Menggunakan Sidebar Browser Mozilla Firefox Mempermudah Blogwalking

Selamat Malam Kawan MM!

Pernah merasa bahwa kita merasa begitu bodoh karena satu hal? Yah, terus terang, saya sedang merasakannya sejak seminggu yang lalu. Bego banget rasanya.

Bagaimana tidak merasa bodoh kalau sebenarnya pemecahannya ada di depan mata dan saya sudah tahu solusinya sudah tersedia, tetapi saya mengabaikannya begitu saja.

Cerita singkatnya, sejak beberapa minggu belakangan ini, saya sedang menambah frekuensi untuk aktif menjelajah internet dan melakukan blogwalking. Hal ini sudah saya ceritakan pada tulisan terdahulu Merambah Keluar Lingkaran Pertemanan, “Berkelana” Lagi.

Dalam pelaksanaannya saya kembali seperti jangkrik, atau belalang yang melompat-lompat dari satu blog ke blog yang lain. Angka website atau blog yang saya kunjungi dalam periode itu sudah melebihi angka 200-300 blog. Tentunya, belum semuanya saya berikan komentar, tetapi saya membaca banyak sekali selama itu.

Nah, yang masalah yang timbul adalah saya ingin agar blog atau website yang pernah saya kunjungi tidak terlupakan. Selama ini saya memakai Excel untuk membuat daftar website/blog yang pernah disambangi. Hasilnya adalah saya kerepotan harus memasukkan data nama-nama website tersebut ke dalam daftar yang sudah ada.

Jika, jumlahnya hanya 20-30, tidak repot sama sekali, tetapi karena saya begitu bersemangat, jumlah itu menanjak begitu cepat. Pekerjaan menambahkan data blog tersebut menjadi sesuatu yang lumayan memakan waktu.

Jeleknya lagi, ketika ingin berkunjung kembali ke salah satu blog tersebut, saya harus membuka file Excel tersebut dan mengklik nama blognya.

Repot banget.

Saya cukup menyadari ada fasilitas “bookmark” di sebuah browser. Namun, saya tidak begitu menyukainya karena isinya terlihat berantakan kalau jumlahnya banyak dan kurang cepat bisa diakses. Saya merasa seperti harus mengaduk-aduk sebuah blog, melihat isinya dulu baru ingat sebuah blog membahas tentang apa.

Disitulah kebodohan saya.

Saya melupakan beberapa fitur di browser Mozilla Firefox yang sebenarnya bisa memecahkan keruwetan itu sejak lama. Di peramban ini ada dua fitur yang mungkin jarang dipakai tetapi sebenarnya bisa sangat membantu untuk memecahkan masalah yang saya hadapi, yaitu

  • fitur “Manage Bookmarks
  • fitur “Bookmark Sidebar” atau “Bilah sisi untuk bookmarks

Ada loh.

Fitur yang pertama bisa mengatur dan mengkategori url-url blog atau website sesuai jenisnya. Saya bisa memberikan kategori misalkan, fotografi, blogging, blogwalking, lingkungan, dan sejenisnya.

Dengan begitu, saya sejak awal saya bisa memilah dan memilih blog-blog yang berkaitan dengan tema tertentu. Tidak perlu lagi harus membuka satu persatu blog/website sekedar untuk mengingatkan diri sendiri sebuah blog membahas tentang apa.

Ini saja sudah sangat membantu sekali dibandingkan harus memakai Excel.

Fitur ini kemudian dilengkapi dengan fitur lainnya, yaitu “bookmark sidebar“, yaitu bilah sisi berisi semua bookmark yang pernah saya lakukan. Pilihannya, sama seperti website pada umumnya, mau di kanan atau di kiri.

Sidebar ini bisa diaktifkan cukup dengan satu klik saja. Kalau saya kebetulan sedang tidak membutuhkan, saya bisa menghilangkannya dari layar dengan mengklik ikon sidebar saja dan si bilah sisi bersembunyi sampai saya memanggilnya lagi.

Ketika fitur ini diaktifkan, maka di sebelah kanan atau kiri akan ditampilkan semua blog yang pernah saya tandai. Kemudian, yang membuat lebih menyenangkan, semua kategori yang dibuat juga tampil di bilah sisi itu.

Menggunakan Sidebar Browser Mozilla Firefox Mempermudah Blogwalking

Masalah saya selesai dengan semudah itu. Namun, hal itu membuat saya merasa bodoh sekali karena hal itu sudah saya ketahui sejak lama, tetapi baru memanfaatkannya sekarang.

Bego banget deh!

Jadi, sekarang saya tidak lagi mencatatkan nama/url blog ke dalam Excel. Yang saya lakukan hanya membookmark semua blog/website yang pernah saya kunjungi, memasukkannya dalam kategori yang ada, dan catatan itu mudah sekali diakses.

