Mengecek Kolom Website di Komentar Untuk Menghindari Broken Link

Selamat Pagi Kawan MM!

Saat memoderasi kolom komentar bagian mana saja yang dicek? Tentunya nama dan juga isi komentar kan? Serta, apakah ada link aktif atau tidak? Iya kan?

Cuma sejak 2 minggu terakhir, saya menambahkan satu lagi, yaitu mengecek kolom website di komentar.

Takut ada website tidak benar? Tidak juga sih, karena biasanya isi komentar sudah cukup mencerminkan tujuan pemberi komentar. Jadi, bukan dengan niatan seperti itu.

Hanya saja, saya menghindari terjadinya broken link. Bagaimanapun, tautan di kolom tersebut tetaplah tautan yang merujuk ke website lain. Jadi, saya menghindari adanya link yang terputus dan tidak berfungsi dengan baik.

Caranya, kalau di WP Self Hosted itu sebenarnya lumayan sederhana, tidak perlu harus mengklik link tersebut dan masuk ke website yang dituju.

Di WP, sekarang cukup mengarahkan kursor ke link yang dimasukkan, maka preview dari website itu akan muncul.

Contohnya :

Mengecek Kolom Website di Komentar Untuk Menghindari Broken Link
Tampilan link/tautan yang benar

Rupanya, ada kawan yang melakukan salah ketik sedikit saja dan hasilnya link tersebut jadi tidak berfungsi.

Contohnya :

Mengecek Kolom Website di Komentar Untuk Menghindari Broken Link

Hanya kurang “e” saja dan preview website tidak bisa tampil. Link tersebut “broken” alias rusak.

Jadi, harus dibetulkan dulu agar link bisa utuh kembali dan tayang dengan baik.

Kenapa tidak dibiarkan saja? Biarpun saya tidak pedulian dengan segala macam DA dan PA, atau SPAM Score, saya wajib menjaga agar blog ini berfungsi dengan baik. Jadi, sebisa mungkin broken link akan dihindari.

Selain itu, kalau broken, fungsinya sebagai penghubung antar blogger tidak akan berjalan.

Banyak kawan blogger yang berkenalan dengan blogger lain lewat kolom komentar. Caranya mereka mengklik url yang ada di kolom website tadi.

Nah, kalau tidak berfungsi mereka tidak akan berkenalan karena broken link tidak membawa kemana-mana. Akhir broken link adalah halaman 404 alias laman tidak tersedia.

Dari kebiasaan ini juga saya pikir, saya menemukan website yang kemungkinan mengalami masalah dengan kecepatan loadingnya.

Biasanya, preview sebuah website akan tampil dalam waktu sepersekian detik setelah kursor si tikus mengarah ke link tersebut. Cuma beberapa website, previewnya lama sekali ditampilkan.

Contohnya

Mengecek Kolom Website di Komentar Untuk Menghindari Broken Link

Setelah beberapa detik, pratinjau blognya tidak muncul juga. Dugaan saya preview yang muter-muter seperti ini karena kecepatan loading (blognya berat) atau koneksi ke blog itu terhambat.

Yang manapun, seharusnya itu tidak terjadi karena preview biasanya tampil kurang dari satu detik.

Jadi, itulah satu tambahan bagian dari komentar yang saya cek sekarang. Sayang juga kalau fungsinya tidak berjalan dengan benar.

Pernah cek bagian yang satu ini?

22 thoughts on “Mengecek Kolom Website di Komentar Untuk Menghindari Broken Link”

  1. Wah, enak juga ya kaya gitu. Di blogspot ngga ada. Maklum gratis, ngga perlu protes.

    Hmm,, terkait komentar sebelumnya, sekarang kolom identitas sudah kosong lagi. Apa tadi gara-gara saya lupa ngebersihin chace browser ya,,,
    Duh, ngga ngerti deh.

    Reply
  2. Wah blogku yg tipspetani jadi ke sorot tuh hahaha. Thanks mas anton sudah mengoreksi blog saya yang secara preview memang loadingnya lambat ya. Saya pun sebagai pemilik website merasa memang loadingnya agak lambat bahkan mungkin sangat lambat hehe. Mungkin karena kebanyakan iklan kali ya, atau jangan2 kontennya kebanyakan…hahaha.

