Mungkin, Blogger di Bogor Memang Tidak Banyak

Selamat Malam Kawan MM!

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih pada suhu Kal El dari planet Krypton dan suhu Ajay dari Jaeyzone yang sudah sharing ilmunya di kolom komentar Linky : Blogger Asal Kota Hujan, Bogor. Terus terang biar lumayan lama di Blogspot, saya tidak menyadari bahwa dengan menekan link nama kota di profile seorang blogger di Blogspot, maka daftar blogger yang berasal dari kota yang sama akan muncul.

Terima kasih sekali suhu #sungkem.

Hari ini, saya praktekkan hari ini. Ilmunya manjur sekali. Saya diberi daftar hampir 2730 profile yang berasal dari Bogor, dan hari ini setelah diperhatikan ada tambahan 300 akun.

Banyak sekali dan penambahan jumlah dalam waktu satu hari banyak juga ternyata.

Wuih, saya terus terang merasa bersalah juga karena hanya bisa membuat daftar blogger asal Bogor yang begitu pendek. Rasanya pingin #getok kepala sendiri karena merasa bodoh.

Terus terang semangat mengetahuinya.

Lalu, sejak kemaren, saya meluangkan waktu sedikit untuk menjelajah dan menemukan kawan-kawan sesama blogger yang berasal dari kota dimana saya tinggal.

Setiap akun blogger yang ada di daftar, saya buka. Bahkan akun, jasa penyedot WC pun saya klik dan kunjungi, karena iseng ingin tahu juga blog jenis apa yang dikelola jasa sedot WC.

Sampai hari ini, setidaknya sudah 500 lebih akun yang saya kunjungi. Dari 500 itu ada yang punya 2-5 blog, dan semuanya saya klik.

Mungkin, Blogger di Bogor Memang Tidak Banyak

Cuma, saya hanya bisa menghela nafas. Saya hanya menemukan 1 akun yang blognya “pantas” disebut blog.

Nama blognya Aulia Rahma .

“Pantas” dalam hal ini, tidak berkaitan dengan penilaian cara menulis, isinya, pandangannya, atau apapun. Saya belum sempat berpikir ke arah sana karena tujuannya hanya menemukan “blogger”, orang yang mengelola blog.

Jadi, saya hanya menetapkan kriteria awal, blognya berisi 10 blogpost. Itu saja.

Tidak ada embel-embel lain.

Dari 500 akun yang saya kunjungi, ternyata memang hanya ada 1 saja yang memenuhi kriteria itu. Yang lain, ada yang cuma sekedar nama saja tanpa isi apapun, ada yang baru diisi 1 kali, kemudian tidak ada apa-apa. Begitu seterusnya sampai hanya 1 akun yang melebihi kriteria 10 blogpost.

Akun yang disebut di atas meski updatenya random, tidak rutin, cukup konsisten karena sejak tahun 2011 sampai sekarang masih ada blogpost yang terbit. Jadi, memang ada bloggernya.

Agak bingung juga karena dari 500 hanya 1 saja yang benar-benar blogger. Selebihnya akun kosong dan non-aktif.

Memang, masih ada 2600 akun lagi yang menanti untuk dijelajahi, tetapi melihat rasio 500 : 1, seoptimis-optimisnya saya, rasanya sulit menemukan banyak blogger asal Bogor di Blogspot (setidaknya yang menyebutkan nama lokasinya).

Entahlah, tapi kalau melihat rasio seperti ini, rasanya memang tidak banyak orang yang ngeblog di Kota Hujan.

Tentu saja bukan merupakan data pasti karena saya masih belum menjelajahi sekitar 2600 yang tersisa. Juga belum sempat menjelajahi blogger di wordpress.com dan yang memakai WP self hosted.

Hanya saja, kalau statistiknya seperti ini, sulit untuk tidak berasumsi bahwa memang blogger di Bogor tidak banyak. Dari “luar” saja terlihat banyak (3000-an), tetapi di dalamnya ternyata kosong melompong.

Saya jadi bertanya-tanya lebih lanjut, mungkinkah statistik yang menyebutkan ada 3 jutaan blogger di Indonesia (data tahun 2015) sebenarnya jauh dari tepat? Dari luarnya saja ada angka 3 juta, tetapi mungkin sebenarnya hanya “sedikit” yang benar-benar blogger dan sisanya hanya akun kosong saja.

Hal itu sangat mungkin terjadi karena statistik pasti tidak menghitung akun blogger yang aktif dan tidak.

Mungkinkah?

Masih ada 2600 akun lagi yang harus saya jelajahi, siapa tahu ada beberapa puluh rekan blogger yang menanti ditemukan? Siapa tahu juga saya lebih beruntung.

Yuk Berbagi....

