3 Halaman Terkait Hukum Yang Harus Ada di Sebuah Blog

3 Halaman Terkait Hukum Aturan Yang Harus Ada di Blog

Blog adalah sebuah situs di dunia maya yang oleh banyak orang dipandang tidak memiliki aturan. Sebenarnya, tidak demikian adanya. Meskipun terlihat seperti tidak ada batasnya, tetapi sebuah blog harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Oleh karena itu, sebuah blog harus memastikan setidaknya 3 halaman terkait hukum terpampang dan bisa ditemukan oleh pengunjung.

Ketiga halaman ini memastikan bahwa pembaca tahu akan hak dan kewajibannya saat menggunakan blog tersebut.

Ketiga halaman terkait hukum itu adalah

1/ Halaman Kebijakan Privasi (Privacy Policy)

Halaman ini diperlukan untuk memberitahu kepada pengunjung ada atau tidaknya pengumpulan informasi terkait informasi personal. Selain itu, laman ini juga harus menjelaskan

  • cara pengumpulan informasi tersebut
  • untuk apa informasi tersebut dikumpulkan

Di Eropa, peraturan terkait pengumpulan informasi personal ini harus menjelaskan cara, dimana, dan sampai berapa lama informasi itu akan disimpan

2/ Halaman Penyangkalan/ Keterbukaan (Disclaimer/Disclosure)

Laman ini memiliki dua fungsi tergantung mana yang dipergunakan

  • Penyangkalan/Disclaimer dipergunakan biasanya untuk melepaskan tanggungjawab terhadap apa yang dilakukan pembaca setelah membaca/menggunakan situs
  • Disclosure berkaitan dengan iklan affiliasi, dimana pengelola blog harus membuka informasi bahwa ia akan mendapatkan “keuntungan/profit” apabila pembaca mengklik sebuah link. Bisa juga apabila untuk sebuah artikel, pengelola blog akan menerima produk gratis

3/ Syarat & Kondisi Berlaku (Terms of Service)

Laman ini harus ada jika blog tersebut menjual produk. Isi dari laman ini menjelaskan persyaratan dan kondisi terkait transaksi yang mungkin terjadi.

Halaman ini untuk memastikan bahwa pembaca, yang juga calon pembeli, tahu mengenai batasan terkait produk, seperti batas komplain, pembayaran, dan sebagainya.

Meski terlihat tidak penting, tetapi karena keberadaan sebuah blog tidak pernah terlepas dari aturan hukum positif yang ada, sebaiknya 2 dari 3 halaman tentang hukum/aturan ini ada pada blog Anda.

Untuk bahan referensi dan penjelasan lebih detail, bisa lihat Three Legal Pages You Need On Your Blog and How To Make Them – WPkind.

Leave a Comment