[ISENG] Bisa Bantu Jawab Pertanyaan Ini?

Selamat Malam Kawan MM?

Kebetulan kepala masih ruwet ngurusin stock opname yang datanya kok tidak klop-klop, jadi nafsu menulis di blog masih terbendung. Untungnya ada satu pertanyaan tersisa dari tahun 2020 yang lalu yang belum terjawab dan kebetulan saya pasti tidak bisa menjawab itu. Sebuah keingintahuan saja.

Mungkin Kawan MM bisa bantu memberikan jawaban atau pandangan?

Pertanyaannya : Kalau mendengar kata Blog MM atau Blog Maniak Menulis, kesan apa yang timbul di kepala kawan?

Nah, siapa tahu Kawan MM bisa bantu memberikan jawaban. Silakan berikan pandangannya di kolom komentar. Silakan secara terbuka saja di kolom komentar seperti biasa tidak akan ada yang disimpan dan hanya melalui proses moderasi seperti biasa saja.

Untuk 2 (dua) pandangan yang paling menarik, saya menyediakan @ Rp. 100.000.- yang silakan dipilih untuk ditransfer dalam bentuk uang atau pulsa, sesuai keinginan.

Kalau ternyata semua menarik dan saya gagal mengambil kesimpulan, saya pakai cara lama, diundi gaya arisan dan 2 nama yang keluar akan terpilih sebagai penerima.

Kira-kira ada yang mau bantu memberikan pandangan? Bebas yah, mau yang jelek atau bagus tidak akan diedit dan akan diterbitkan apa adanya, kecuali yang tentunya dianggap spammer.

Batas waktu sampai tanggal 17 Januari 2021 jam 24.00 (:-P)

Ditunggu!

(Tambahan 10/01/2021 : komentar Kawan akan tetap dibalas pada akhirnya. Untuk sementara ini dibiarkan tidak dibalas dulu)

28 thoughts on “[ISENG] Bisa Bantu Jawab Pertanyaan Ini?”

  1. Nyentrik. Blog MM lewat isinya banyak sekali membagikan tips-tips blogging yang nyentrik, yang lain dari yang ada di pasaran, yang dituliskan berdasarkan fakta dan pengalaman pribadi beserta data-data aktual bukan hanya berlandaskan “katanya”.
    Nyetrik. Karena blog MM sering menyentil pembaca lewat tulisannya.
    Nyentrik. Karena sang admin blog bisa berubah menjadi ronin 😁

    Nyentrik di sini artinya unik nan aneh ðŸĪ­

    Itulah kesanku kalau mendengar blog MM. Blog MM ini salah satu blog tempatku belajar ilmu blogging yang cara penyampaiannya aku suka sekaliii. Bukan gombal tapi beneran hahahaha

  2. Haha kesan yang timbul:
    1. Adminnya suka (maniak) menulis, saking maniaknya sampai punya sekitar 13 blog.
    2. Khusus Di Blog ini sepertinya adminnya seorang kritisi yang suka mengkritik apapun.
    3. Hasil tulisan kritisnya terukur dan rata2 80% pandangannya masuk akal, tapi saya mengukur itu hanya berdasarkan baru membaca sekitar 6 posting saja sejak kenal blog ini, hihi..
    4. Hanya itu ðŸĪĢ🙏🙏

  3. Entahlah, bingung saya untuk mengatakan kesan apa yang timbul bila mendengar blog MM, mungkin serius, nyeleneh, kritis atau mungkin humoris atau atau yang lainnya saking bingungnya untuk mengatakannya.

  4. Kalau boleh mengutip kata-kata Kak Feni Rose, blognya Mas Anton yang satu ini “tajam, setajam S*let”! Pembahasannya itu mengupas dalam sampai ke oyot-oyotnya (kalau kata orang Jawa). Saya lihat prinsip ini terutama ketika Mas Anton membagikan tips-tips seputar produktivitas (teknik Pomodoro) dan tips ngeblog setiap hari yang… duh duh duh, itu diulasnya sampai ke detil-detil terkecil? Saya nggak tahu sih ya sama pembaca-pembaca lainnya, tapi saya tersentuh gitu lo. Padahal ya kalau dijawab secara garis besarnya saja sudah bisa, dan mungkin sudah memuaskan hati pembaca, tapi daripada memilih jalan yang gampang ini kok ya justru sebaliknya. Boleh dibilang blog MM ini memikirkan pembacanya ketika menulis, dan sebagai salah satu pembacanya, saya jadi merasa dekat dengan apa yang dibahas di sini. Oke, that wrapped my impression of your blog, Mas 😀 “Tajam, setajam S*let!” hehehehe.

