5 Hal Yang Membuat Pikiran Buntu dalam Mencari Ide

Hal Yang Membuat Pikiran Buntu Mencari Ide A

Pernah merasakan pikiran buntu dalam mencari ide? Saya pernah.

Rasanya, semua blogger pernah mengalami fase dimana otak seperti tidak mau diajak bergerak, meski kita sudah mencoba memaksa. Bahkan, meski sudah berselancar ke banyak situs online, tetap saja tidak ada ide tulisan yang ditemukan.

Berdasarkan pengalaman, ada 5 kemungkinan mengapa hal itu terjadi

1/ Kriteria Anda terlalu tinggi (menganggap remeh ide)

Sebuah kewajaran, jika seorang blogger berusaha mencari ide atau keywords yang lagi ngetren. Harapan agar tulisan yang akan dihasilkan dibanjiri pembaca merupakan hal yang manusiawi.

Namun, terkadang sikap seperti ini justru menghambat menemukan ide. Kriteria yang tinggi, biasanya dalam bentuk kemungkinan menghasilkan trafik akan hadir.

Seringkali pada akhirnya, banyak ide akan dibuang karena tidak memenuhi kriteria dan ekspektasi Anda tersebut.

Jika hal ini terjadi, hasilnya ide akan sangat terbatas.

2/ Kurang pengetahuan

Sebuah ide biasanya lahir karena kombinasi dari berbagai pengetahuan yang ada dalam diri seseorang.

Semakin luas pengetahuan dan pengalamannya, biasanya semakin banyak ide yang akan lahir.

Itulah salah satu alasan mengapa seorang blogger harus terus menambah pengetahuannya dengan berbagai cara.

Baca juga : Tips Produktif Ngeblog #04 : Buat dan MilikiDaftar Ide

3/ Malas

Pada dasarnya, penyakit manusia yang satu ini susah obatnya. Jika perasaan malas sudah datang di dalam hati, otak di kepala juga akan mengikutinya.

Ujungnya seseorang tidak akan fokus pada apa yang sedang dikerjakan, termasuk dalam mencari ide. Semua karena sebenarnya ia tidak punya niat atau semangat dalam melakukannya

4/ Terdistraksi

Bukan sebuah perkara yang mudah bagi seseorang melakukan sesuatu kalau pikirannya teralihkan oleh hal lain.

Coba saja bayangkan ketika sedang berusaha mencari ide, kemudian anak menangis karena berantem dengan saudaranya atau teman. Situasi dan kondisinya akan membuat pikiran menjadi buntu dan otak berhenti melakukan tugasnya mencari ide.

5/ Terlalu terpengaruh

Memiliki idola itu wajar. Namun, kalau sang idola terlalu dalam tertanam dalam jiwa kita, seringnya kita selalu berusaha mengikuti atau meniru apa yang dilakukan idola.

Misalkan saja, Anda seorang penggemar Neil Patel, sang pakar internet marketing. Ia menyarankan tentang mencari keyword berpencarian tinggi untuk digunakan sebagai bahan artikel agar mendatangkan banyak pembaca.

Namun, topik blog Anda adalah tentang resep makanan tradisional Minang. Kemudian Anda menggunakan Ubersuggest untuk mencari keyword tersebut. Bisa dibayangkan hasilnya?

Ketika hasil pencarian keyword muncul, ternyata pencarinya hanya 100 orang saja dan Anda membuang ide tersebut. Lalu, apakah Anda akan mempunya ide pada akhirnya?

Ide itu berasal dari akal dan pikiran manusia. Oleh karena itu, hambatan dan masalahnya, biasanya hadir dari diri manusia sendiri.

Jika memang mau terus lancar dan tidak pernah kehabisan ide, ada baiknya masalah-masalah di atas dipecahkan. Tujuannya agar pikiran tidak buntu dalam mencari ide.

Apakah Anda punya hal lain yang menghambat dalam usaha menemukan si ide? Bisa share di kolom komentar?

Leave a Comment