28 thoughts on “Mungkin, Blogger di Bogor Memang Tidak Banyak”

  1. Waaaah banyak juga mas yang dari Bogor, meski ternyata saat di-check kebanyakan akun kosong 😂 Mungkin yang serius blogging justru nggak pasang location di blognya.

    By the way, Gunung Putri itu masuknya Bogor atau Cibubur, mas? 😆

    Reply
      • Berarti ada mas Cipu Suaib, mas. Sepertinya beliau orang Bogor kalau saya nggak salah ingat (rumahnya sekitaran sana) hahahaha. Beliau blogger lamaaaaaaa. Isi blognya kocak, mungkin mas kenal 😂

      • Ohhh orang Bogor yah saya kok malah nggak tahu soalnya halaman aboutnya ga nyebutin .

        Iya kenal lah mbak kan sudah seling bertukar komentar.. hahaha… cuma nggak ngeh kalau dia dari Bogor cuma memang saya pernah membaca dia jalan jalan ke Bogor… Ntar ahh maen lagi kesana

    • Ogah ahh.. mata gue sampe blur gitu ngunjungin satu persatu.. wakakakakaka Penasaran ajah Pit.. kalau segitu banyaknya nape pas nyari di Google kok susaaaahhh banget…

      Iyah sejauh ini, sudah sampe 700, nambah 4 lagi (3 blog tugas kuliahan dan 1 ada 15 isinya) hahahahahahahaha

      Reply
  2. Kak, mengunjungi 500 blog itu dalam durasi berapa hari? Sebab 500 blog itu banyak banget >.< Bahkan udah sampai 700 blog per hari ini? Mantap sekali!

    Btw, ternyata dari sekian ratus blog, ratio yang aktif hanya sedikit. Bisa jadi data yang soal 3 juta blogger juga tidak akurat, malah sebenarnya kurang? Sebab aku lebih sering melihat blogger kebanyakan dari luar negeri dibanding di dalam negeri.

    Oiya, semangat Kak Anton untuk mengecek 2000an blog lagi 😀

    Reply
    • Lha.. sebenarnya kan waktu singkat. Cuma buka, kosong dan cuma ada satu dua tulisan.. nggak nyampe semenit juga beres. Buka, tutup..500 dua hari dan pagi ini nambah 200 an soalnya lha ya wong kayak buka pintu tutup lagi.. wakakakak…

      Habis kosong.. apa yang mau dilihat…

      Kayaknya sih memang tidak akurat dan blogging memang mungkin tidak begitu ramai…

      Reply
  3. Mungkin yang 2600 sisanya malah banyak yang aktif mas. Mungkin saja 😀
    Tapi perbandingannya terlalu jauh juga kalau dari 500 aku, tapi yang aktif cuma 1 akun.

    aku malah baru tahu kalau bisa ngecek akun bloggspot berdasarkan lokasi mereka.

    Reply
    • Yah, bisa ya bisa tidak mas.. cuma dengan rasio segitu mah, prediksi mah berat banget tuk nemu yang benar-benar aktif.. Hasil hari ini lum sukses mas.. masih banyak yang kosong..

      Iyah, saya juga baru tahu…sama mas Vay

      Reply
  4. Buset dah ngcek sampai 500 blog dan itupun mau nambah lagi ngcek 2700 lainnya, tidak heran anda punya 13 bini karena anda kuat, haha..

    Dan oleh karena itu mari Pak Anton kita beri gelar sebagai Engkong Blogger Indonesia, The Father Of Indonesian Blogger xixi 😆

    Reply
  5. Saya juga dikasih tahu suhu Ajaey dan suhu Herman kalo link nama kota di profil blogger bisa di klik agar tahu orang satu kota yang ngeblog siapa saja.

    Dan ternyata sama pak, dari 1000 blog yang aku coba 50, hasilnya kebanyakan cuma buat satu dua artikel saja. Ada juga sih yang ngeblog dari tahun 2012 dan rutin bikin artikel tapi setahun hanya satu atau dua artikel. Mau lanjut sudah malas duluan.

    Sepertinya yang serius ngeblog malah tidak mencantumkan lokasi kota di profil blogger.

    Reply
    • Nah kan hasilnya sama… memang rupanya yang serius malah nggak peduliin profile blogger yah.. hahahahaha

      Memang males sih mas sebenarnya kayak buka kotak kosong terus.. semakin kesini makin ngerasa males, cuma penasaran saja, berapa yang aktif yang bisa dtemuin..

