3 Tips Awal Berforum di Kafe MM

Selamat Malam Kawan MM!

Ketika saya membuat Kafe MM, Forum Untuk Maniak Menulis, Membaca, dan Menonton, ada satu hal yang sudah disadari bakal menjadi sebuah hambatan.

Hal itu adalah fakta bahwa forum itu adalah dinosaurus, alias barang kuno. Perannya sudah banyak sekali digantikan oleh grup Facebook atau WA, bahkan medsos lainnya. Jadi, tidak akan mengherankan kalau banyak Kawan MM yang belum mengerti bagaimana caranya berforum ria, termasuk di Kafe MM.

Sebagai orang yang kenyang bermain di banyak forum, saya hendak berbagi sedikit saja 3 tips sederhana bagi yang baru memulai.

Silakan lihat di bawah ini.

1> Lihat sub-forum mana yang menarik minat dan/atau menguntungkan

Yap, berpikir egois tidak ada salahnya kok dalam hal ini. Kalau memang tidak menarik dan tidak membawa keuntungan, kenapa harus ikutan? Iya nggak sih?

Nah, ambil saja dulu yang “menguntungkan” sebagai langkah awal.

Di Kafe MM ada dua ruang, yaitu Teras MM dan Ruang Intip yang bisa menghasilkan keuntungan bagi seorang blogger.

Teras MM adalah ruang untuk memperkenalkan diri bagi seorang member Kafe MM. Di sana juga diperkenankan memasang link ke blog sendiri.

Jadi, kenapa tidak promosikan blog Kawan MM di sana. Oleh karena itu, pesan saya adalah buat posting di sana semenarik mungkin. Kemudian, sisipkan link ke blog Kawan. Tambahkan lagi dengan berbagai akun media sosial yang dimiliki.

Ruang Intip juga bisa dimanfaatkan untuk itu. Seminggu sekali, seorang blogger bisa mempromosikan tulisannya di ruang ini, beserta dengan linknya.

Manfaatkan!

Sekarang memang baru mulai dan belum ramai dan belum dapat member yang banya, tetapi sebuah forum akan berkembang seiring dengan waktu (apalagi saya pasti akan mempromosikan forum ini). Lihat potensi ke depan untuk blog Kawan. Pengunjung baru biasanya akan melihat-lihat dulu dan sangat mungkin pada akhirnya akan sampai ke blog Kawan.

Buat tulisan bersifat sneakpeak agar menarik dan pasang link di tempat yang tepat agar tidak luput.

Itulah mengapa saya sarankan, sebagai langkah awal, berpikirlah egois dan dahulukan kepentingan diri sendiri. Pergunakan kedua ruang ini yang bisa mendatangkan keuntungan bagi blog yang Kawan kelola.

Setidaknya akan ada backlink atau tautan balik yang mengarah ke blog sendiri.

2> Ajukan pertanyaan

Untuk menyesuaikan diri dengan forum, jika belum terbiasa, tetapi ingin punya thread sendiri, tidak susah kok.

Ajukan saja sebuah pertanyaan!

Pada awal seperti sekarang, si adminnya mau tidak mau akan berusaha merespon karena dia bertujuan agar forumnya ramai. Ia akan berusaha menjelaskan.

Member berikutnya cenderung akan masuk ke thread (trit) yang sudah ada dulu sebelum memulai thread sendiri.

Tidak perlu berpikir rumit. Sama juga seperti saat nongkrong, pembicaraan seru kadang bermula dari sebuah pertanyaan.

3> Jangan berpikir rumit

Forum bukan blog. Sifatnya lebih mirip grup di Facebook, yang tentunya tidak asing bagi masyarakat di zaman sekarang.

Tidak perlu tulisan 1000 kata untuk bisa berforum. Kalimat pendek dengan 10-20 kata saja juga sudah bisa dan kalau pemakaian katanya tepat bisa mengusik jawaban panjang lebar dari peserta lain.

Apalagi di Kafe MM ada ruang untuk sekedar ngobrol dan bercanda.

Silakan bercanda saja di sana dan coba bergaul dengan member yang lain.

Tidak perlu menjadi teoretis dan berpikir berat. Anggap saja sedang nongkrong di pos ronda bersama tetangga.

Itu3 tips awal kalau mau berforum, terutama di Kafe MM yang memang disediakan untuk ruang nongkrong dan bersenda gurau bersama sesama blogger.

Nanti, kalau sudah terbiasa, dan membernya sudah banyak, saya akan berikan tips lagi agar bisa dipergunakan untuk personal branding atau promosi.

Selamat berforum.

4 thoughts on “3 Tips Awal Berforum di Kafe MM”

  1. dear, nara sumber yang baik hati .

    saya mohon tolonglah buatkan forum kontak form seperti punyanya creameno dimana saya bisa bertanya apa saja yang ingin saya tanyakan tanpa harus pertanyaan saya dibaca ataupun dijawab orang lain terpelas dari tidak masuknya saya di grub member kopi MM ini. terima kasih.

    assallammualaikum.

    Reply
    • Tari,

      Kalau mengenai blogging atau fotografi saya bisa membantu. Tidak perlu ada kolom contact sebenarnya karena saya sudah memberikan alamat email dan mengirimkannya ke Tari. Jadi, silakan dipakai karena itu lebih mudah.

      Jadi, apa yang Tari mau tanyakan silakan kirim email saja karena kan tidak perlu lewat kolom komentar. Jadi tidak akan dipublikasikan.

      Silakan kirim email ya Tari..Silakan mau bertanya apa.

      Lagi pula, Mbak Eno pasti jauh lebih mampu dari saya memberikan jawaban kepada Tari dalam banyak hal.

      Reply
  2. mohon bantuannya ya teman semua yang baik hati dan budiman. saya tidak bisa masuk sama sekali lho di grub kopi MM katanya dibantu tapi kalau dibantunya tidak step by step juga saya merasa kesulitan. saya berkata seperti ini, bukan ingin marah – marah tidak, cuma saya menegaskan bahwa kemampuan seseorang itu tidaklah sama ada yang dikasih topik 5 sekali langsung jebret bisa namun saya tidak, tapi meskipun demikian saya bersyukur atas apa yang tuhan beri pada saya. terima kasih.

    Reply
    • Baiklah Tari..

      Bagaimana cara saya harus bantu step by step nya? Saya bersedia membantu step by step, nah sekarang Tari mau mulai dari mana?

      Silakan email saya karena saya sudah mengirimkan email agar bisa memandu Tari step by step. Kalau boleh minta tolong, tolong emailnya dibalas apakah Tari sudah mencoba lagi sesuai yang saya jelaskan lewat email.

      Cuma saya bingung kenapa Tari masih tidak bisa, jadi saya butuh bantuan Tari untuk bantu saya juga dengan menjelaskan errornya seperti apa. Apakah masih tidak bisa login, padahal data Tari sudah terdaftar.

      Kalau begitu, saya akan hapus dulu data Tari dan saya akan pandu Tari untuk bisa login ulang. Sebenarnya panduan terperincinya sudah dituliskan, tetapi saya bersedia kok memandu Tari agar bisa login.

      Boleh Tari jawab lewat email atau kolom komentar ini.

      Terimakasih atas masukannya ya

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.