6 Calon Penghuni Populer Blog Hewan Peliharaan

6 Calon Penghuni Populer Blog Hewan Peliharaan

Sejak beberapa tahun belakangan memelihara hewan sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang Indonesia. Mereka merasa tambahan anggota keluarga ini sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Berdasarkan pengamatan, sebenarnya jenis hewan yang dipelihara tidak terlalu banyak jenisnya (meski variasi per jenis banyak). Tentunya, bagi yang hendak membuat blog hewan peliharaan, sudah seharusnya hewan-hewan ini dipertimbangkan menjadi pengisinya.

<1> Kucing

Hewan berkaki empat, berbulu, dan seringnya memiliki wajah imut dan lucu ini, termasuk klasik. Sudah lama mereka menjadi bagian hewan peliharaan manusia demi kesenangan (bukan untuk ternak).

Dan, jumlah pemelihara kucing, baik non ras dan ras susah dihitung. Bahkan, banyak yang tidak sadar bahwa mereka termasuk di antaranya. Dengan begitu, kucing memiliki pasar yang luas sekali.

Tentunya, ia harus menjadi salah satu yang tidak boleh ditinggalkan jika ingin membuat blog hewan peliharaan (kecuali sifatnya “personal” branding)/

<2> Burung

Tahukah kontes/lomba hewan yang paling sering diadakan di Indonesia? Jawabannya lomba burung. Frekuensinya termasuk sering dibandingkan binatang peliharaan lainnya.

Lomba dan kontes diadakan baik dalam skala kampung sampai nasional. Komunitasnya bertebaran dimana-mana dan penggemarnya bejibun, mulai dari anak kecil sampai yang sudah hampir pikun.

Lagi-lagi, kondisi ini menunjukkan pasar yang luas dan masih akan terus meluas. Sesuatu yang menjanjikan pencari informasi terkait hewan yang satu ini masih akan terus bertambah.

Bagus untuk sebuah blog burung.

Salah satu blogger Indonesia Duto Sri Cahyono sudah memanfaatkan peluang tersebut. Situsnya Om Kicau memiliki puluhan ribu pengunjung tetap dan membuatnya bisa menjual berbagai produk terkait makhluk bersayap.

<3> Anjing

Hewan setia yang satu ini, sama seperti kucing sudah menjadi teman manusia sejak dahulu kala. Fungsinya beragam, tetapi belakangan lebih sebagai anggota keluarga tambahan, meski di beberapa daerah Indonesia merupakan teman makan.

Pasarnya mungkin tidak seluas burung atau kucing, tetapi mengingat sejarahnya, jumlahnya tetap besar sekali.

Kondisi ini membuatnya menjadi salah satu hewan yang perlu dipertimbangkan kalau mau membuat blog hewan peliharaan.

Tertarik? Jangan ragu, pesaing belum banyak.

<4> Ikan Hias

Kata tambahan “hias” ditambahkan mengingat hewan yang satu ini lebih banyak dijadikan “teman” makan di atas piring.

Ikan hias termasuk salah satu binatang peliharaan klasik, tetapi sering tidak dipandang demikian dan lebih sebagai hiasan. Mungkin, karena ia dipelihara dalam rumah tersendiri, akuarium, dan membuatnya jarang bersinggungan langsung dengan pemiliknya.

Tetap saja, hewan yang satu ini termasuk favorit bagi banyak orang. Ada yang untuk sekedar dipandang keindahannya, tetapi ada juga yang dipergunakan untuk diadu, seperti cupang.

Minat memelihara ikan hias seperti tidak pernah surut. Pasarnya sudah stabil dan tetap luas.

Semua itu membuatnya menjadi calon yang baik untuk mejeng di blog hewan peliharaan.

<5> Ular

Kehadirannya sering membuat banyak orang merinding, termasuk saya. Reptil ini memang belum akrab menjadi kawan manusia, kecuali beberapa orang saja.

Namun, jika melihat di situs Tokopedia, mungkin sudah ada perubahan karena penjual ular dan segala sesuatu terkait dengannya, semakin banyak.

Rupanya dalam masyarakat mulai ada keinginan untuk mempunya hewan peliharaan yang berbeda dan unik.

Harganya pun ada yang mencapai puluhan juta per ekor, seperti ular boa.

Memang, pasarnya masih sempit dan terbatas, tetapi bukan tidak mungkin reptil ini pada saatnya dipandang tidak berbeda dengan kucing, burung, atau anjing. Toh, memang tidak semua ular berbahaya.

<6> Iguana

Kriteria unik dan berbeda membuatnya mulai menjadi pilihan hewan untuk dipelihara di rumah. Apalagi, ukurannya tidak besar.

Hewan yang aslinya berasal dari Amerika Tengah ini belakangan mulai mendapat tempat di hati pecinta hewan Indonesia.

Patut dipertimbangkan karena pasarnya diprediksi akan meluas dan cara mendapatkannya lebih mudah. Perawatannya juga tidak sesulit ular.

Mau mempertimbangkan?

Baca juga : 3 Alasan Blog Binatang Peliharaan Berpeluang Besar Untuk Sukses

Dari segi pasar dan peluang di masa datang, ke-6 hewan ini merupakan calon yang harus dipertimbangkan jika mau membuat blog hewan peliharaan.

Latar belakang pasar yang luas akan memastikan bahwa konten tentangnya sangat mungkin dibaca (bukan dipastikan karena terkait banyak hal lain).

Bagaimana menurut Anda? Mana hewan yang paling menarik dan cocok bagi blog hewan peliharaan? Kucing? Anjing? Burung?

Atau, Anda punya hewan peliharaan lain yang berbeda dari di atas? Bisa bagikan dalam kolom komentar di bawah?

Leave a Comment