Bisakah Menulis 10 Artikel Perhari Sendirian?

Bisakah Menulis 10 artikel per hari

Salah satu hal penting dalam kehidupan seorang blogger yang ingin sukses adalah tentang produktivitas dalam menulis.

Semakin produktif seorang blogger maka blognya akan semakin kaya konten dan kata kunci yang bisa ditemukan search engine atau mesin pencari.

Bayangkan saja kalau seorang blogger menulis 1 artikel/hari, maka dalam satu tahun akan ada 365. Jika bisa menulis 10 artikel perhari, maka dalam setahun akan ada 3650 buah artikel di blog. Bisa bayangkan kemungkinan pengunjung yang datang dengan jumlah sebanyak ini di blog?

Namun, pertanyaannya, sanggupkah seorang blogger melakukan itu mengingat masih banyak kegiatan lain yang harus dilakukan?

Jawabannya, BISA. Yang penting ada kemauan dan mau capek.

Contohnya? SAYA. Saya selama satu minggu ini berusaha menulis 10 artikel per hari dan tentu saja menerbitkannya.

Hasil pelaksanaannya adalah sebagai berikut

  • hari pertama Senin, 24 Oktober 2022 : 10 artikel
  • hari kedua Selasa, 25 Oktober 2022 : 10 artikel
  • hari ketiga Rabu, 26 Oktober 2022 : 10 artikel
  • hari keempat Kamis, 27 Oktober 2022 : 10 artikel
  • hari kelima Jum’at, 28 Oktober 2022 : 9 artikel (kecapekan bekerja di kantor dan otak sudah tidak bisa berpikir)
  • hari keenam Sabtu 29 Oktober 2022 : 8 artikel (pergi berkunjung ke rumah saudara)
  • hari ketujuh Minggu 30 Oktober 2022 : 10 artikel

Setidaknya, 5 hari dalam satu minggu, 10 artikel perhari bisa diterbitkan.

Padahal, saya masih tetap harus bekerja ke kantor dan mengurus berbagai hal lain. Dua hari saya gagal mencapai target karena ada badan sudah terlalu lelah dan satu hari lagi karena harus pergi ke rumah saudara.

Namun, setidaknya dari 95% target tercapai (target 70 artikel hasil 67). Fakta ini menunjukkan rata-rata per hari ada 9,58 artikel yang diproduksi.

Artikelnya pun rata-rata memiliki 200-500 kata yang artinya masih cukup untuk membuat artikel yang informatif, tetapi singkat dan padat.

Jadi, menulis 10 artikel perhari, bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan.

Ini sebenarnya masih belum seberapa karena Linda Ikeji dari Nigeria dan Darren Rowse dari Australia, dua blogger terkenal dunia, pernah mengatakan bahwa mereka bisa menulis 25 artikel dalam sehari.

Meski belum sampai ke arah sana, tetapi saya sudah membuktikan bahwa bukan tidak mungkin membuat banyak konten blog dalam sehari. Dan, saya merencanakan untuk bisa melebihi angka ini di masa datang.

Asalkan, bloggernya mau capek, mau bekerja keras, dan mau terus berpikir kreatif. Apa sih yang tidak bisa dilakukan kalau semua itu ada dalam diri kita?

2 thoughts on “Bisakah Menulis 10 Artikel Perhari Sendirian?”

  1. Wah, kalau saya sepertinya memang sangat malas, mau nulis satu artikel saja sulit.

    Tapi yang jadi pertanyaan, kang anton kan kerja, berarti nulis 10 artikel itu manfaatkan waktu istirahat di kantor + rumah, atau hanya setelah sampai di rumah ya?

    Penasaran, soalnya ada rencana lusa mau buat satu blog gado-gado yang nantinya bakal diisi tulisan, 50 sampai >250 kata/artikel tanpa mikirin topik, biar bisa kembaliin semangat nulis kya dulu lagi/semoga bisa lebih.

    Reply
    • Saya nulis dimana saja kang.. Hahaha.. kadang ngetik sambil nunggu kereta atau setidaknya membuat kerangka karangan. Waktu istirahat juga saya pakai sebagian.. Pulang kerja ya gitu lagi.. Dan, setelah itu ada waktu khusus, jam 8 malam sampe ngantuk menyerang..

      Saya nulis terus kang..:-D

      Reply

Leave a Comment