  5. Kesan saya pertama kali kenal blog MM ituuuu KEREN! 😂

    Dari awal, dari jaman belum migrasi, saya sudah suka topik-topik yang dibahas blog MM. Karena saya ini nggak punya basic knowledge soal dunia kepenulisan, dan dari blog MM jujur saya belajar banyak bahkan terinfluence untuk be better dalam mengelola blog saya hohohoho 😍

    Pokoknya syuka apapun bahasan mas Anton di MM ~ karena sukses menambah insight saya, and on top of that, bahasanya yang ringan membuat saya lebih mudah paham hehehehe 😆 Thank you, mas!

  6. Blog yang mengajarkan saya bahwa ngeblog itu gak perlu kaku dan kesuksesan ngeblog itu tergantung pada seberapa maniak kita menulis di blog.

  7. Saya pertama kali mengenal blog MM atau maniak menulis itu ketika saya sedang butuh semangat dalam hal menulis di blog. Saya lupa apa namablognya tapi di blog itu saya membaca akan ulasan blog MM dan tahu rencana pak Anton menelurkan 1000 artikel di tiga blog yang berbeda sampai ahir tahun (saya lupa waktu itu tahun berapa dan ini juga kalo tidak salah ya).

    Setelahnya saya pun jadi penasaran akan blog MM dan membaca tulisan tulisannya mulai dari yang paling awal. Blog umumsekali pun juga saya baca pada saat itu.

    Semakin saya baca semakin takjub saya dibuatnya ketika tahu akan rajinnya pak Anton dalam hal menulis blog blog itu dan hampir setiap hari ada tulisan baru, bahkan bisa 10 tulisan hadir dalam satu hari.

    Itu keren banget sih.

    Karena mengetahui hal itu saya pun jadi makin semangat dan itu yang membuat saya di tahun 2019 lalu menelurkan banyak sekali tulisan dibanding tahun tahun sebelumnya.

    Itu memang berkat saya, namun semangat itu ada setelah melihattulisan di blog MM ini dan umumsekali juga. Saya pun walau sekarang udah jarang nulis di blog sendiri masih sering mampir ke blog ini untuk membaca tulisannya dan tentu saja mengaktifkan mode jelangkung hehehe.

  8. #Membaca reply satu persatu sambil makan pop corn di pojokan

    Oh begitu, ya..betul..betul.

    Mohon maaf. Yang saya pikirkan semuanya sudah diwakili teman-teman diatas,mas hahaha…

  9. Apa Yang Ada Dibenak Saya Kalau Mendengar Kata Blog MM atau Blog Maniak Menulis.ðŸ˜ģðŸ˜ģ

    1. Adminnya sudah Engkong2..ðŸĨī ðŸĪŠ Berbeda dengan saya yang baru 17+

    2. Kata tetangga sebelah Admin blog MM rajin BW, Tetapi cuma ngintip doang tanpa komentar alias jombie… Dan kata tetangga sebelah yang lainnya Admin blog MM orangnya nggak mau kenal sama blogger2 lainnya.ðŸĨī ðŸĪ­ ðŸĪ­

    🏃🏃🏃🏃🏃🏃ðŸ’ĻðŸ’ĻðŸ’Ļ

  10. hmmm kalau bagi saya MM ini blog yang kini amat jarang saya temukan Pak
    jujur biasanya saya ketemu blog personal engga begitu kritis
    kalau pun ada hanya beberapa yang benar benar kritis
    tapi kritisnya bagi saya penting
    dan yang saya suka, penyampaian masalah engga bertele-tele
    to the poin dan langsung tepat sasaran
    meski kadang ya pas juga dengan pikiran saya
    yang mau saya tulis eh sudah ada di MM ini
    semoga MM ini tetap pada jalur seperti ini
    oh ya, adminnhya kalau BW juga hakjleb
    tapi hakjlebnya saya suka
    membangun dan saya dapat insight baru hehe

    eh saya juga pernah garap tentang stock opname pak pas ngerjain BOS dulu
    asli emang bikin pusing