      Kayaknya sih ga banyak dah

      Reply
  6. post ini menandakan bahwa mas her dan mas jaey adalah suhuuuu

    #hormat grakkk suhuuuu
    (membungkuk)

    hmmm…kalau analisaku…yang pake blogspot kebanyakan era anak sekolah mas, jadi pas ada pelajaran komputer disuruh belajar bikin blog lalu nanti lama lama ya ada masanya uda pada bosan seiring uda ga ada pelajarannya…dan akhirnya uda pada ga aktif…atau ya nulis pas pengen mendokumentasikan apa abis itu ditinggal dibiarkan siapapun pembaca dari manapun belantaranya bisa mengakses.. tapi intinya udah abis nulis ditingggal gitu aja, mungkin salah satunya karena lupa email atau password juga dan pas nulis pertama tama karena masih latihan blom ngeh nulis about me lokasi dll nya gituhhh…maksudnya karena cuma pengen nulis doang.. nda mementingkan optimasi dan mempercantik blog en tetek bengeknya itu loh…

    Reply
    • Ikut Mbul #hormatgraaakkk ke suhu Herman dan Ajay… #tambahsungkem..

      Sangat bisa jadi Nita karena banyak mahasiswa yang diberi tugas juga membuat blog. Yah. sangat butul butul sekali kata upin dan ipin…

      Reply
  7. Mungkin banyak kong blogger Bogor cuma gw yakin mereka nggak semuanya mau menyantumkan identitas atau alamat kotanya..😊😊

    Seperti blogger depok gw cari banyak kan akun kosongnya ketimbang yang aktif…Contohnya gw blogger Depok nyantumkan lokasi Jakarta.😊

    Gw rasa blogger Bogor yang aktif mungkin demikian tak mencantumkan identitas atau lokasinya…😊

    Blogger Kota Bekasipun demikian lebih banyak yang mencantumkan lokasinya di Jakarta.😊😊

    Reply
    • Rasanya sih banyak.. cuma kalau lihat dari sini kemungkinan nya blogger Indonesia tidak sebanyak yang dikira karena banyak sekali yang bolong-bolong Tong.

      Rasanya.. alias hahahaha belum bisa dibuktikan oleh saya…

      Reply
  8. Busyet, dari 500 hanya 1 yang bener-bener aktif jauh banget perbandingannya itu sisanya pada ke mana, apa iya pada ikut demo?
    Kalau saya mah ngga mau melanjutkan lagi stop di angka 500 aja kalau dilanjutkan lagi hasilnya ada kemungkinan zonk.

    Reply
    • Penasaran saja mas.. dan sepertinya memang saya harus stop juga di angka 1500 karena sampai jumlah segitupun, hanya belasan saja yang masih aktif. Itupun sebagian ada yang merupakan tugas sekolah saja.

      Berburu blogger dengan cara ini sepertinya sulit untuk dilanjutkan.. wahahahaha

      Reply
  9. Dan ternyata Mba Aulia ini fans BTS dan Korea juga, Mas Anton. Langsung saya kunjungi dan tinggalkan komentar di salah satu postingannya hahaha

    Saya juga nggak terang-terangan nulis lokasi, sekedar nulis Kota Hujan aja di profile biar puitis dikit 😂

    Reply
    • Nah kan… orang Bogor ngakunya dari Kota Hujan kan…hahahahaha

      Berarti setidaknya hasil pencarian saya tidak sia-sia kan, ada satu orang yang bisa memanfaatkannya untuk bertemu sesama fans BTS.. hahaha

      enjoy Jane

      Reply
  10. Waaaaaaw, serius dibukain 1-1 mas :o. Banyaaak bgt itu. Tapi sayang akunnya kebanyakan bodong yaaaa hahahahha.

    Bisa jadi sih total 3 JT itu termasuk si para akun bodong yg ga aktif :D. Aku ngerasain dari komunitas2 blog yg aku ikutin, makin jarang aja membernya yg update tulisan. Trus kalopun ada, respon dari member lain sepiiiiii kayak kuburan. Kalo bukan Krn aku cinta menulis , mungkin akupun udh ninggalin blog. Tapi ga laaaah, aku bakal trus nulis sampe WP menutup platformnya hahahaha

    Reply
    • Lha iya.. memang ngeceknya harus gimana kalo nggak dibukain satu satu kan saya bukan paranormal bisa nebak..

      Saya rasa begitu sih Fan.. makin banyak yang tidak aktif lagi..Angka riilnya kayaknya ga seperti yang terlihat. Tapi nggak ngaruh juga sih .. cuma penasaran saja sih saya soalnya ngerasa di Bogor kayaknya bloggernya kurang , tapi kok angkanya gede banget…hahahahaha

      Reply
  11. Sekarang profesi blogger membuat banyak yang pengen ikutan jadi blogger juga Bapak, jadinya pada bikin blog, baru selesai bikin, nyoba nulis, ternyata susah, langsung melempem wakakakaka.

    Alasan lainnya, bisa jadi karena banyak orang suka bikin akun blogger, jadinya bahkan yang bukan blogger ya punya akun 😁

    Reply

Leave a Comment