Sekarang saya sudah memasukkan lebih dari 300 url/blog berbagai macam baik yang akan dipergunakan sebagai referensi atau untuk sekedar melakukan blogwalking.

Jumlah ini pasti akan bertambah banyak sekali karena sekarang saya tidak memilih blog yang ditandai. Semua blog yang pernah saya kunjungi akan ada dicatat sehingga saya tidak perlu repot mengingat nama atau menjelajah lagi. Saya cukup melirik ke daftar di sidebar untuk menemukan dan mencari. Kemudian, klik dan saya akan dibawa ke website tersebut.

O yah, kalau Kawan MM memakai browser Chrome, bilah sisi juga bisa dihadirkan kok. Cuma, caranya berbeda karena butuh extension atau aplikasi tambahan dulu. Saya sudah mempersiapkan sidebar juga untuk browser itu di komputer kesayangan.

Jadi, yah begitulah. Kali ini, saya jadi semakin sadar bahwa “seberapapun canggihnya sebuah teknologi, ia tidak akan berguna kalau pemakainya bego (seperti saya)“. Meski setidaknya saya sudah tidak bego lagi dan teknologi itu sudah termanfaatkan.

Meski tetap saja agak bete menyesali berapa banyak juga waktu yang terbuang selama ini karena saya abai pada hal-hal kecil seperti ini.

(Bogor, 25 April 2021 sambil menggerutu karena merasa bodoh sekali)

8 thoughts on “Menggunakan Sidebar Browser Mozilla Firefox Mempermudah Blogwalking”

  1. Bahahahha 😆😆😆😁
    Aku pun baru tahu kalau browser mozilla ada fitur kaya begini yah dari sini Pak Anton..

    Sebelumnya aku juga nyimpan via excel.. terus skrang jadi tak rilis halaman baru di blog yg isinya daftar teman2 blogger.. itu pun kadang kalau lupa sering ke dobel2 gtu namanya.. wkwk 😅

    Kalau ini, semisal dlu pernah di bookmarks terus beberapa bulan kedepan kedepan nggk sengaja ke bookmarks lagi kedobel juga nggk ya Pak??

    Reply
    • Nah kan… ternyata ada yang belum tahu.. hahahahaha

      Kalau sebuah laman sudah dibookmark, maka tanda bintangnya sudah ditandai (di browser saya biru). Jadi, kemungkinan satu laman ditandai dua kali tidak bisa.

      Cuma, itu berlaku satu laman yah Bayu.. Tapi kita bisa membookmark laman lain di website yang sama karena bookmark berlaku untuk satu laman (halaman saja). Jadi, supaya tidak salah, saya menandai homepagenya…

      Reply
  2. Oh ? Oh, faktor usia kali ya, yang bikin cepat lupa ? Atau mungkin karena banyak pikiran mikirin kerjaan ini itu yang belum selesai sehingga yang lainnya keteteran terus saat hendak dikerjakan justru kelupaan ini itu karena keburu – buru.

    Reply
  3. Kalau di chrome android bookmarknya sudah tersedia lengkap dgn foldernya jadi gada istilah instal2 lagi hihi

    Ada beberapa pengulangan kata mengaku bego, pliss jgn menghukum diri pak, haha

    Tapi beda dgn firefox lite android gada foldernya tapi gatau juga klo firefox beta yg sizenya lbh besar dari versi lite.

    Klo di blogger saya bookmarknya dgn cara di follow blognya, blog wordpress bisa juga di follow di blogger dan tampil di halaman “daftar bacaan”.

    Semangat pak blogwalkingnya, naikin lagi dari 300 jadi 1000 hihi 🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️

    Reply
    • Hahahaha.. tapi begitulah kenyataannya, saya merasa bego banget pas nemu solusinya semudah itu ternyata.

      Saya ga ngebookmark di ponsel soalnya ga kuat matanya berlama-lama di sana. Jadi, saya cuma butuh yang di desktop…

      Maaf yah saya sudah lepas dari blogspot dan malas pakai reading list lagi di sana.. (jarang nengok ke sana sekarang mah)..

      Reply
    • Untuk apa? Saya terus terang bukan mau follow blog, tetapi hanya sekedar mencatat saja sebenarnya agar kalau mau kelayapan, saya setidaknya sudah punya daftar “besar” yang bisa saya kunjungi. Tidak penting apakah mereka update blognya atau tidak.

      Jumlahnya juga nantinya lebih dari 1000-2000 an. Juga saya ga mau nambah aplikasi apapun di Firefox dan sidebar ini tidak ada tambahan apa-apa hanya mengaktifkan yang sudah ada saja…

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.