Nyebur ke Dunia Mata Uang Crypto – Baru 5 Hari!

Sebenarnya tidak ada kaitan dengan blogging dan dunia tulis menulis. Cuma karena blog ini namanya Maniak Menulis, ya sekalian saja saya pakai untuk bercerita apa saja.

Termasuk hal kecil yang sedang saya jalani baru sejak 5 hari yang lalu.

Sebelumnya, tidak pernah terbayangkan bahwa saya mau bergelut di dunia Mata Uang Crypto (tahu kan bitcoin dan sejenisnya). Saya lebih suka melakukan hal-hal yang “nyata” dan jelas saja. Mata uang crypto tidak masuk dalam kategori tersebut.

Hanya saja, sejak 5 hari yang lalu, saya diseret tercebur ke dunia ini. Tidak seratus persen, tetapi tetap menyenggol masalah mata uang “dunia maya” ini.

Bermula dari email dari bos tempat bekerja yang isinya singkat, padat, dan “tidak jelas” hingga sempat disangka oleh kami pegawainya bahwa emailnya di-hack. Ia mengirimkan beberapa akun untuk mengakses sebuah game online bernama AXIE INFINITY.

Tidak biasanya ia mengirimkan email di luar hal terkait pekerjaan kantor. Hasilnya, semua rekan sekerja heboh dan sibuk membahas via WA Call (karena masih WFH).

Ternyata email tersebut bukan spam dan akun si bos tidak dihack.

Ia rupanya “ikut serta” dalam perusahaan milik temannya yang bergelut di bidang keuangan, terutama berkaitan dengan “Mata Uang Kripto”.

Email yang dikirimkannya berisi ID dan Password untuk bermain di game AXIE INFINITY tadi.

Nah, di game tersebut, seorang pemain, selain bisa bersenang-senang bermain dengan berbagai karakter lucu di sana, juga bisa mendapatkan penghasilan dalam bentuk mata uang dunia maya tadi.

Dengan menang sebanyak mungkin, seorang pemain bisa mengumpulkan SLP (Small Love Potion). Mata uang di game ini secara singkat bisa ditukarkan dengan US Dollar. Iyah, mata uang negara Paman Sam.

Penasaran akan kebenaran soal menghasilkan uang dengan bermain game online, saya berkelana di dunia maya dengan pemikiran agak negatif. Tidak terbayangkan sebelumnya ada pola mencari uang dengan cara itu, selain dalam lomba game.

Hasil pencarian saya ternyata membuat saya terkejut. Rupanya, apa yang dikirimkan si “Babeh”, sebutan kami untuknya, bukan isapan jempol.

Beberapa media terkenal di dunia, seperti CNBC, Business Insider dan Bloomberg sudah menceritakan bagaimana rakyat negara tetangga, Filipina, bisa berhasil melewati pandemi dengan mendapatkan penghasilan dari game ini.

Ini beritanya

Jadi, apa yang dilakukan si “Babeh” tadi bukan main-main dan dia memang memandang bahwa si Crypto ini merupakan sesuatu yang potensial sebagai bisnis di masa datang, seperti juga banyak orang lain di belahan dunia lain.

Pikiran saya mulai “berubah”. Saya akhirnya mendownload game tersebut di komputer tua (yang ternyata tidak bermasalah memainkannya). Kebetulan, saya diberikan dua akun, satu untuk sendiri, satu untuk si Kribo.

Apalagi, si “Babeh” itu berulangkali mengirimkan pesan WA, email dan bertanya apa saya sudah memainkannya. Ia meminta feedback , jadi mau tidak mau saya bermain begitu juga si Kribo.

Menyenangkan juga. Bisa berantem setiap hari dan berulang terus, memuaskan sifat ronin yang senang rusuh.

Selama itu pula saya berhasil mengumpulkan lumayan banyak mata uang Crypto. Belum banyak tetapi kalau menghitung dari nilai tukar dengan US Dollar, saya sudah mendapatkan 70 dollar selama hari bermain.

Semua milik saya? Bisakah ditukarkan dengan US Dollar?

Ternyata jawabannya datang semalam. Si Babeh menelpon langsung, padahal jarang-jarang dia menghubungi secara langsung.

Dan, khusus untuk berbicara tentang ” bukan kerjaan” kantor. Dia berbicara tentang si “permainan” tadi. Lebih lanjut lagi, ia meminta saya mencari 100-500 orang pemain perhari…

Bikin bengong dan kepala langsung pusing.

Pertanyaan yang ada belum terjawab, ada hal lain yang membutuhkan pemikiran.

Hasilnya, semalam saya sempatkan untuk bertanya beberapa hal terkait si “Game” tersebut, yaitu

  1. Siapa yang memodali karena untuk ikut bermain game AXIE INFINITY, seseorang harus membeli 3 karakter di “pasar” dan harganya tidak murah (satu karakter minimal 185-200 dollar Amerika Serikat)?
  2. Berapa besar yang didapatkan pemain?
  3. Bagaimana cara pemain mendapatkan uangnya?
  4. Kapan pemain bisa mendapatkan pembayaran?