    Untuk sementara belum berani otak-atik template dulu, fokus isi konten dulu, karena skrg lagi masa-masa sulit. Perubahan theme dll saat ini saya hindari dulu, karena banyak ketidakpastian di dunia nyata dan di dunia maya yang serp googlenya menurut pengamatan saya belum stabil karena corona.

    oya sy minta maaf terkadang waktu komentar mungkin ada sy ketikan email ternyata jadi link aktif, dan itu diluar perkiraan saya. baru setelah submite komentar eh kok jadi “link hidup”, mau ngedit gk bisa karena nunggu moderasi dulu. Dalam hati saya berharap “semoga mas anton bisa mengoreksi linknya atau menghapus” karena itu hak beliau…

    Reply
    • Hemm…ga tau kenapa mas.. cuma kayaknya memang berat itu saja.. mas Wahid pasti tahu kenapanya.. hahaha..

      Saya mah sekarang juga ga peduli juga sama serp mas.. ga merhatiin.. Malah semua GSC blog saya, saya reset ulang jadi nol semua. Pandemi ini saya pikir waktu yang pas untuk bebenah blog dan mempercepat produksi artikel

      Soal trafik malah ga saya amati, kecuali yang maniak menulis karena sedang dalam tahap pengamatan. Yang lain direset ulang dari 0 lagi datanya.. hahaha.. kebetulan kebanyakan saya ubah menjadi https, jadi biarlah dimulai dari awal lagi…

      Reply
      • menurutku kalo untuk mengganti theme dan utak atik ulang itu butuh waktu lagi. sementara sy gak mikirin itu. Bisa update artikel sj sudah good. Oya pengalaman sy, jika blog sudah bagus di serp dan dimonetisasi sudah berhasil tapi sering ganti theme kemungkinan akan memengaruhi penghasilan selanjutnya. Ini hanya pandangan sy saja. Mungkin akan berbeda dg teman blogger yg lain.

      • Hem… not really mas.. saya kurang sependapat dengan itu. Kalau themenya lebih baik, kemungkinan besar malah membaik.

        Soal serp, tidak juga mas. Banyak tulisan saya tetap saja nangkring di serp walau bergonta ganti template. Yang saya tahu bahwa kecepatan loading blog termasuk salah satu faktor yang diperhitungkan untuk serp, meski bukan faktor dominan.

        Belakangan saya lihat ketika saya hanti dari http dan https, justru ada beberapa yang posisinya membaik.

        Selama themenya dicoding dengan baik, saya rasa tidak ada masalah dalam soal tampil di serp.

        Tapi, seperti saya bilang, saya nggak begitu peduli dengan serp sekarang dan fokus pada memperbaiki blog dan memberikan lebih kepada pembaca dalam berbagai elemen. Salah satunya kecepatan loading dan berbagai hal yang berkaitan dengan user xperience.

        Jadi, kemaren pun saya ganti template karena adanya label poor loading di Google Search Console yang menyadrkan saya untuk memperbaikinya. Memang terpaksa harus ganti template, tapi hasilnya baik-baik saja mas setelah ganti. Barulah setelah migrasi dari blogspot ke wp (untuk 6 web), disana terlihat perubahan karena memang banyak struktur yang berubah.

        btw, pilihan masing-masing mas.. cuma sekarang sih buat saya mah, kalau pembaca senang, kalaupun harus berkorban penghasilan adsense, buat saya sih ga masalah. Saya pikir saya menanam untuk masa depan, karena tidak ada gunanya juga memelihara blog dengan template yang kurang cepat. Masalah suatu waktu akan hadir juga di masa depan, jadi kenapa tidak diselesaikan secepatnya..

        Kebetulan memang pandemi begitu kondisi sedang tidak bagus secara materi, jadi saya akan manfaatkan waktunya untuk memperbaiki diri dan blog saya.

        Itu kalau saya.

      • betul masa semua itu tergantung pilihan si pemilik blog, karena ia yang paham dan tau betul karakteristik blognya masing2. Dan pastinya ada pertimbangan tertentu yg mnyertainya.

  3. Saya pernah juga mengisi kolom url salah, salahnyabagian sarilahmwb.blogspot com. Iya, niat mau ngetik titik malah jadinya spasi. Mungkin karena keyboard hape agak kecil dan berdekatan kali ya.

