Mindset : Berpikir Positif dan Bersikap Konstruktif

Bagi yang sering berkunjung ke blog MM, alias si Maniak Menulis, mungkin akan merasakan sebuah perubahan dalam banyak hal. Layout blog, yang sekarang berbentuk magazine salah satunya.

Namun, ada satu lagi, yaitu konten yang jelas berbeda.

Sebelumnya, blog MM banyak berisikan pandangan atau opini “MENENTANG” berbagai pemikiran yang banyak beredar di dunia blog Indonesia. Sekarang isi blog lebih banyak berisi tips atau ide untuk konten, atau pandangan/opini dari berbagai blogger di belahan dunia lain.

Semua perubahan ini karena adanya perubahan mindset dalam diri saya, yang kemudian diwujudkan dalam konsep ini.

Saya mencoba untuk berpikir positif dan bersikap konstruktif.

Konten sebelumnya yang bersifat penentangan terhadap pemikiran yang sudah ada, pada dasarnya bersifat “negatif”. Dalam artian, saya hanya berusaha mengoreksi apa yang saya anggap salah.

Memang, banyak yang mengatakan bahwa hal itu memberi pandangan baru, tetapi sebenarnya tidak membantu banyak. Tidak ada hal-hal konstruktif yang diberikan dan sekedar memberikan pandangan baru.

Hal ini berbeda dari yang sedang saya lakukan. Kategori ide dan tips yang baru dihadirkan di menu diharapkan bisa

  • memberikan tip tentang apa yang mungkin bisa dimanfaatkan bagi blog pembaca agar bisa lebih baik
  • memberikan ide yang mungkin bisa menunjukkan jalan atau solusi untuk memecahkan masalah yang sudah ada
  • kategori wawasan, dimana saya lebih berperan sebagai penerjemah dan penyampai informasi saja, diharapkan dapat memperluas pandangan
  • kategori database blog dan blogger pun diupayakan bisa membantu para pembaca ini mendapatkan sumber pengetahuan baru, teman baru, dan wawasan baru

Perubahan ini diharapkan bisa membantu sesama blogger membangun blognya agar bisa berkembang. Setidaknya itu idealisme saya yang baru.

Saya akan berusaha menghindari kebiasaan lama, memperdebatkan sesuatu yang dipandang tidak tepat. Mungkin, sekali dua, akan ada bahasan tentang mitos dunia blogging, tetapi tidak akan lagi dilakukan secara frontal.

Semua akan dilakukan berdasarkan koridor yang baru, yang diupayakan lebih dari sisi positif dan bersifat konstruktif. Kalaupun itu perlu dilakukan.

Memang, pasti akan terasa berbeda dan bagi sebagian tidak akan menyenangkan. Hanya saja, saya pikir cara itu lebih baik dalam mengembangkan blog MM atau si Maniak Menulis.

Cara lama, yang sudah digunakan beberapa tahun, rasanya sudah tidak cocok, terutama dengan jiwa saya sendiri yang semakin tua.

Jadi, mohon dimaklum bagi pembaca lama yang merasa tidak nyaman dengan perubahan ini. Meskipun, kalaupun ada yang berkeberatan, seperti biasa, saya akan tetap berjalan di jalan saya sendiri.

Maklum, saya masih tetap ronin dalam hal itu.

Leave a Comment