  11. Suara kamu bagus, cuma harus ditingkatkan teknik bernyanyinya.
    coba lagi tahun depan.

    Just kidding.
    Baru pertama kali kesini, jadi belum ada gambaran apapun. dipanggil sobat MM diawal aja bingung tadi, kapan saya nyelesaiin Magister Manajemen kok udah dipanggil MM. Baru tau kalau itu Maniak Menulis.
    Ampuni hamba tuanku.

    At least, kalau Maniaknya sih saya percaya. Langsung komen di 3 post blog saya dalam 1 waktu. Gimana nggak maniak lagi.

    Salam kenal om,
    semoga ketemu jawaban yang selama ini dicari 🙂

  12. Haloo Pak Anton, apa kabar?

    Jadi, kesan saya terhadap pemilik blog ini adalah, kritis. Beberapa kali tulisan saya dikomentari dengan pendapat yg kontra oleh Pak Anton. Seolah-olah apa yang saya tuliskan selalu salah hahaa.

    Kesan kedua adalah, sombong. Saya beberapa kali komen, tapi kok ga ada komen balik. Dulu saya sering berpikir gitu. Tapi, saya selalu berbaik sangka, mungkin Pak Anton sibuk jika harus membalas balik komen orang-orang.

    Kesan ketiga, blog ini sangat edukatif. Walopun poin pertama dan kedua adalah nyebelin bagi saya, tulisan-tulisan pak Anton banyak yg bermanfaat terutama bagi blogger pemula. Gimana cara ningkatin view, gimana ini, gimana itu, dsb.

    Oh yaa, untuk poin kedua, saya baru faham beberapa hari yang lalu dari tulisan Pak Anton. Sebenarnya tidak ada “kewajiban” bagi kita untuk komen balik ke blog orang yg telah komen ke blog kita. Saya juga jadi sepakat dengan hal ini. Kalo saya komen, krn memang pengen komen. Krn memang tulisannya menarik dan bisa dipahami.
    Kadang ada blog yg isinya tak dipahami, jadi bingung jg mau komen apa. Ke depan nya isi dari tulisan pak Anton akan saya terapkan. Jadi tidak semua blog akan saya komen balik, hiiihi.

    Terakhir, walaupun saya jarang komen. Saya masih rajin baca-baca tulisan pak Anton di blog ini.. Yaak, saya malas untuk komen karena nanti tidak ada kunjungan balik (sebagai blogger pemula, berpikir pragmatis seperti ini tidak masalah, kan?) 😀
    *walopun mungkin belio berkunjung balik, tapi tidak komen

  13. Pertama kali berjunjung ke blog MM ini aku suka karena sering out of the box dan ngasih tips tipsnya perblogan yang suka lain daripada yang lain..

    Ternyata selain isinya ‘beda,’ orangnya juga berbeda. kadang memiliki seribu wajah, mudah akrab dan nggak sungkan untuk berselancar mencari para blogger yang masuk kualifikasinya.

    Kadang blog ini menjadi acuan juga kalau saya sedang galau tentang perblogan, kayak barusan saya mampir di postingan blognya yang meminta blog untuk menulis tiap hari. Wawasan yang luas dan penyampaian yang tidak menggurui membuat saya manggut-manggut dan mengiyakan.

