Tidak Perlu Aktif di Semua Media Sosial Untuk Berkembang – Melyssa Griffin

Tidak Perlu Aktif di Semua Media Sosial Untuk Mengembangkan Blog

Ada berapa jenis media sosial di dunia? Terus terang saya hanya bisa menyebutkan 5 atau 6 saja, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan Tiktok. Tujuh dengan Pinterest.

Lalu, untuk mengembangkan blog yang ada, pertanyaannya, “Apakah kita harus aktif di semua media sosial yang ada untuk mendapatkan eksposure bagi blog kita?”

Jawabannya, JELAS TIDAK!

Kalau itu semua dilakukan yang ada adalah waktu yang terkuras justru bukan untuk mengurus konten, tetapi bermain di media sosial saja.

Melyssa Griffin, seorang pakar digital/internet marketing yang baru saja menyatakan pensiun (padahal usianya masih sangat muda). mengatakan tidak perlu melakukan itu dalam tulisannya Social Media: Do You REALLY Need to Be Using It to Grow Your Business? – Melyssa Griffin

Yang terpenting adalah menemukan dimana “pasar pembaca” bagi konten kita berada. Kalau di Facebook, ya fokus dan aktiflah di medsos besutan si Mark Zuckerberg. Kalau di Twitter, ya bermainlah di Twitter.

Tidak berarti tidak boleh memiliki akun di semua medsos tersebut. Tidak ada larangan untuk melakukan itu. Silakan saja kalau mau.

Intinya ada pada kata bertindak efektif dan tepat sasaran. Tidak perlu serakah dan bertindak melebihi kapasitas yang bisa kita kerjakan. Sangat tidak mungkin untuk mengurus semua akun di medsos.

Hal itu justru akan membuat kehilangan fokus dari yang seharusnya dilakukan. Dengan bermain di semua lini, yang ada banyak rencana (promosi) tidak akan berjalan dengan baik karena waktunya sudah habis.

Pandangan yang memang harus disetujui. Waktu kita tidak banyak dan jangan disia-siakan hanya untuk scrolling di medsos.

Bagaimana menurut Anda? Apakah setuju dengan pendapat ini? Kalau tidak, bagaimana sebaiknya?

Leave a Comment