Akhirnya, Menggunakan Medsos Untuk Promosi Blog (Lagi)

Selamat Sore Kawan MM!

Sudah lama sebenarnya saya tidak menggunakan medsos untuk promosi blog. Terakhir kali saya menggunakannya, saat masih bergabung dengan Google Plus, yang sekarang sudah almarhum.

Itupun kalau bisa disebut promosi karena untuk beberapa blog berbasis blogspot, setiap publish artikel, bisa secara otomatis posting itu muncul di halaman akun Google Plus. Blog berbasis WP jarang saya promosikan lewat platform besutan Google itu.

Itu saja promosi via medsos yang dilakukan.

Setelah itu, jarang sekali saya share link kemanapun.

Namun, sekarang, saya sedang mencoba lagi mempromosikan blog via medsos, terutama Facebook.

Blog mana yang saya promosikan? Si Maniak Potret.

Rupanya imbas dari migrasi dari Blogspot ke WordPress Self Hosted lumayan berakibat fatal. Perubahan URL membawa dampak yang lumayan berat, ditambah lagi, sudah lama juga blog tentang fotografi itu terbengkalai, tidak diupdate dengan posting baru.

Trafik yang tadinya lumayan, mencapai ratusan dalam sehari turun drastis dan hanya menyisakan beberapa gelintir. Sepertinya, blog itu dianggap sebagai blog baru oleh Google juga.

Pilihannya hanya dua, pertama menyuntik mati blog itu atau kedua menghidupkannya. Dan, saya memilih untuk menghidupkannya kembali. Sayang kalau ternak blog saya mati, rugi bandar jadinya.

Hanya saja, jalan yang harus ditempuh menjadi lumayan berat. Blog yang sedang sekarat harus dihidupkan dan kemudian dibuat gemuk lagi agar menarik di mata pengunjung. Bisa dikata saya mulai dari awal lagi.

(Pesan sponsor : hati-hati merubah URL karena perbedaan satu karakter saja bisa menyebabkan krusakan yang lumayan berat yah)

Cara yang saya tempuh

  • melakukan blogwalking : kebetulan pas dengan keinginan menambah relasi dengan ber-BW keluar lingkaran pertemanan yang sudah ada. Jadi, sekarang setiap ada kesempatan, saya akan masukkan URL si Maniak Potret ke dalam kolom yang disediakan
  • promosi via medsos : ini pun masih skala terbatas, meski sedang mempertimbangkan menggunakan Facebook Ads untuk mempercepat
  • menerbitkan lebih banyak posting : kuncinya tetap di sini karena tidak ada gunanya juga saya mempromosikan lewat manapun, tetapi isinya tetap begitu-begitu saja. Jadi, sekarang saya meluangkan waktu agak lebih banyakan untuk mengisi si saudara Maniak Menulis

Seberapa jauh saya melakukan promosi di medsos? Yah, sebenarnya bisa disebut sekadarnya saja. Yang terpenting adalah nama si Maniak Potret agak lebih banyakan dikit di dunia maya. Selain menyebarkan link ke komunitas blogger (cuma satu saja), saya juga membuat sebuah Fanpage.

Bagaimanapun, saya lumayan menyadari bahwa sulit mendapatkan pembaca tertarget dan loyal dari media sosial. Jadi, tidak terlalu banyak harapan digantungkan pada platform ini. Yang terpenting hanyalah agar namanya tersebar dan beredar.

Juga, kalau mau melakukannya promosi secara masif, butuh waktu yang banyak sekali, dan hal itu tidak saya punya.

Mungkin juga saya akan menggunakan Facebook Ads untuk membantu sampai tahap tertentu, meski saat ini sedang dipertimbangkan untung ruginya.

Bergabung dengan komunitas saling LIKE dan FOLLOW? Hmmm.. Ogah. Maaf , tidak ada keinginan untuk melakukannya.

Hasilnya? Belum tahu karena baru dimulai beberapa hari yang lalu. Kalau lihat grafik sih ada sedikit peningkatan, meski sifatnya, saya lumayan tahu, “sementara”. Jadi, bukan sesuatu yang harus dibanggakan.

Hanya saja, harus diakui, saya teringat kembali mengapa saya sebal dan keluar dari semua komunitas blogger di Facebook. Teringat juga mengapa saya berkeinginan punya forum seperti Kafe MM.

Kelakuan bloggernya banyak yang tidak peduli etika. Tapi, apa daya, mau tidak mau lah, saat ini saya perlu sedikit eksposur bagi blog itu. Setidaknya untuk share link satu dua kali seminggu. Kalau nanti roda si Maniak Potret sudah lumayan bergerak , saya akan keluar lagi.

Yang penting sekarang blog itu bisa bernafas sedikit dulu.

Bagaimana dengan Kawan MM? Ada yang masih menggunakan medsos untuk mempromosikan blognya?

3 thoughts on “Akhirnya, Menggunakan Medsos Untuk Promosi Blog (Lagi)”

  1. Saya juga sudah lama ngga promosi lewat sosial media. Terlalu malas untuk mengurusnya. Dulu kan kalo pakai Google Plus otomatis.

    Semoga blognya segera gemuk lagi, Pak, supaya bisa disembelih. Hari raya kurban masih beberapa bulan lagi. 🤣🤣🤣

    Reply
    • Hahahaha iyah.. dulu kita sharenya otomatis lewat Google Plus yah… ga ribet…

      Bener juga yah, siapa tahu saja bisa dijual itu blog dan dibelikan kambing wat kurban.. wkwkwkwkw Kalau itu blog langsung dipotong, yang dibagikan apanya yah? Kan ga ada dagingnya..

      Reply
  2. Masih mas, tiap ada postingan baru, aku pasti selalu post di IG yang connect ke FB :D. Tapi aku juga join Ama bbrp komunitas blogger di FB sih, jd sesekali aku pasti taro di situ juga. Cm pernah ada kalanya males utk promote di medsos, tapi mungkin Krn aku rutin BW, jadi tetep aja ada yg mampir ke tulisan itu :D.

    Buatku msh penting sih promote lewat medsos ini. Traffic nya msh LBH tinggi, drpd aku cuma sekedar BW Thok :D.

    Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.