Membuat Deskripsi atau Ulasan Singkat Blog Menghadirkan Tantangan Tersendiri

Memang tidak nyaman. Sebenarnya apa yang saya lakukan ini bukan sesuatu yang menghadirkan rasa nyaman, justru menambah sebuah kepusingan baru.

Selama ini, saya membuat ulasan blog itu dengan cara mengamatinya dalam kurun waktu yang lumayan lama. Biasanya bahkan saya berinteraksi dan rajin stalking ke blog yang akan dibuatkan reviewnya.

Ulasannya juga dibuat panjang lebar, ke kiri kanan, ke atas bawah, maju mundur. Semua itu memberikan kebebasan dalam berekspresi.

Namun, sejak mengubah arah blog MM menjadi semacam database blog dan blogger, saya menjerumuskan diri dalam sebuah lubang baru. Saya dihadapkan pada tantangan baru berupa harus menulis deskripsi atau ulasan singkat, dalam waktu yang singkat juga.

Tidak banyak waktu untuk mengamati blog yang akan dimasukkan. Tidak banyak informasi yang bisa didapat. Tidak banyak ruang pula untuk berekspresi dalam tulisan.

Semua karena fokus pada pembuatan database seperti ini adalah cepat, ringkas, dan padat.

Hasilnya, saya sering merasa kesulitan untuk bisa mendeskripsikan sebuah blog dan bloggernya dalam tulisan singkat tersebut. Semua serba sedikit dan tidak ada keterikatan dengan blog atau bloggernya.

Namun, saya pikir ini sesuatu yang wajar karena belum lama saya terjun ke “dunia baru” ini. Saya cukup yakin kalau setelah melakukannya 2-3 bulan, kemampuan saya untuk menilai cepat dengan data yang sedikit akan membaik.

Semoga saja ke depannya deskripsi yang saya berikan untuk setiap blog juga membaik meski tetap dalam kata-kata yang terbatas.

Bagaimanapun, sebagai ronin, saya memandangnya sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Bukan sesuatu untuk dikeluhkan, meski saya sejak perubahan itu kerap menghela nafas saat mengerjakannya, pertanda masih ada masalah dan beban yang belum bisa dibereskan.

2 thoughts on “Membuat Deskripsi atau Ulasan Singkat Blog Menghadirkan Tantangan Tersendiri”

  1. Mas Anton, apa kabar? Lamaaa tidaak bertukar kabar dan cerita. Sudah lama ga mampir kesini dan ternyata tampilannya berubah. Bahkan sekarang Mas Anton mencoba hal baru lagi. Keceee beneeer sihh. Tempat Mas Anton menjadi paket komplit buat para blogger nih. Semua bisa berkumpul disini dan saling bertukar sapa dan informasi.

    Makasih mas sudah memfasilitasi kami para blogger ini. Aku merasa dapat hal baru terus setiap mampir kesini 🙂 Semangat terus Mas Anton, tetap jaga kesehatan!

    Reply
    • Hollaaa Dev….. lama yah, padahal saya beberapa kali mampir ke rumahmu.. wkwkwkwk

      Iya emang, karena dipikir pikir fungsi blog MM sudah kurang tepat lagi kalau masih memakai konsep yang dulu. Percuma saja kalau dilanjutkan dengan cara itu, jadi saya coba manfaatkan buat siapapun yang mau blogwalking. Sebenarnya isinya kurang lebih akan sama dengan yang dulu sudah ada seperti Linky atau ulasan, hanya kali ini blog MM akan dispesialisasikan ke arah sana.

      Mungkin ke depannya akan menjadi suratkabar khusus para blogger dan bercerita tentang dunia blog saja… Cuma untuk sementara berisi ulasan saja dulu.

      Makasih sama-sama sudah datang lagi Dev dan jaga kesehatan juga… TTDJ yah kalau rencana travelingnya jadi. Enjoy your life at the fullest

      Reply

Leave a Comment