Ekonomi Indonesia Membaik? Menurut Pendapatan Adsense Saya, Begitulah Adanya

Selamat siang menjelang sore Kawan MM!

Apa kabarnya? Sehat-sehat saja kah? Semoga demikian adanya.

O ya, beberapa hari yang lalu, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan bahwa ekonomi Indonesia membaik sejak awal tahun 2021. Meski masih di masa pandemi, ternyata roda perekonomian di negara ini sudah mulai bergerak dengan lumayan cepat sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi bisa mendekati normal di tahun 2021 ini.

Banyak yang mencibir dan mengatakan bahwa apa yang dikatakannya “tidak benar” dan hanya omong kosong saja. Alasannya kehidupan masih terasa berat di sana-sini dan masih banyak anggota masyarakat yang mengalami kesulitan.

Yah, saya bukan seorang ekonom dan tidak bisa menjelaskan atau memberikan bantahan baik pro dan kontra.

Namun, kalau melihat pendapatan Adsense sendiri sejak awal tahun hingga akhir April 2021, saya berani mengatakan, memang ada perbaikan drastis dibandingkan tahun 2020.

Tidak percaya?

Ekonomi Indonesia membaik - Menurut Performa Adsense

Menurut statistik di dashboard Adsense, untuk bulan April 2021, nilai pendapatan saya sudah 111% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Bulan yang sama, April, tahun 2020 adalah 1-2 bulan awal Indonesia memasuki pandemi dan perekonomian mulai tumbang.

Pendapatan Adsense saya tahun kemarin pun merosot luar biasa. Sesuatu yang sangat dimaklumi karena semua terhentak dan terhantam bola ganas pandemi Covid-19.

Nah, tahun 2021, sepertinya situasinya sudah berubah. Tentunya, belum kembali ke titik “normal” sebelum masa pandemi, tetapi memang betul sekali terlihat ada pergerakan dan pertumbuhan.

Padahal, pada tahun 2020, saya memasang iklan Adsense pada setting maksimal. Semua jenis iklan dipasang. Sementara, pada tahun 2021 ini, iklan terpasang hanya 50% dari kapasitas. Tetapi, nilainya sudah dua kali lipat tahun sebelumnya.

Memang kesannya analisa asal-asalan, tetapi saya pikir sesuai dengan pandangan banyak pengamat bahwa perekonomian Indonesia memang sedang rebounce alias bergerak kembali.

Hal itu bukan berarti situasi sudah normal dan kehidupan tidak susah. Bagaimanapun, hantaman pageblug Covid-19 besar sekali pada semua aspek kehidupan dan dampaknya terhadap perekonomian luar biasa besarnya. Kerusakannya parah dimana-mana dan untuk mengembalikan semua kembali akan butuh waktu yang panjang.

Tidak serta merta semua kembali normal. Kehidupan masih susah, tetapi, roda yang tadinya macet dan kereta perekonomian yang tadinya mundur terus, sekarang sudah kembali bergerak maju kembali.

Masih lamban tetapi sudah tidak mundur.

Semoga saja tidak ada lagi goncangan yang dialami di masa datang. Dengan begitu perekonomian akan menggeliat kembali dan rakyat Indonesia bisa kembali berharap dan menata masa depannya.

Dan, dengan begitu saya juga bisa berharap bahwa penghasilan dari Adsense bisa kembali seperti sebelum masa pandemi, dan bahkan melebihinya.

Itu harapan saya kalau melihat statistik pendapatan Adsense saya yang tidak seberapa. Setidaknya harapan itu ada.