    Reply
  4. Mas, sekarang nggak bisa save data nama email dan url ya? Biasanya datanya sudah tersimpan di blog mas Anton jadi nggak perlu isi ulang. Hanya saja semenjak kemarin jadi perlu isi ulang setiap kali mau komentar 😆

    Reply
    • Iyah.. untuk sementara dinonaktifkan dulu karena kalau itu diaktifkan, takutnya malah komentar muncul atas nama orang lain.

      Sampai ditemukan solusinya, terpaksa non aktif dulu Eno.. Maaf yah ngerepotin

      Reply
  5. Aku selalu cek jugaaaaa :). Eh mas, tapi pernah loh, aku arahin cursor ke arah linknya, previewnga itu kliatan 404, tp pas diklik url nya, itu bisa kebuka dan ga napa2. Itu kenapa ?

    Akhirnya ga jd aku benerin sih, Krn memang ga broken. Tapi ntahlah, previewnya malah 404 yg kliatan

    Reply
    • Biasanya itu karena perbedaan http dan https Fan.. Kalau masukinnya https tapi dimasukkan http mungkin akan tetap tampil kalau diklik karena di tingkat server nanti diredirect ke https. Sedangkan di preview mungkin yang ditampilkan adalah versi http yang dianggap tidak ada. Penjelasan pastinya belum tahu juga karena kebetulan belum pernah ngalamin.

      Kalau kebetulan yang saya alami memang kurang huruh “e” hahahaa.. jadi memang broken

      Reply
    • Makasih pemberitahuannya Tong.. Karena aku tahu cuma satu orang yang manggil gue engkong, namanya gue ubah yah..

      Rupanya masalah memang berlanjut, jadi saya nonaktifkan salah satu plugin lagi, cachingnya saya matikan. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan tidak ada masalah.

      Reply
  6. Enak ya bisa seperti itu link-nya bisa diperbaiki jadi tak ada broken link lagi. Sepertinya diblogspot fitur yang seperti itu.

    Btw beberapa kali pernah saya ketemu blog di wordpress yang nama komentatornya tidak bisa diklik bahkan nama adminnya pun juga ngga bisa diklik padahal kolom website tidak ditutup cuma komentarnya saja yang dimoderasi.

    Reply
    • Memang ada enaknya pake WP mas Kal El.. Tapi ada banyak kelemahan juga loh. Jangan salah

      Biasanya itu link dimatikan mas. Pake plugin. Linknya tidak akan bisa diakses dan komentar menjadi teks biasa. Tidak bisa diapa-apain.

      Reply
  7. Yaaa semoga cepat berlalu dan tidak ada problem lagi masalah komentar…Kan nggak lucu orang habis komentar di blog MM tiba2 emailnya di Hack sama bekel eehhh salah Hacker..🤣🤣

    Terkadang hal sepele bisa jadi besar dan bisa banyak merugikan orang yang berpengaruh..😊

    Tapi salut gw sama keseriusan dan kesigapan ente terhadap pengunjung blog MM…👍👍💪💪 Laaannjuuutt!!.🙏🙏

    Reply
    • Hemm.. mudah-mudahan, saya sedang terus mencoba. Karena sebenarnya blog yang lain memakai setting yang sama dan tidak masalah. Cuma blog MM yang beda.. wakakakakakaka.. makanya tetap bingung karena semua plugin sudah dimatikan, dan seharusnya sudah tidak ada masalah..

      Jadi, saya hanya bisa menunggu dulu apakah setelah ini masalah selesai atau belum.. seharusnya sudah, cuma mungkin ada residu cache yang tersisa diserver dan itu lebih sulit lagi bersihinnya…

      Ga usah salut.. karena sebagai webmaster, ya memang itu tugas saya Tong. Biar blog kecil, saya berharap keamanan terjaga disini, makanya juga pake https semua sekarang dan dikasih firewall berapa lapis. Cuma karena baru pakai efeknya belum tahu pasti.. makanya masih utak atik dan ngamatin.. hahahahaha

      Reply
  8. aku cek nya manual, jadi mayan menyita waktu juga, karena nggak tiap hari aku ngecek.
    dulu sebelum paham broken link apaan, lahh malah post artikelnya aku hapus, astagahhh hahahaha, pantesan tulisan aku dari taun 2009 kok tinggal dikit.

    Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.