Tulisan Yang Paling Berat Untuk Dinilai

Selamat Malam Kawan MM!

Masih sedikit terkait dengan selesainya kepercayaan yang diberikan oleh Eno, the Creameno sebagai juri pada CR Challenge #1, ada satu tulisan yang paling berat untuk dinilai.

Tulisan itu berjudul “2 Hal Sikap Yang Ingin Diperbaiki” karya Darrell.

Nih tulisan benar-benar merupakan tantangan paling berat dibandingkan tulisan yang lain.

Mau tahu kenapa?

Karena bloggernya bocah SD. Usianya, mungkin sekitar 10-11 tahun (dugaan saya). Saya mengetahuinya karena membaca “profile”nya di bawah tulisan.

Wow.

Keterangan pendeknya tentang siapa dirinya, secara otomatis menaikkan rasa kagum saya mengingat ia masih seorang bocah. Di saat orang-orang meninggalkan blog dan beralih ke media lain, dia justru memasukinya dan dalam usia yang sangat muda.

Bandingkan dengan saya sendiri yang baru menjadi blogger di usia 44 tahun.

Kekaguman itulah yang merupakan tantangan luar biasa berat untuk dihadapi dan dipecahkan. Hal itu sangat berpotensi membuat penilaian yang saya berikan tidak adil karena bias dengan rasa kagum di dalam hati.

Saya bisa saja memberikan nilai berdasarkan rasa kagum dan bukan tulisannya.

Berat sekali.

Butuh waktu menjauh dari jeda waktu yang ditetapkan dalam prosedur yang saya buat untuk penilaian, yaitu 3-5 menit. Butuh tambahan 10 menit lagi untuk membuang rasa kagum dan mengembalikan otak dan hati pada titik seimbang.

Sampai, akhirnya saya bisa mengabaikan fakta terkait usia bloggernya yang masih bocah dan bisa menilai dengan jernih dan memberikan penilaian yang seharusnya berdasarkan tulisan yang dibaca.

Tidak pernah diduga sebelumnya bahwa tantangan terberat justru datang dari seorang blogger cilik.

Selepas memberikan penilaian, saya hanya berharap bahwa ia tidak kecewa dan mau meneruskan belajar dan mengembangkan diri. Saat ini, saya pikir, ia adalah intan mentah yang butuh diasah terus menerus. Jika itu terjadi, sangat mungkin ia bisa menjadi “seorang” penulis/blogger yang melebihi nama ibunya, seorang blogger populer, Mamak Reyne Raea.

Saya berharap itu terjadi di masa datang.

Dan, mungkin saya berharap juga dan yakin bahwa kawan-kawan MM bersedia membantu dengan memberikan support dan bimbingan kepadanya.

Mau kan?

22 thoughts on “Tulisan Yang Paling Berat Untuk Dinilai”

  1. kaka Darrell cilik cilik cabe rawit, udah punya passion sama kayak Mamaknya, dan jarang juga ya pak anak seusia Darrell yang ngeblog, tapi kalau nulis cerita sepertinya banyak
    seperti yang dipajang di Gramedia, dengan judul “kecil kecil punya karya”, yang rata rata penulis cerpennya masih usia sekolah dasar.

    Anak seumuran Darrell udah bisa bikin deskripsi penulisan, udah bisa men-translate perasaan dia ke sebuah tulisan yang enak dibaca, ini keren parah

    Reply
    • Nah kan .. emang keren parah.

      O yah? Saya malah baru tahu ada buku-buku yang ditulis bocah sekolah dasar.. Maklum sudah lama tidak pergi ke Gramedia.

      Lewat media manapun bocah seusia mereka bisa menulis seperti itu adalah luar biasa.. Dan saya kagum. Bener kata Inun, Keren paraaahhh

      Reply
  2. Hahaha, aku jadi berfikir ingin menulis umurku baru 2 tahun di profil, tapi gak mempan ya Pak, hihi.

    Luar biasa Darrell, ibunya juga jago kalau gk salah poin Nyonya Rey selisih beberapa biji aja dari juara satu. 👍

    Reply
  3. Dulu sebelum saya ngeblog saya sempat kenal dengan seorang blogger SMP (karena dia orang terakhir yang minta di follow IG nya waktu dulu saya masih aktif2nya di Instagram lalu vakum, makanya inget 😂😁), dan karena tulisan2nya menarik meskipun masih bisa dikatakan sebagai seorang bocah juga (saya salah satu silent fansnya juga dulu). Lalu beberapa tahun kemudian, begitu saya ngeblog lagi, dia ternyata udah gede dan jadi blogger populer aja.

    Semoga dengan berlatih terus, rajin ngeblog dan rajin nulis. Skill Darell bisa ngalahin emaknya yah Mas. (Kayak judul FTV, Emakku Rivalku) 😁😅 atau setidaknya, bisa seperti Faisol Abrori dulu 😁

    Reply
    • Maksudnya (yang diawal kalimat), waktu saya masih rajin ngeblog sekitar tahun 2014 kenalnya sama Faisolnya , trus vakum, trus saya ngeblog lagi tahun kemarin 😂 (belibet banget komen saya yah) hahaha..

