7 Aplikasi Bawaan Android Ini Bisa Tingkatkan Produktivitas Ngeblog

Aplikasi Bawaan Android Ini Bisa Tingkatkan Produktivitas Ngeblog

Smartphone, atau ponsel cerdas, pada dasarnya adalah komputer mini dengan berbagai fitur untuk meningkatkan produktivitas penggunanya, termasuk para blogger. Baik yang berbasis Android atau IOS, keduanya ditujukan untuk menjalankan fungsi yang sama.

Oleh karena itu, seorang blogger harus pandai-pandai memaksimalkan semua fungsi aplikasi yang tersedia agar bisa mendukung kegiatan ngeblognya. Rugi besar kalau seorang blogger memandang smartphone sekedar alat berkomunikasi dan hiburan saja.

Contohnya saja, paling tidak ada beberapa aplikasi bawaan android di bawah ini saja, asalkan bloggernya kreatif, pasti bisa memberikan output positif yang besar sekali.

1/ Kamera

Tidak ada smartphone, baik iPhone atau Android, yang tidak memiliki kamera.

Fungsinya jelas membuat foto.

Hanya perlu tambahan sedikit belajar fotografi saja, seorang blogger bisa membuat foto original untuk blognya. Tidak perlu lagi harus menggantungkan diri pada penyedia foto gratis lagi

2/ Browser

Android umumnya akan membawa Chrome sebagai browser standar. Kadang ditambahkan dengan browser buatan produsen smartphonenya, seperti Oppo yang memasang juga browser versi mereka.

Jika dipergunakan untuk mencari referensi atau inspirasi, tentu daftar ide tidak akan pernah susah dibuat. Kalau punya daftar ide, masalah pikiran buntu karena tidak punya ide tinggal cerita lama.

Bahkan, kalau memang mata masih kuat, membuat tulisan pun bisa langsung dilakukan memakai aplikasi ini.

3/ Clock

Siapa yang sering menggunakan aplikasi ini? Jarang. Banyak yang tidak sadar bahwa di dalamnya ada alarm yang bisa mengingatkan saat ngeblog telah tiba.

Ada juga menu timer yang bisa diset untuk menerapkan teknik Pomodoro untuk membantu konsentrasi saat menulis.

4/ Notes

Salah satu aplikasi bawaan Android yang terlupakan, padahal bisa berperan penting dalam urusan produktivitas adalah “Notes“.

Aplikasi kecil bin sederhana ini dianggap tidak penting, tetapi seorang blogger seharusnya memasang aplikasi ini di halaman depan ponselnya.

Dengan begitu, ketika ide muncul dimanapun, ide tersebut bisa langsung “ditangkap” dan dimasukkan ke dalam catatan. Mau di atas kereta atau sedang di toilet sekalipun, aplikasi ini jika dipergunakan dengan baik, akan memastikan ide bisa dikandangkan.

Bagi yang lebih kreatif, Notes juga akan sangat berguna untuk membuat kerangka tulisan

5/ Media sosial

Zaman sekarang, tidak ada smartphone tanpa aplikasi media sosial. Setidaknya Facebook akan ada dalam aplikasi bawaan Android.

Dengan sedikit memberi tujuan saat menggunakannya, seorang blogger bisa menggunakannya untuk

  • berinteraksi dengan pembaca
  • bergabung dan membangun network dengan komunitas sesama
  • mempromosikan konten blognya
  • melakukan branding

Tentunya, hal ini lebih baik daripada sekedar scrolling untuk ngepoin kehidupan orang lain.

6/ Email

Aplikasi email pasti ada di smartphone, setidaknya Gmail (karena keduanya dari Google).

Bukankah ada istilah email marketing atau pemasaran via email? Bukankah email juga bisa dipakai untuk mengirimkan proposal kepada calon sponsor?

Bukankah email juga bisa dipergunakan untuk membalas komentar di blog?

7/ Google Drive

Sebuah smartphone berbasis Android belakangan memiliki aplikasi yang memberikan bonus 15 GB penyimpanan secara gratis. Namanya, Google Drive.

Keduanya dimiliki oleh perusahaan yang sama, Google.

Hal ini akan mempermudah blogger untuk menyimpan data atau melakukan backup blognya. Iya kan? Membuat backup itu sebuah keharusan yang tidak boleh diabaikan blogger.

Ke 7 aplikasi di atas merupakan aplikasi bawaan saja. Seorang blogger bisa langsung menggunakannya sejak pertama ia membeli sebuah smartphone merk apapun.

Yang diperlukan hanyalah kesadaran bahwa smartphone bukanlah hiasan. Gadget dibuat untuk membantu manusia menjadi lebih produktif, dan smartphone adalah sebuah gadget.

Dengan berpikir sedikit lebih kreatif, ada banyak bagian ngeblog yang bisa dilakukan menggunakan gadget ini.

Bila masih kurang puas dengan yang ada, ada Play Store dan seorang blogger hanya perlu mencari aplikasi lain yang dirasa perlu dan membantu.

Iya kan?

Nah, aplikasi Android apa saja yang Anda gunakan untuk ngeblog saat ini?

Leave a Comment