    Menjadi berbeda itu sulit, dan mas anton sudah mewujudkan hal itu. Keren-keren-keren-keren

  14. Aku awalnya tau adminnya sebelum tau Maniak Menulis. Tau dr komen2 Pak Anton yg berseliweran di blog temen2 yg lain, dr situ aku ngerasa, ini orang ‘kritis dan berani’ yaa.. Misal saat komentarin klo Mba rey hrsnya lbh meningkatkan skill foto sbgai content creator, atau kritik2 lain ke para blogger.
    Sempet diulas Mas Satria juga, aku shock ternyata Pak Anton ini master bgd di dunia blogging, sempet aku baca klo ga salah di salah satu postingan, skrng 13 blog yg sblm 3 kali lipatnya 😆😆

    Aku jd sering mampir k sini, buat baca2 tips nge blog. Isi maniak menulis itu kata aku ‘gamblang’ dan terang2an. Pernh waktu itu yg bahas SEO, tp itu ga ada artinya klo males posting 😂😂 dan banyak lg yg bermanfaat n kerasa menampar bolak balik blogger cupu kaya aku.
    Tp aku ga pernh komen, karena takut ntr klo di kunbal (ke ge-er an ðŸĪĢðŸĪĢ) Pak Anton pas liat blog aku lngsng miris betapa lemotnya, atau ga user friendly, atau isinya yg ga seberapa 😅 Eh pas baca postingan tntng ga ada kewajiban tntng kunbal n komen balik, aku lngsng mengamini itu.. Memang kadang klo isinya ga sesuai, blm tntu bs bikin orng tertarik buat komen. Atau klo dlm hal aku, aku ga mau terlihat klo sering bolak balik baca blog ini krna isinya yg menarik n mendidik blogger awam kaya aku ðŸĪĢðŸĪĢ

    Udah ah gt aja.. semoga Pak Anton berkenan n ga dianggap kepanjangan. Hehehe..

  15. Aku ikutan tapi kayaknya jawabanku adalah jawaban dari pembaca pemula karena baru-baru ini ngikutin blognya MM,
    soalnya tadinya bingung mau ngikutin blog yg mana, soalnya empunya satu blognya banyaaak.. tapi akhirnya mau ngikutin yang ini aja,soalnya kyknya paling sering diupdate.

    Menurut pandangan newbie, maniakmenulis adalah blognya bapak-bapak yg tulisannya sangat menunjukan kedewasaan, kematangan berfikir dari banyaknya pengalaman hidup. Sesuatu yang sangat sederhana tapi bisa ditulis dengan cukup dalam dan ngasih insight yang “eh.. iya juga ya”

    Awalnya, aku ga suka sama pak Anton, komennya nyebelin, hahahaha… tapi belakangan, makin dibaca kok ada aja benernya,
    trus yang tadinya ga mau didebat sama pak Anton, sekarang… sama, tetep ga mau didebat, hahaha.. tapi diskusi mah boleh banget, aku jadi suka malah.

    So, after seth Godin, kyknya blogger lokal yg mesti kuperhatikan dan bisa jadi teladan adalah blog ini.

    btw, nanti kalo semua komen udah dibaca, share jg pak apakah feedback dari pembacanya sudah sesuai sama tujuan awal pak Anton membuat maniakmenulis.com ini

    sementara itu,
    terima kasih pak karena selalu semangat dan konsisten blogging
    salute!

  16. Kalo denger nama maniak menulis yaaa? Ini ada 2 versi, sebelum aku tau gimana orang dibelakang layar blog maniak menulis, dan sesudah aku tau yaaa 😀

    Pas pertama kali denger nama blog ini, yg lgs kebersit udah pasti, “gila niih, pasti ownernya sukaaa banget, tergila2 Ama menulis, pake nama maniak soalnya”. Trus aku sempet baca komen2 nya di blog temen2 juga di blog ini, bbrp ada yg lucu, tapi ada juga yg kaku, juga tajam :D. Mikirnya agak galak jangan2 hahahaha. Tapi aku ttp komen laaah, sesuai tulisan aja :D.

    Lama2 setelah tau siapa di balik blog MM, tiap kali denger yg ada langsung respect :D. Respek karena banyak komen2 mas Anton yg aku suka trutama kalo sedang serius kasih nasehat. Dan isinya mutu, bukan asal2an :).

    Apalagi pas tau megang banyak blog, dan lumayan diseriusin. Ga sia2 lah menyandang nama MANIAK MENULIS 😀

  17. Saya sebenarnya belum lama mengenal Pak Anton, dan tidak rutin berkunjung ke blognya yang banyak sekali. Tapi saya sudah beberapa kali berkunjung ke blog MM.