Itu dua pertanyaan penting yang pasti akan ditanyakan siapapun yang akan diajak bergabung.

Jawabannya

  1. Mereka yang memodali : pemain yang bergabung akan diberi akun dengan password dan di dalamnya sudah ada isi 3 karakter yang disebut AXIE dan hanya perlu memainkannya
  2. Bagian pemain : sistem bagi hasil yang diterapkan dimana 50% untuk pemodal dan 50% untuk pemain, berapapun besarnya rasio akan sebesar itu
  3. Pembayaran : mereka katanya sudah memiliki sistem dan pemain bukan menerima pembayaran dalam mata uang kripto, tetapi akan ditransfer via bank di dunia nyata, dengan mata uang di Indonesia
  4. Waktu pembayaran : si Babeh menyebutkan sistemnya bisa diatur apakah perminggu atau perbulan

Saya yakin? Ya belum. Saya baru bermain 5 hari dan belum terbukti kalau “hasil kerja” akan dibayar. Masih ada keraguan tentang hal ini (karena mungkin saya belum memahami sistem kerjanya).

Namun, setelah dipertimbangkan beberapa hal di bawah ini, saya memutuskan untuk mencoba lebih jauh.

  • si Babeh bukan orang yang gemar beromongkosong dan membahas sesuatu yang dianggapnya tidak masuk akal
  • si Babeh mata duitan karena sebagai pebisnis dia memang terbiasa menangkap “peluang”, dan hasilnya adalah kantor tempat saya bekerja sekarang
  • saya tidak keluar modal (ehh ada sih, komputer dan internet pasti harus beli sendiri)
  • resiko sangat kecil karena saya tidak mengeluarkan sepeserpun, kalau gagal, saya hanya rugi waktu, listrik, dan tenaga saja untuk membayar kesenangan bermain game

Jadi, secara perhitungan, saya tidak mengalami kerugian finansial.

Sampai pembayaran diterima, saya memang masih akan tetap ragu, meski hasil penelitian dan juga diskusi dengan si Babeh sudah menghilangkan sebagian. Namun, karena resikonya kecil, jadi saya memutuskan untuk mencoba dan menjalani sebagai pemain game.

Berapa kira-kira penghasilan saya? Selama lima hari bermain saya sudah mendapatkan 467 SLP atau sekitar 70 dollar. Si Kribo kurang lebih mendapatkan jumlah yang sama karena gamenya tidak rumit dan sangat mirip Pokemon.

Berdasarkan perhitungan saya, setelah membaca literatur dan juga menjalaninya, seorang pemain paling tidak dalam sehari bisa mendapatkan 75 SLP atau 10,5 dollar Amerika per-hari. Yang kalau dibagi 2 dengan pemodal, berarti saya mendapatkan 5 dollar perhari dari bermain game tadi.

Ini untuk yang “malas” alias tidak punya waktu banyak, seperti saya.

Semua itu bisa diraih dengan waktu bermain 1-1 1/2 jam saja, tidak perlu seharian di depan komputer. Tidak perlu harus berjam-jam duduk.

Angka yang lumayan banget untuk sebuah kegiatan iseng.

Saya sudah mengajak beberapa kawan, begitu juga si Kribo untuk bergabung. Pasti banyak yang ragu dengan mata uang kripto.

Saya sendiri masih begitu, tetapi saya masih akan mengajak kawan-kawan lain untuk bergabung. Semua karena kalau dilihat dan diteliti, tidak ada kerugian finansial yang ditanggung si pemain.

Waktu, tenaga, dan listrik memang akan terbuang kalau ternyata tidak dibayar, tetapi perhitungan saya tidak begitu.

Sama halnya seperti ngeblog, saya sudah mendapatkan kesenangan. Di blog saya mendapatkan kesenangan lewat menulis, di game tersebut, saya sudah bersenang-senang dengan “memukuli” karakter lain dan memutar otak mengatur strategi.

Quite fun.

Jadi, buat saya tidak rugi sama sekali.

Nah, kalau ada Kawan MM yang mau bergabung ikut bermain game tersebut, dan siapa tahu bisa menghasilkan uang dari sana, silakan kirimkan email saja. Saya akan meminta si Babeh menyiapkan akun tersebut dan mengirimkannya kepada Kawan.

Gratis? Iya dong, tanpa biaya apapun.

Nah, kira-kira, itulah sekilas cerita keceburnya saya ke dunia mata uang Kripto. Baru 5 hari dan siapa tahu saja akan menjadi sebuah perjalanan panjang yang menyenangkan.

Siapa yang ingin ikut bergabung dalam perjalanan ini?

Leave a Comment