Pasca Migrasi : Artikel Nongkrong Kembali Di Page One SERP

Happy Weekend Maniakers!

(Walau sebenarnya hari Minggu itu menyebalkan karena keesokan harinya adalah hari Senin, tapi nikmati lah waktu dan jangan kebanyakan berpikir tentang hari esok)

Pagi ini, saya iseng-iseng melakukan pengecekan di Googe Search Console pada blog Umum Sekali. Blog gado-gado bin tidak jelas ini merupakan salah satu dari 6 blog berbasis Blogspot yang dimigrasi ke WordPress Self Hosted.

Terakhir kali pengecekan, sekitar 2 bulan lalu, hasilnya memang kurang bagus. Pasca migrasi, semua artikel yang biasanya nangkring di SERP – Halaman Hasil Pencarian (banyak yang di Page One) bertumbangan. Menghilang entah kemana. Bahkan, muncul di halaman 10-15 saja tidak.

Jungkir balik semua. Padahal, blog yang satu itu murni mengandalkan pada trafik organik dari mesin pencari Google. Dengan kondisi seperti itu bisa dikata, trafik mendekati titik nol.

Sebuah konsekuensi yang wajar karena blog tersebut banyak kehilangan backlink. Situasinya 2 bulan yang lalu, saya seperti memulai sebuah blog baru saja. Kosong melompong.

Tapi, seperti yang sudah saya prediksi hal itu akan bersifat sementara saja. Dugaan saya adalah setelah 3-4 bulan, maka paling tidak 30-40% artikel kembali pada posisinya semula di SERP, atau setidaknya turun beberapa peringkat dari semula.

Hari ini kalau berkaca dari data di Google Search Console, prediksi itu tidak meleset. Sudah sekitar 1000 halaman yang mulai kembali muncul di halaman SERP dan sudah mulai banyak yang kembali ke posisinya di Page One SERP.

Grafik juga menunjukkan peningkatan secara perlahan dan stabil. Blog tersebut tidak lagi kosong melompong.

Pasca Migrasi - Artikel Muncul Kembali di Page One SERP
Pasca Migrasi : Artikel Nongkrong Kembali Di Page One SERP
Pasca Migrasi : Artikel Nongkrong Kembali Di Page One SERP

Seperti juga dengan Blog MM, yang juga dimigrasi, langkah yang dilakukan sama saja, yaitu rutin menerbitkan artikel setiap hari. Bedanya terletak pada siapa yang mengupdate saja. Kalau di MM, saya yang melakukan, tetapi kalau di Umum Sekali, saya meminta adik yang rutin mengupdate (secara profesional tentunya, alias saya membayar jasanya).

Berarti dengan perkembangan saat ini, prediksi saya tidak salah. Migrasi dari Blospot ke WordPress akan menghadirkan dampak sementara pada kekuatan artikel di mata pencari. Hanya saja, kalau memang tulisan itu dipandang “baik” oleh Google, perlahan mereka akan kembali ke posisinya.

Yang harus dilakukan bukan lah harus berburu link ke sana kemari, tetapi tetaplah melakukan tugas sebagai seorang blogger, mengupdate terus blognya. Pada akhirnya, setidaknya sebagian besar artikel akan kembali terdongkrak naik.

Itu saja yang saya pelajari hari ini.

Siapa tahu ada yang mau memanfaatkan.

2 thoughts on “Pasca Migrasi : Artikel Nongkrong Kembali Di Page One SERP”

  1. Yaaaay! Selamat mas Anton 😆

    Intinya memang sabar dan konsisten menulis yaaah hahahaha. Saya pun masih berusaha sabar menunggu spam score saya balik ke 1% setelah mengikuti step by step yang mas bagikan 😂

    Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.