Fungsi Blogwalking Bukan Sekedar Silaturahmi Saja!

Fungsi Blogwalking Bukan Sekedar Silaturahmi

Kalau seorang blogger asal Indonesia ditanya, “Mengapa ia melakukan blogwalking (jalan-jalan ke blog lain)?” Maka jawabannya, silaturahmi” atau menjalin pertemanan.

Klise sekali. Entah apakah itu memang benar-benar tujuannya, ataukah ia menutupi motif lain, tetapi tidak ingin terlihat begitu tidak sopan.

Pada kenyataannya, fungsi blogwalking dalam kehidupan seorang blogger itu bukan sekedar menjalin silaturahmi saja.

Mengunjungi blog lain bisa merupakan salah satu usaha untuk membantu perkembangan blognya sendiri.

Kok bisa? Ya bisa dong karena memang kebiasaan di dunia blog ini membuka peluang untuk dimanfaatkan bagi tujuan lain.

Nah, menurut saya, fungsi blogwalking itu lumayan banyak, kalau memang mau dilakukan.

1/ Promosi

Meskipun setiap blog mungkin hanya menyumbangkan satu pombaca baru, blogwalking merupakan salah satu cara promosi sederhana.

Oleh karena itulah, kalau memang diniatkan untuk promosi, maka blogwalking harus dilakukan secara agresif dan tidak boleh hanya dalam lingkaran tertentu saja.

2/ Branding

Kalau memang mau, dan sebenarnya bisa dilakukan, blogwalking merupakan sarana branding atau pencitraan yang ampuh.

Seorang blogger bisa meninggalkan komentar yang menentang atau memberi penjelasan lebih baik daripada artikel di atasnya.

Yang melihat biasanya bukan saja si pemilik blog, tetapi sangat mungkin pengunjung lain.

Oleh karena itu, ada baiknya ketika menulis komentar di sebuah blog, jangan asal-asalan. Perlakukan kolom komentar blog tersebut sebagai blog Anda sendiri dan berikan komentar yang terbaik agar Anda terlihat sebagai “bukan orang biasa”

3/ Menambah wawasan

Sebagai blogger jangan pernah berpikir bahwa kita adalah orang yang paling pandai. Kenyataannya memang demikian karena selalu ada langit di atas langit.

Dengan bersikap open-minded, saat membaca di blog lain, kita bisa menambah wawasan kita tentang suatu hal.

Seberapapun jeleknya tulisan di blog lain, jika kita mau menambah wawasan, pasti akan ada sesuatu yang bermanfaat bisa ditemukan di dalamnya.

4/ Mencari ide

Kalau pikiran sedang buntu, cobalah berkelana dan kemudian temukan tulisan di blog lain.

Baca dengan seksama dan jangan sekedar scanning atau skimming. Coba nikmati ide yang disampaikan oleh bloggernya, kemudian renungkan.

Anda bisa mendapatkan ide dari pandangan orang lain jika mau membaca dengan teliti dan bukan sekedar judul saja

Bisa juga Anda mengamati layout, cara menulis, atau apapun yang ada di blog,. Kemudian, jika ada yang dirasa bisa berguna untuk blog kita, mengapa tidak ditiru saja?

Asal jangan di setiap blog Anda mencoba meniru satu bagian. Lalu, semua dicoba di blog sendiri. Hasilnya pasti akan berantakan. Betrindalah tetap selektif dalam hal ini.

5/ Link Building

Memang, tautan atau link di kolom komentar hampir tidak bernilai sama sekali di mata mesin pencari. Namun, belajar dari pengalaman sebuah link adalah tetap link dan memiliki nilai, sekeceil apapun akan membantu perkembangan blog kita.

Apalagi, dari link tersebut, pembaca bisa “digiring” ke blog yang kita kelola.

6/ Membangun network

Kenapa tidak? Membangun jaringan atau network seringnya dimulai dari pertemanan.