#staysafe #jangamudikduluyah

9 thoughts on “Ekonomi Indonesia Membaik? Menurut Pendapatan Adsense Saya, Begitulah Adanya”

  1. Alhamdulillah sehat2 saja cuma rada2 ngantuk sekalipun tidurnya sdh cukup hihi

    Kalau begitu ada benarnya berarti kalau pertumbuhan ekonomi mulai membaik terlihat dari Adsense bapak yg mulai bergerak 😅

    Tapi apakah ada hubungannya pak adsense dan ekonomi Indo, soalnya kan Adsense dari Amrik.. 😅

    Reply
    • Ahamdulillah sehat selalu ya suhu Ajay.. Kayaknya kebanyakan makan kolak tuh.

      Coba dilihat lagi ya suhu

      Blog saya berbahasa Indonesia, mayoritasnya. Kebetulan juga penghasil duitnya yang berbahasa Indonesia.

      -pengiklan orang/perusahaan Indonesia ==> kalau ekonomi Indonesia masih mengalami kemunduran mereka akan bertahan dan mengurangi belanja iklan. Ekonomi membaik, mereka berani mengeluarkan dana tuk beriklan

      – yang mengklik iklan ya orang Indonesia : mereka berani mengklik iklan, mayoritas karena memang “berniat” membeli dan itu bisa terjadi biasanya karena mereka merasa keuangan cukup stabil atau membaik.

      Biarpun Adsense merk dari Amrik sana, operasinya sering dilakukan secara lokal. Mereka hanya menyediakan fasilitas saja. Yang menggunakannya tetap orang lokal (mayoritas).

      Jadi, ya memang ada kaitan erat antara Adsense di sebuah negara dengan perekonomian di negara itu.

      Contoh saja, Nissan, Toyota, Hyundai, semua perusahaan milik asing, tetapi mereka tetap berperan dan terpengaruh oleh perekonomian negara dimana mereka beroperasi.

      Kira-kira begitu suhu Ajay

      Reply
  2. Aku pun… akhir2 ini merasa pendapatan Adsense mulai membaik. Btw, mau pamer sedikit ahh.. Bulan April ini baru aja cair setelah hhhmm berapa bulan ya 😁.. wkwkw, Ngepas banget pas Lebaran.

    Btw. Saya Jadi teringat dulu sewaktu Indo masuk pandemi.. Perusahaan tempat saya bekerja yg notabenenya masih baru banget.. harus jatuh bangun karena pandemi. Hingga ada momen dimana kita 2 bulan nggk produksi Pak Anton, sedangkan Hutang perusahaan sudah jatuh tempo… Ya Ampunn… 😱😭😢 jujur, smpe takut pas itu karena ada rumor pemberhentian gtu. Itu kerja berasa kaya cuma setor muka terus pulang.

    Tapi Alhamdulillah. Langkah itu nggk jadi diambil.. kita ambil langkah berhemat ini-itu.. hahaha 🤣

    Skrang, orderan udah masuk lagi. Ekspor udah mulai jalan lagi. Perlahan tapi pasti arahnya ke positif. Yah semoga situasinya semakin baik.. Amin 😇

    Reply
    • Wowww… selamaattt.. menyenangkan kan menerima hasil jerih payahnya.. Pas bener wat Lebaran.

      Iyah awal pandemi tahun 2020 itu memang berat sekali.. Jadi pasti lah kerasa tegangnya pada waktu itu kan. Perusahaan Bayu bukan satu satunya kok yang begitu. Banyak yang lain juga mengalami hal serupa..

      Sekarang memang sudah terasa agak membaik karena di luar negeri beberapa negara konsumen mulai bangkit juga.

      Yah, walau belum seratus persen pulih, tahun ini memaang kita bisa berharap situasi agak membaik. Asalkan semuanya mau patuh dan ga ngeyelan sendiri.. nanti malah kayak India..

      Aaaminn Bay.. semoga yah semua segera membaik..

      Tetap semangat dan selamat menikmati penghasilan tambahan dari Adsensenya yah.. hahahah

      Reply
  3. Mantaapp Pak Anton, bisa bagi THR ke keponakan. Hehehe 🤣

    Iya, nggak mudik ini Syifana. Hiks 😢

    Reply

Leave a Comment