Lovely Bogor Banjir Iklan, Tapi Yang Punya Tidak Banjir Duit

Selamat Malam Kawan MM!

Dalam situasi pandemi sekarang, para pengiklan sepertinya sedang menahan diri dan memperketat belanja iklan mereka.

Saya terus terang maklum dengan situasi seperti ini. Bagaimanapun, mereka harus mengurangi pengeluaran, termasuk dari iklan. Juga, iklan sering tidak efektif karena banyak orang juga mengetatkan ikat pinggang dan mengurangi berbelanja.

Belum lagi begitu banyak bisnis yang terhenti dan pegawai yang di-PHK.

Situasi ini membuat roda perekonomian dimanapun seperti mandeg dan sulit berputar seperti biasa.

Semua mengalami kesulitan dan akhirnya secara global seperti menjadi rem bagi mesin perekonomian.

Cuma, saya boleh sombong. Beberapa hari ini, saya sedang agak ruwet untuk menelurkan tulisan baru. Bukan karena tidak punya ide atau malas, tetapi karena saya menerima banyak permintaan pemasangan iklan di blog Lovely Bogor.

Serius.

Paling tidak ada 10 toko meminta agar dibuatkan tulisan promosi untuk dipajang di blog “kesayangan” saya itu. Mayoritas adalah toko yang ada di kawasan Pusat Grosir Sepatu Bogor.

Keren kan?

Ini penampakan dari blog kecil itu dan sejauh ini masih ada beberapa yang belum terpasang karena menyesuaikan dengan jadwal terbit.

Lovely Bogor Banjir Iklan Tapi Yang Punya Tidak Kebanjiran Duit

Berarti dompet saya menjadi tebal dong? Iyah, memang tebal banget, penuh dengan struk ATM yang belum sempat dibuang.

Tidak.

Tidak ada banjir uang meski banyak iklan yang dipasang. Uang saya tidak bertambah dan bahkan sedang terus berkurang seperti biasa mendekati akhir bulan.

Iklan-iklan tersebut masih merupakan bagian dari program #Bantupromo yang saya adakan sejak awal pandemi Covid-19.

Program ini akan memberi ruang kepada semua usahawan/wati, terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Kota Hujan untuk mempromosikan produk dan usaha yang mereka punya. Mau hanya sekedar jualan gado-gado sekalipun akan tetap dibuatkan “tulisan” promonya.

Dan, tanpa ada biaya alias gratis.

Yang berminat hanya perlu mengirimkan data, foto, dan no kontaknya kepada saya untuk ditampilkan di Lovely Bogor.

Program ini memang sejalan dengan salah satu niat awal saya membuat Lovely Bogor, yaitu untuk membantu promosi berbagai usaha kecil di kota ini.

Selama ini terhalang karena keterbatasan waktu dan tenaga sehingga saya tidak bisa menyambangi dan mencari data.

Kebetulan juga, seorang kawan yang mantan sales asuransi beberapa hari yang lalu mengeluh karena ia kesulitan membayar kost dan motornya bakalan ditarik pihak leasing karena sudah menunggak dua bulan.

Bingung lah saya karena kebetulan tidak punya dana lebih untuk membantu. Jadi, saya bilang, “Kamu carikan data info UMKM yang mau mempromosikan usahanya di Lovely Bogor.”

Saya bilang tidak ada tarif alias gratis. Cuma mungkin dia bisa memanfaatkan untuk mendapatkan sedikit uang kopi/bensin untuk membantu. Saya persilakan hal itu dilakukan dengan syarat jangan besar-besar karena sebenarnya program #bantupromo itu gratis dan tidak berbayar.

Nah, beberapa hari ini dia rajin berkeliling pasar dan ternyata cukup banyak yang mau mempromosikan dengan cara seperti ini. Sejauh ini sudah lebih dari 10 yang masuk ke meja redaksi Lovely Bogor (mejanya saya) untuk segera dibuatkan tulisan promosinya.

Saya tidak tahu berapa uang yang ia dapat, tetapi setidaknya, kawan saya itu punya pemasukan lagi, meski tidak besar. Setidaknya, ia punya kesempatan untuk bertahan beberapa hari ke depan.

Lagipula, setidaknya semua diuntungkan karena Lovely Bogor bisa memulai langkah mewujudkan niat awalnya, membantu promosi UMKM di Bogor.

Yang membahagiakan lagi, setidaknya saya bisa berkontribusi sedikit untuk membantu mereka yang kesulitan, meski bukan dalam bentuk materi.

Dengan situasi banyaknya tulisan promosi yang harus dikerjakan, pasti beberapa hari ke depan saya agak repot dan agak terhalang untuk membuat tulisan “normal”.

Disini saya merasa beruntung karena sudah menerbitkan ulasan tentang salah satu Kawan MM, Jane Reggievia alias Jane From The Blog, sebelum banjir iklan datang. Kalau tidak, pasti sudah tertunda lagi.