Melakukan blogwalking untuk mencari teman adalah sesuatu yang baik. Namun, tidak berarti harus dinafikan dan jangan ditutup kesempatan untuk membangun jaringan, demi blog kita.

7/ Mencari referensi

Loh, kita sering mencari referensi ke nama-nama terkenal dalam dunia blogging. Padahal, penulisnya juga biasanya seorang blogger.

Lalu, saat kita berkunjung ke blog kawan atau tak dikenal, mengapa tidak bisa menjadikan apa yang dibaca sebagai referensi untuk menunjang tulisan kita sendiri?

Boleh, sangat boleh bahkan. Tulisan dari siapapun bisa dijadikan referensi bagi konten yang sedang kita buat. Catatannya hanya satu, bahwa kita percaya dan menurut logika kita tulisan blogger tersebut masuk akal dan logis.

Jangan berpikir referensi hanya bisa didapatkan dari pesohor saja.

Sebenarnya tidak ada salahnya kalau Anda melakukan blogwalking bukan sekedar untuk pertemanan. Normal saja dan manusiawi.

Manusia memang kodratnya saling “memanfaatkan” . Selama hal itu dilakukan bukan untuk keburukan dan tidak menyebabkan kerugian, kenapa tidak?

Lalu, mengapa kita hanya memakai fungsi blogwalking sekedar untuk menjalin pertemanan saja?

2 thoughts on “Fungsi Blogwalking Bukan Sekedar Silaturahmi Saja!”

  1. Ga laaah, ga cuma sekedar pertemanan 😄. Aku mah sadar diri, kalo blogku belum seterkenal trinity yg tiap kali update blog, langsung rame visitors nya 😅. Masih butuh utk promosi dan membranding diri, kalo Dcatqueen itu blog traveling dan kuliner. salah satunya ya dengan BW 😄.

    Tapi kayak kata mas Anton, aku ga mau sekedar komen atau hanya menyapa. Semua tulisan pasti aku baca dari atas Ampe bawah. Kecualiiiiii tulisannya ttg sponsor post yg mana ada buanyaaaaak bloggers menulis review yg sama. Itu beda cerita. Tulisan yg pertama, dan kedua kali , pasti aku baca full supaya tau pointnya apa. Tapi artikel sama dari bloggers lain, biasanya cuma aku baca cepat aja. Toh isinya ga jauh beda 😁. Yg penting komenku ga sembarangan dan bukan copas dari komen2 sebelumnya 🤣.

    Manfaat lain dari BW, pastinya utk belajar juga. Trutama dari bloggers yg pintar meramu tulisan menarik. Aku belajar diksi2 yang dia pakai, atau cara pengambilan fotonya, cara dia menguraikan tulisannya jadi enak dibaca… Ga semuanya plek2 aku tiru ke blogku, tapi setidaknya jadi dpt insight baru 😊

    Manfaat lain, buatku BW itu hiburan. Aku punya target membaca minimal 3 jam setiap hari. 3 jam itu ya ga cuma dari buku, tapi dari mana aja, termasuk blog. Lagi santai, dan pengen bacaan ringan, ya aku pasti buka blog temen2. Tinggal liat dari komunitas yg diikuti , kalo ada temen yg update tulisan baru, tinggal klik trus baca deh 🙂 .

    Reply
    • Kalau dikau sih seharusnya, blogger lain yang belajar sama kamu. Serius loh. Pengalaman, cara penulisan, ditambah dengan penggunaan fotomu bagus dan buat yang ingin menulis tentang traveling, blogmu seharusnya sudah bisa jadi rujukan.

      Kalaus soal sponsored post mah.. yah, semua juga sudah tahu. Tapi, kupikir seharusnya para blogger bisa lebih kreatif dalam cara penulisan karena terlalu monoton dan isinya jadi tidak berbeda sama sekali.

      Rupanya memang banyak yang sama yah cara memanfaatkan blogwalking.

      Senang bisa ketemu lagi dengan dikau Fan

      Reply

Leave a Comment