Semua Yang Ingin Kamu Ketahui Tentang Blogging, Tapi Kamu Terlalu Takut Untuk Menanyakan – Simon World

Harus diakui, saya orang jadul pakai banget. Tulisan yang terbit di tahun 2005 saja masih bisa membuat saya mengangguk-angguk dan terkesima.

Hey, mungkin bukan saya yang kurang up to date, tetapi karena memang penulisnya mengatakan apa yang memang saya pikirkan. Juga, pertanda ia memang penulis yang baik karena bisa mengemas pemikirannya dalam balutan humor.

Judulnya sendiri menggelitik dan mengundang sekali meski tanpa memakai teknik SEO.

Aslinya tertulis dalam bahasa Inggris (dan begitu juga kontennya), yaitu “EVERYTHING YOU WANTED TO KNOW ABOUT BLOGGING BUT WERE AFRAID TO ASK“. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya “Semua Yang Ingin Kamu Ketahui Tentang Blogging, Tapi Kamu Terlalu Takut Untuk Menanyakan

Sejak awal, Simon, yang nama lengkapnya saya tidak tahu, sudah menyentil sekali dengan pernyataannya, seperti di bawah ini :

If you want to start blogging and have huge amounts of traffic instantly I can recommend one of three things: be an established journalist/opinion maker; be Glenn Reynold’s brother; or porn. Otherwise face facts: you’ve got an awfully big hill to climb.

(Terjemahan : Jika kamu mau mulai ngeblog dengan harapan mendapatkan trafik besar secara instan, saya menyarankan tiga hal: jadi jurnalis atau pembuat opini terkenal dulu; jadi kakak Glenn Reynold (profesor terkenal di Amerika); atau terjun di pornografi. Kalau tidak, hadapi kenyataan: kamu punya tugas yang sangat berat)

Wow.

Pemikiran yang tentunya berseberangan dengan banyak sekali blogger di Indonesia yang menuliskan tentang berbagai tips dan trik untuk secara cepat menaikkan trafik ke blog, dan sejenisnya.

Jadi, jika Anda punya waktu dan setidaknya bisa berbahasa Inggris secara pasif (membaca), bisa lihat tulisan menarik ini untuk menambah wawasan. Mau setelah dibaca pemikiran diabaikan juga boleh karena penulisnya meletakkan pandangan ini pada posisi ke-50.

Linkynya di Simon World :: Everything you wanted to know about blogging but were afraid to ask (mu.nu)

Dan, setelah membaca beberapa kali, saya akhirnya mengetahui mengapa tulisan ini meski sudah diterbitkan 17 tahun yang lalu masih mengena. Mungkin, semua itu karena saya memiliki pandangan yang sama. Silakan saja cek di bagian arsip blog MM, pasti ada tulisan sejenis.

Wawasan yang cakep banget karena memang mencerminkan kenyataan di lapangan. Namun, memang judulnya benar sekali, “menakutkan” atau membuat orang takut karena biasanya banyak blogger lebih suka tenggelam dalam mimpi dan bukan menghadapi realita.

Silakan tinggalkan pandangan Anda kalau sudah selesai membaca.

Leave a Comment