    Dari kunjungan-kunjungan itu, yang saya dapat simpulkan dari blog ini akan saya sampaikan dalam satu kata saja: makjleb.

    Sebagai tambahan, makjleb itu maksudnya bahwa untuk beberapa tulisan yang saya baca, saran atau pandangannya mengena tepat di sasaran. Yah, mungkin itu suatu kebetulan saja karena saya juga memikirkan hal atau memiliki pendapat yang sama, tapi ya tetap makjleb.

    Sehat selalu Pak Anton.

  18. Maniak menulis? Tempat pelarian kalau lagi jenuh dengan teori blogging yang kebanyakan teori, hahahaha.
    Maniak menulis itu, semacam ayah yang mempuk-puk pundak para blogger yang lelah, memberinya semangat, bahwa blogging itu fun, yang perlu kita lakukan hanyalah menulis dan menulis.
    Yang lainnya mah, menyesuaikan saja.

    Ituuuu saya banget!

    Karenanya, saya sering intip tulisan di sini, hampir tiap hari, dan suka ubek-ubek tulisan lama, yang kesemuanya memang masuk akal, menyeimbangkan, nggak melulu kudu begini begitu, sampai ngeblog jadi terasa kek mau ujian negara hahahaha

    Dan iyes, Maniak Menulis memang beda sih, rasanya saya belom pernah menemukan ada blog yang isinya se nyentrik tulisan di sini, di mana semua orang bilang A, eh di sini bilang Z, wakakakakak

    Udah ah, nanti dikemplang.

    Kaboooorrrrr lagi 😀

  19. ku cuma numpang komen sajoooo dikiiiit

    ownernya itu ciri khasnya sukanya kongkow bareng blogger ciwi ciwi smart yang elegant…kalau sama blogger macam mbul yang nyleneh ogah kayaknya hahhahahaha paling jelangkungan atau malah ga hahah

    dah giveawaynya buat komen yang bagus bagus aja buat teman teman di atas..ku cuman numpang opini doang wkwkwk

    #kabooor

  20. Makanya mbak mbul harus bikin artikel yang kritis dan smart dong seperti dampak buruk sesuatu atau masalah sosial seperti kemiskinan yang penting bagi masyarakat dong, jangan artikel ngga jelas kayak saya.ðŸĪĢ

  21. Apa ya yanga ada di benakku kalo dengar maniak menulis? ðŸĪ”

    Kalo yang dipikiranku ya orang yang hobi menulis, kan namanya maniak bahkan saking hobinya jadi peternak blog. 😄

    Semua hal tentang ngeblog ada, cara menulis yang baik, cara mengatur agar bisa konsisten menulis dan lainnya.

    Cuma satu kekurangannya yaitu…

    Tidak ada cerpennya.ðŸĪĢ

  22. Kalo dikepala saya, yang muncul duluan itu langsung wajah Mas Anton. Soalnya pas main ke blog Mas Anton yang masih blogspot, saya melewati blogger profile Mas Anton lengkap dengan fotonya.

    Tapi kalo sekarang-sekarang ini, main ke blog MM yang terbayang dikepala saya adalah blog QNA, atau blog tanya jawab. Karena saya liatnya, Mas Anton cukup rajin ngambil komen untuk dijawab pada postingannya. Itu cara keren yang ingin saya ulik.

  23. Ikut meramaikan aaah XD

    Mumpung ditanya saya jawab sejujurnya aja: yang jaga kandang galak, macam bapak guru killer di sekolahan dulu, tapi herannya jadi favorit juga karena ilmu yang diajarkan tuh sangat bermanfaat 😜 bapak guru killer kan gitu yaa, kalau pas ngajar memang galak dan tega, tapi kalau diajak ngobrol ya santai juga kok. Begitulah dengan isi Maniak Menulis hahaha

    Meski saya nggak sering berkomentar di setiap postingan, tapi saya nyimak tulisannya Mas Anton, terlebih kalau yang dibahas adalah sesuatu yang ingin saya tahu lebih banyak. Wejangan yang paling saya ingat dari blog MM ini adalah tentang menulis sebebas dan sesering mungkin tanpa menghiraukan seberapa banyak pembaca/komentar yang kita dapatkan. Dengan begitu produktivitas menulis lebih meningkat 😀