Ulasan tentang blog ibunya Josh itu tidak akan tayang di blog MM karena untuk sesama warga Bogor ada ruang yang lebih cocok untuknya, yaitu di blog yang membahas khusus tentang Bogor. Jadi, kalau mau membaca, silakan datang ke Lovely Bogor.

Yah, kira-kira begitulah cerita hari ini dari Blog MM yang pemiliknya sedang puyeng mengedit foto berantakan yang diambil tanpa memakai teknik yang baik untuk bahan promosi.

See you later guys and gals!

Yuk Berbagi....

22 thoughts on “Lovely Bogor Banjir Iklan, Tapi Yang Punya Tidak Banjir Duit”

  1. Laris manis masss, jadi ingat dulu mas saat awal-awal buat program bantu UKM, masih di blog yang lama, belum di WP hehehe. Dan programnya ternyata semakin berkembang. Ikutan senang karena banyak yang antusias 😍

    Semoga dengan begitu, mereka semua bisa tetap survive yah mas, dan semoga kebaikan mas diganjar rejeki yang melimpah pada waktunya πŸ˜†

    Reply
  2. Isssh, terharu loh bacanyaaa :). Semoga ini malah jd sumber rezekimu juga ya mas, udh mau bantuin para UMKM , juga temen yg sdg kesulitan tadi :). Bantuan di saat seperti ini, apapun bentuknya, pasti berguna banget untuk yg dibantu :).

    Reply
  3. Naaahh ini yang lagi gw baca barusan …Lihatnya di FB awalnya…😊😊

    Mbak Jane ngiklan juga tuh kong..😊😊

    Yaa kudu sabar kong…Meski dirimu tidak memungut bayaran alias gratis, Mungkin akan ada hikmah kedepannya nanti terutama untuk Lovely Bogor itu sendiri…😊😊

    Sebagai contoh bisa saja toko sepatu itu cerita kekawan2nya tentang Lovely Bogor ….Dan Rezeki mana kita tahu.😊😊

    Aku ngalamin malah cuma naruh link blog toko sewaktu diMWB dulu, banyak pembeli berdatangan yang tadinya Ofline jadi Online, Tadi cuma sekitaran saja bisa jadi Sejabodetabek.😊😊

    Jadi mending naruh Iklan kong dari pada Nyari pengacara..🀣🀣🀣

    Udah yaa kong misi aahh..πŸšΆβ€β™€οΈπŸšΆβ€β™€οΈπŸšΆβ€β™€οΈ

    Reply
      • Alhamdulillah bisa membantu teman yang sedang kesulitan dan juga pemilik usaha UMKM yang barang kali setelah usahanya di iklankan di lovely Bogor semoga saja tambah laris.

        Semoga saja setelah usaha mereka maju lalu memberi tahu temannya agar pasang iklan di lovely Bogor. Jadinya makin rame dan laris blog pak Anton.πŸ˜„

      • Iya Alhamdulillah diberi kesempatan…

        Semoga mereka semua bisa berhasil bertahan… Saya cuma bisa berharap itu karena kasihan sekali melihat banyak yang kesusahan dan saya nggak punya materi berlebih tapi pingin bantu…Syukur saya bisa diberi jalan

  4. Kalau begini caranya, memang Kak Anton tidak akan banjir duit tapi banjir pahala dan berkah dari doa-doa para pedagang yang tokonya dipromosikan di Lovely Bogor 😁.
    Kak Anton benar-benar menginspirasi sekali. Aku yakin tidak ada hal yang sia-sia jika dilakukan dengan tulus ikhlas, demikian juga hal yang Kak Anton lakukan untuk membantu teman-teman pedagang di sekitar Bogor di masa pandemi ini, juga teman Kakak yang kesulitan ekonomi.

    Semoga apa yang Kakak lakukan berbuah baik dan dapat bermanfaat besar bagi banyak orang πŸ™πŸ»

    #CieLiaBijak

    Reply
    • Dapettt maas.. sama kayak blog lain. Cuma justru saya “banyakan nolak” hahahahaha… bukan karena nggak butuh duit, tapi mayoritas karena temanya ga nyambung dengan kata “Bogor”… Hahahahahahaha

      Alhamdulillah tetap ada yang memberi tawaran…

      Reply
  5. Keren banget Pak!
    Semoga semakin berkah untuk blognya ya Pak.

    Di masa seperti sekarang memang dibutuhkan banget, yang namanya support seperti ini, dan ulasan Bapak ini jadi bikin saya punya ide untuk melakukan hal yang sama.

    Lumayan juga sebenarnya ya, ide tulisan jadi ada, plus membantu banget buat UMKM yang butuh semangat buat bangkit lagi πŸ™‚

    Reply
  6. seneng kalau bisa bantu sodara sodara temen UMKM untuk promosiin bisnisnya.
    langkah kecil tapi mulia
    semoga rejeki temen temen UMKN, kawannya pak anton dan pak anton juga dimudahkan

    Reply

Leave a Comment