Apakah Broken Link Menyebabkan Spam Score Tinggi? – Kasus Problogger

Salah satu penyebab spam score sebuah situs/blog tinggi, hasil analisa para pakar (atau yang mengaku pakar) blogging Indonesia berkaitan dengan broken link. Iya, banyaknya broken link dianggap menyebabkan spam score tinggi.

Contohnya satu di bawah ini.

2. Menurunkan spam score dengan hapus broken link eror

Cara kedua untuk menurunkan spam score yaitu dengan menghapus broken link atau link eror di blog kita. Caranya bisa menggunakan tools website seo checker di https://www.brokenlinkcheck.com dan masukkan blog Anda.

Blog Kang Amir – Pengalaman dan Cara Menurunkan Spam Score Blog dari 56% Jadi 3% – Blog Kang Amir

Namun, pernahkah kita menanyakan kebenaran dari klaim tersebut. Minimal, setidaknya memberikan sebuah pembanding sebelum mempercayainya.

Hasil pengamatan yang saya lakukan terhadap blog Problogger, milik Darren Rowse, salah satu blogger ternama dunia, menunjukkan hal yang berbeda.

Percayalah, ada ribuan broken link di sana. Blogger yang satu ini termasuk rajin dan royal dalam memberikan outbound link ke berbagai situs yang dirujuknya. Bukan hiperbola karena blogger yang satu ini sudah melakukannya sejak tahun 2005 dan setiap posting berisi eksternal link.

Padahal, setelah sekian lama ngeblog, banyak situs yang dirujuk sudah kolaps, menghilang, dan tidak beroperasi lagi. Hasilnya? Broken link. Contohnya ada di salah satu posting awal tahun 2004 ini Blog Designers (problogger.com) dimana setidaknya ada 3-4 broken link.

Bisa bayangkan berapa banyak broken link kalau Anda diberi data bahwa situs blogger berkepala botak ini memiliki 9000-10000 posting? Banyak sekali.

Logikanya, kalau menurut teori pakar (atau yang mengaku pakar) blogging Indonesia, maka spam score Problogger akan tinggi sekali, iya kan?

Mau lihat sendiri hasilnya kalau blog itu dicheck dengan menggunakan tool spam score checker?

Yup, betul. Mata Anda tidak salah SS blog itu hanya 1% saja.

Pengalaman saya sendiri terhadap broken link di beberapa blog dalam artikel tentang menghapus 1000 broken link menunjukkan hal yang sama. Penghapusan broken link dalam sebuah situs tidak akan memberi pengaruh banyak pada penurunan spam score.

Jangan berharap banyak dalam hal ini karena masih butuh dibuktikan lebih jauh klaim broken link sebagai salah satu penyebab spam score meninggi. Sejauh ini hal itu tidak ada buktinya dan kenyataan yang ada tidak mendukung.

Namun, bukan berarti Anda tidak perlu berpikir tentang broken link. Sebuah tautan yang rusak akan menjengkelkan pembaca dan hal itu tidak bagus untuk sebuah website. Jadi, kalau memang sempat, usahakan tetap perbaiki link yang terputus itu.

Perbaiki demi kenyamanan pembaca, jangan karena ingin menurunkan spam score.

Tujuannya berbeda.

Leave a Comment