selain dari dirinya sendiri, ia bisa menimbanya dari pengalaman orang lain yang melakukannya. Yang harus disadari adalah belajar tidak sama dengan mengikuti jalan orang lain.

Ia hanya harus terus mencari sesuatu yang pas dengan dirinya dan kemudian memutuskan untuk mengikuti atau tidak.

Pada dasarnya, cara yang sama dilakukan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Belajar dari pengalaman sendiri dan orang lain. Bukan berarti harus menjadi follower yang hanya manut.

Itulah juga mengapa saya pernah menuliskan bahwa terlalu banyak membaca teori blogging tidak baik. Pandangan itu keluar karena kalau terlalu banyak opini orang lain masuk ke dalam otak, maka kecendetungannya kita malah tidak punya pendirian.

Kita tidak akan bisa memutuskan dan selalu terombang-ambing memutuskan tentang yang harus dilakukan bagi diri sendiri.

Bagaimana menurut Anda? Setuju kah bahwa cara belajar ngeblog terbaik adalah dengan ngeblog dan membaca tulisan blogger lain?

Leave a Comment