Alasan Istirahat Cukup Penting Bagi Blogger

Alasan Istirahat Cukup Penting Bagi Blogger

Kerja keras, dalam bidang apapun, adalah sebuah keharusan jika seseorang mau berhasil mencapai tujuannya. Itu pandangan yang tertanam dalam diri saya sejak kecil.

Kedua orangtua saya mengajarkan untuk berusaha meraih impian apapun dengan usaha sendiri dan kerja keras. Jangan pernah bergantung pada orang lain.

Oleh karena itu, saya sangat menghormati dan menghargai mereka yang mau membanting tulang untuk berjuang menggapai sesuatu.

Namun, tidak berarti saya menyarankan untuk melupakan yang namanya istirahat. Justru, saya memandang istirahat yang cukup penting sekali bagi seorang blogger.

Tidak boleh seorang blogger, karena ingin suskes, terus bekerja membuat artikel, siang dan malam, dan hanya menyisakan sedikit waktu saja. Saya tidak akan menyarankan hal itu.

Bukan tanpa sebab. Meskipun saya memahami situasi ketika seseorang merasa termotivasi , tetap saja, istirahat harus menjadi bagian di dalamnya. Tidak boleh tidak.

Mau tahu alasannya?

1/ Blogger tetap manusia

Fakta tidak terbantahkan, iya kan? Blogger tetap manusia, tubuhnya memiliki keterbatasan.

Sekali dua, memang sangat mungkin kita agak memaksakan diri ke luar dari batas, tetapi kalau dilakukan terus menerus, hasilnya tidak akan bagus.

Keseimbangan di dalam tubuh akan terganggu dan membuat kita sakit.

Kalau sudah sakit, yang ada malah seorang blogger akan menjadi tidak produktif.

2/ Tubuh yang capek membuat otak tidak bisa berpikir

Ini juga sebuah fakta. Juga berdasarkan pengalaman sendiri.

Meski saya memiliki daftar ide yang panjang dan beragam, semua menjadi tidak berguna ketika saya pulang dari kantor dalam kondisi yang terlalu capek.

Ketika dipaksakan pun, hasilnya tidak akan maksimal karena otak tidak didukung bagian tubuh lainnya saat energi sudah terkuras.

Percuma saja meneruskan usaha untuk menulis.

Oleh karena itulah, biasanya, setiap saya pulang dari kantor, saya tidak akan langsung ke meja kerja. Saya akan mandi, makan, dan kemudian menonton televisi atau ngobrol dengan istri.

Barulah setelah tubuh terasa lebih segar, saya baru menghadap layar komputer dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan blog.

3/ Rentan Burn Out

Burn out adalah kondisi mental dimana seseorang merasa sudah terkuras habis. Bahkan, meski badannya sehat sekalipun, seseorang bisa merasa tidak lagi memiliki motivasi melakukan sesuatu.

Dan, pemaksaan diri, tanpa menghiraukan istirahat bisa mengakibatkan yang satu ini hinggap.

Padahal, perjalanan seorang blogger itu panjang dan bisa tanpa ujung. Bagaimana kalau kehilangan motivasi di tengah jalan? Ootmatis perjalanannya akan terhenti.

Mengingat istirahat cukup itu penting, ada baiknya ketika Anda membuat jadwal rutin ngeblog, slot waktu istirahat juga disediakan.

Berapa lama? Semua akan tergantung pada situasi dan kondisi masing-masing dan akan berbeda satu dengan lainnya.

Kalau saya akan menyarankan, 10 menit persesi bisa disediakan. Contohnya, setelah Anda membuat sebuah artikel, sisihkan 10 menit sebelum beranjak ke sesi berikutnya.

Dengan begitu, tubuh dan otak akan memiliki kesempatan untuk kembali segar, meski hanya sedikit.

Juga pastikan waktu tidur yang cukup. Jangan pernah paksakan diri menulis dalam keadaan mengantuk karena kalau dilakukan, hasilnya juga tidak akan memuaskan.

Jadi, jangan lupa kawan untuk menyelipkan waktu beristirahat dalam kegiatan ngeblog. Asalkan jangan juga terlalu banyak, supaya tetap produktif.

Leave a Comment