      Reply
    • Iya Mbak Rin, saya sih berharap banget Darrel bisa niru emaknya.. hahahaha.. Sangat mungkin kalau dia bisa, ia akan seperti si Faisol.

      btw anak Mbak Rini ga dilatih juga jadi blogger.. hahahaha bagus tuh kalau setiap blogger mengarahkan anaknya jadi blogger di masa datang..Faisol kulihat masih aktif loh…

      Padahal mah, saya sendiri kesusahan ngajak si Kribo jadi blogger.. wakakakaka

      Reply
      • Pernaaaah Mas, Si Kakak udah di bujuk-bujuk, pernah juga dulu saya pamer pamerin hadiah menang giveaway dari nulis cerita fiksi, tapi dianya mah pura pura gak denger, 😂 trus saya tanya kenapa gak mau, males katanya, enakan baca bukunya daripada nulisnya 😅

  4. bwaaaaaaa anak sulungnya kakak rey….keren banget ya Alloh aku langsung melunsyur ke blog nya si kakak huahhahahaha

    darrel keren banget kamu nak….

    tembul kalah nih huhuh

    blognya darrel juga clean ya..jadi pengen baca baca hihi

    ini oasti berkat bimbingan mami ni bisa sekece ini tulisannya 😍🥰🥰

    Reply
  5. Haloo Pak Anton..
    Waah, saya baru mengetahui tentang blog adik kita itu. Saya telah berkunjung ke blognya. Apakah ke depan, blog sudah mulai tren ke anak SD yaa, tidak hanya medsos IG atau tiktok

    Reply
    • Hola Kangg MasJoe.. Pekabar?

      Mudah-mudahan sih begitu, walaupun saya tidak yakin karena biasanya mereka lebih menyukai Tiktok yang lebih menarik dan kekinian.

      Tapi satu dua bocah seperti dia sudah merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk diketahui

      Reply
  6. Sama mas. Pas aku harus menilai tulisan Darrel, aku sempet stop dulu. Aku ga bisa menyamakan tulisan Darrel dengan tulisan peserta dewasa yg lain. Ga fair lah. Jadi aku ngebayangin sedang menjuri kompetisi tulisan anak2 . Lupakan dulu tulisan peserta yg lain. Makanya aku bilang ke mba Eno, penilaianku untuk Darrel, itu dr kacamata anak2. Kalo berbeda nilai, itu wajar, Krn aku ga samain tulisanny Ama tulisan yg udah jago2 :). Aku kan dr awal memang pake kriteria untuk menilai. Darrel tetep aku nilai based on kriteria itu, tapi ya tadi, dalam kacamata anak.

    Bakat Rey menulis, kliatannya akan turun ke Darrel :D. Anakku aja yg umur ga jauh beda, belum bisa menulis seperti itu :D.

    Semoga Darrel bakal tetep menulis. Biar tulisannya makin lama makin keasah

    Reply
    • Pasti Fan. Kupikir para juri juga pasti mengalami kesulitan dalam menilai karya si Darrel. Hahaha Kalau mereka baca profilenya.

      Yup, kupikir Mamak Rey sudah berhasil menurunkan kemampuannya kepada anaknya. Jangankan kamu, aku saja sampai sekarang belum berhasil sepenuhnya membuat si Kribo suka menulis.. hahahaha

      Reply
  7. Aku tuh pas baca-baca peserta CR Challenge jarang buka-buka about me nya, jadi beranggapan oh keknya kita semua memang di usia dewasa deh.. Yah selain udah kenal beberapa juga, jadi yowes lah.

    Eh ternyata ada seorang anak yang.. ah sudahlah, aku aja baru nulis blog yang beneran nulis g pake copas jaman lulus SMA. Nah ini anak masih SD!

    Walaupun aku bukan siapa-siapamu dek, aku ikutan bangga!

    Jangan-jangan dia nanti kayak penulis-penulis yang terkenal itu, Rintik Sendu. Pas SMA udah bikin buku, mantap!

    Ps: program 10 minutes reading challenge ku masih oke komandan! Kayaknya situ belum rujuk-rujuk ya sama buku? Oh satu lagi, aku jadi disomasi juga nih?

    (Lah baru sadar, kudunya uwe ngilang aja dulu bentar, napa main dimari)

    Reply
    • Mudah-mudahan ya Pit si Darrel bisa berhasil di masa depan.. Saya sih biasanya baca, apalagi pas kemaren..mau ga mau kudu baca..Hahaha

      Masih jauh perjalanan rujuk saya kayaknya.. hahahahaha… masih belum ada sinkronisasi dan harmonisasi..wakakakaka

      Soal somasi, bentar lagi ngumpulin recehan dulu wat bayar pengacara.. 🤣🤣🤣🤣

      Reply
  8. Aku baru sadar kalau Darrel itu blogger cilik karena tulisan ini. Waktu baca dulu aku kira ya orang dewasa juga dan pakai foto anaknya untuk dipasang di blog.

    Waktu aku kasih tau tulisan Darrel ke sodaraku, dia bilang: wih hebat ya masih anak-anak, kalah w sama anak-anak. xD

    Reply
    • Hahaha.. ada yah yang masang foto anaknya? ehh saya juga di akun facebook.. foto si Kribo ga diganti sampe belasan tahun.

      Iyah bakalan kelewat kalau nda baca profilenya dan kebetulan saja saya menemukan data itu.

      Ga lah, sodaramu ga kalah kok. Masing-masing orang punya kemampuan yang berbeda, si Darrell mungkin bidangnya di situ “menulis” sodaramu di bidang lain. Hidup kan bukan persaingan.. iya nggak?

      Reply
  9. Betul banget kong apa yang ente tuliskan diatas. Dan apa yang darrell tulis mungkin juga terinspirasi dari bakat emaknya yaitu nyonya Rey..😊😊

    Semoga keduanya bisa jadi orang yang sukses Amiin!!😊🙏🙏

    Oiya buat teman2 blogger termasuk dirimu kong doain buat nyonya Rey semoga beliau selalu diberikan kekuatan dalam menghadapi masalah yang sekarang lagi beliau alami…..Seperti apa masalahnya liat diFBnya saja kong ok..😊😊

    Udah yaa nggak bisa lama2 nih masih banyak urusan juga…😊🙏🙏

    Reply

Leave a Comment