Tahun 2023 Resesi? Jangan Takut Ada Solusinya : Kata Dani Rachmat, Sang Blogger Urusan Duit

Tahun 2023 Resesi - Jangan Takut Ada Solusinya Kata Dani Rachmat, Sang Blogger Urusan Duit

Tahun 2023 resesi akan datang! Begitulah prediksi dari banyak kalangan menjelang akhir tahun 2022 ini.

Dinamika perekonomian di dunia memang terasa suram dengan begitu banyaknya negara yang terpaksa memohon bantuan IMF untuk membantu penanganan ekonomi negaranya.

Inflasi meroket tinggi, bahkan di negara super power tajir seperti Amerika Serikat, dan seperti tidak bisa terkontrol. Inggris, negara aristokrat yang tidak kalah kayanya saja bahkan sampai mengalami pergantian Perdana Menteri sampai tiga kali.

Negara pasien IMF terus bertambah dan diduga akan terus bertambah.

Walaupun Indonesia tidak masuk ke dalam daftar tersebut dan sejauh ini masuk kategori “aman” (mungkin karena sudah terbiasa melarat), pemerinta RI pun memberikan sinyal yang kurang bagus tentang situasi perekonomian saat ini.

Imbas sulitnya dunia, pada akhirnya akan memberikan dampak negatif juga pada negara ini.

Banyak sekali pengamat dan pakar ekonomi dunia meramalkan bahwa situasi akan lebih suram di tahun berikutnya, 2023. Ramalan bahwa resesi akan menimpa dunia semakin nyaring terdengar.

Tentunya, bukan sebuah berita yang ingin didengar oleh kita, sebagai rakyat jelata. Rasa bingung dan agak panik terlihat sudah ada dalam masyarakat.

Resesi berarti sebuah masa sulit. Belum selesai pandemi dan dampaknya, sekarang masyarakat sudah dihadapkan pada situasi yang tidak kalah sulitnya.

Bagaimana tidak panik kalau pada akhirnya resesi juga akan berujung pada kesulitan hidup.

Apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi situasi suram yang akan datang?

Dani Rachmat, seorang blogger yang memang menggeluti urusan duit (dan resesi pasti ujung-ujungnya tentang duit juga) dalam salah satu artikelnya memberikan beberapa saran.

Silakan lihat sendiri di Jangan Takut Resesi 2023! Lakukan ini dan Semua Akan Baik-Baik Saja

Sangat masuk akal penjabaran dan juga langkah antisipasi menghadapi resesi versinya.

Walau, mungkin agak sedikit bagian yang rumit bagi yang awam, tetapi setidaknya langkah-langkah yang harus diambil dikemas dengan sederhana dan mudah ditangkap.

Apakah sarannya akan manjur? Entahlah. Tidak ada yang bisa memastikan, tetapi tentu tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan.

Saya hanya ingin menambahkan satu poin yang belum tersebut olehnya, yaitu BERDOA. Semoga saja resesi itu tidak terjadi dan semua akan baik-baik saja.

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.