Tahukah? Pembahasan Topik di Forum Bentuk Posting Blog Juga

Topik di Forum Termasuk Posting Blog Juga

Memiliki forum di sebuah blog sebenarnya akan sangat menguntungkan karena berpotensi mendatangkan pembaca dari mesin pencari.

Sebuah topik di forum pada dasarnya tidak berbeda dengan posting di blog.

Jadi, jika forumnya aktif dan ramai, maka blog itu akan mendapatkan keuntungan karena di mata mesin pencari blog tersebut diupdate terus menerus secara bertubi-tubi.

Jawaban yang diberikan di suatu thread pun dianggap sebagai posting baru. Sifat sebuah topik atau thread di forum tidak berbeda dengan komentar yang ada di bawah sebuah artikel.

Salah satu contohnya ada di bawah ini yang diambil dari screenshoot Google Search Console blog MM.

Ada dua topik yang paling sering mendatangkan pengunjung

  • apakah 3 permen milkita sama dengan segelas susu?
  • mengapa playboy disebut buaya?

Dua kata itu merupakan dua thread yang banyak mendapatkan perhatian di Kafe MM (Forumnya blog MM)

Kok bisa begitu? Karena posting atau jawaban, atau singkatnya pembahasan di forum termasuk dalam kategori user generated content atau konten yang dibuat oleh pengguna. Di mata mesin pencari tetap dipandang sebagai sebuah konten juga.

Hanya masalah dari konten tipe seperti ini adalah biasanya tidak dioptimasi SEOnya. Jadi, tidak tertarget. Meskipun demikian, jika forum aktif dan terdapat banyak konten, akan banyak keyword yang dapat ditemukan oleh mesin pencari.

Sayangnya, Kafe MM sedang hiatus dan sedang tidak aktif. Namun, tetap saja ada 10-20 thread yang rutin mendatangkan pengunjung ke blog ini.

Leave a Comment