    Yaaa begitulah kira-kira kesan saya pribadi tentang blog Maniak Menulis. Saya nggak kapok sih kalau kena “omel” lagi, lumayan omelannya berisi ilmu wkwkwk

  24. Blog MM itu blog pertama yang saya buka saat blogwalking, soalnya ada di beranda chrome, jadinya cuma sekali klik langsung nyampe. Tapi tentunya blog MM bisa ada di beranda karena sering dikunjungi. Benar2 seperti lingkaran maut, wkwk.

    Sebenarnya, saya ngga tahu mau komentar aja. Sudah berapa minggu saya ngga ngeblog. Tetiban hari ini mau berkunjung dan sampai sini.

    Pagi ini masih hujan. Volume air terus meninggi, hiks. Mohon doanya agar banjir di sini cepat surut.

    • Waduh Nisa…. ikut berdoa semoga banjirnya cepat surut yah. Saya tidak bisa terbayang kalau banjirnya seperti ayng ada di foto. Serem banget…

      Iyah nih, kita dulu sering saling bolak balik yah.. wakakak sama Kang Nata.. jadi sudah menjadi kebiasaan. Sebenarnya sih sampai sekarang saya masih rutin lo bolak balik ke Maringenet.. kadang kalau lagi sempat suka buka tulisan-tulisan lama.

      Jaga diri ya Nisa… semoga banjirnya cepat surut …

  25. Bagi saya blog Maniak Menulis adalah Blog Siwalannnnnn…..!!!!!!hahahaha.

    Siwalannn….. karena saya selalu terdampar dan ngak bisa melupakan blog ini.

    Awalnya blog ini membahas sesuatu yang berbeda, jika blog lain membahas sesuatu dari sudut A , maka blog Maniak menulis akan membahasnya dari sudut yang BERLAWANAN.

    Saking BERLAWANANYA , hasil tulisannya kalau kita baca bisa bikin MUKA MEMERAH, TELINGA BERDENGING, dan RAMBUT JADI JABRIK .

    Pembahasan yang BERBEDA, UNIK, BERGEJOLAK adalah sisi yang Dominan yang saya ingat ketika mendengar nama Blog Maniak Menulis.

    Apalagi ditambah sikap Penulisnya yang OGAH MENGALAH Membuat adu debat semakin HOT. Se-HOT “ ayam goreng yang disiram dengan Cabe Rawit “ . Pedassss dan Nikmattttt…..!!!!MANTUL.

    Namunnnnn,Itu dulu,……..!!!

    Sebab sekarang ini saya lihat Blog MM sudah TIDAK lagi BERBEDA, TIDAK lagi UNIK , Dan tidak lagi GARANG seperti yang saya kenal dari tahun 2016 dahulu.

    Sekarang ini blog MM terkesan lebih JINAK, Lebih ADEM Bahkan ketika menulis review tentang blog orang lain terkesan seperti lebih untuk menyenangkan hati pemilik blog tersebut.Sebuah kebiasaan yang LANGKA.

    Saya betul – betul kehilangan sosok Blog MM yang Dahulu. Semakin kesini kok saya merasa Asing yah , Saya seperti NYASAR Ke Blog Lain, bukan ke Blog MM.

    Untuk Mengobati rasa asing ini ( baca : ASING bukan ASIN ) saya mencoba membaca Blog PERSONAL-nya yaitu antonardyanto.com, lumayan sih cerita dalam tulisannya bikin saya terhibur.

    Hingga tidak heran artikel terbaru di blog antonardyanto.com selalu saya nantikan – nantikan.

    # Ohy, selamat yah Pak Sudah mendapat Penghargaan dari Creameno Awards 2020 Kategori Best Blogger, Andaikan Mbak Indri Juragan Cipir tahu mungkin blio akan bangga pada Pak Anton.hehehe…….

    # Ohy, Blognya Si Kribo mana Pak ?

Comments are closed.

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.