Bukti Inkonsistensi, Produksi Kata Naik Turun

Selamat Menjelang Tengah Malam Kawan MM!

Penutup minggu ini, saya hanya ingin berbagi saja sebuah bukti betapa konsisten itu berat sekali.

Sejak dua minggu yang lalu, untuk terus bisa memacu diri agar lebih produktif, saya menetapkan target harian sebanyak 4000 kata. Terserah berapa blogpost yang dibuat dalam sehari, tetapi semua harus memproduksi kata (tidak termasuk komentar dan saat blogwalking), dalam sehari produksi kata harus mencapai target.

Untuk memantau perkembangan, saya membuatkan sebuah tabel sederhana saja dimana setiap selesai menerbitkan satu tulisan, saya akan mencatat jumlah kata dalam tabel tersebut.

Hasilnya, kadang bisa, kadang tidak. Pernah dalam sehari lebih 25%, tetapi pernah juga hasilnya hanya 1/3 saja.

Datanya seperti di bawah ini.

Bukti Masih Belum Bisa Konsisten Produksi Kata Naik Turun

Analisa dari data ini cuma satu , yaitu “konsisten itu berat, Kawan!”.

Tentu ada alasan mengapa produksi kata bisa naik turun seperti itu, tetapi karena saya sedang terus mendorong diri, alasan tidaklah penting. Yang jelas pada beberapa hari, target tidak tercapai dan terlihat rendah sekali.

Jauh dari konsisten.

Berarti, saya harus menemukan solusi terhadap “alasan” tadi karena hal itu menghambat “produksi”.

Targetnya, kalaupun memang tidak bisa memenuhi target secara penuh, 4000 kata, seharusnya tidak berada jauh dari sasaran. Sedangkan hasil saat ini, ada yang begitu rendah dan ada yang tinggi.

Tidak stabil.

Cerminan kurang konsisten.

Mudah-mudahan saja di minggu-minggu berikutnya hasil bisa lebih stabil dan semakin mendekati titik target.

Apakah bisa? Harus bisa. Karena kalau sudah bisa konsisten di angka tersebut, berarti saya harus menetapkan target baru. Dan, kalau berdasarkan data ini, angka 5000 kata bukanlah sesuatu yang mustahil dicapai.

Itu saja, untuk malam ini.

Selamat malam, selamat beristirahat.

Yuk Berbagi....

18 thoughts on “Bukti Inkonsistensi, Produksi Kata Naik Turun”

  1. Saya percaya konsisten itu memang berat. Apalagi kalo saya yang menjalaninya hehe. Pernah terpikir ingin menerbitkan artikel tiap hari. Idenya ada, waktunya ada, tinggal ngetik doang. Tapi saya malah milih baca novel.

    Tentu saja berbeda dengan Pak Anton. Saya yakin Bapak bisa. Dari cerita perjalanan hidup Bapak yang memiliki kemauan keras, saya kin akan hal itu. Melihat Bapak bisa melakukannya, akan menjadi motivasi teresendiri bagi saya. Walau tentu saja, motivasi utama berasal dari diri sendiri. Saya selalu yakin jika ada keinginan tentu ada jalan.

    Reply
    • Hahahaha.. masing-masing orang punya target dan tujuan yang berbeda. Begitu juga prioritasnya, jadi selama Nisa enjoy dengan cara demikian, bukan sebuah masalah.

      Tapi, bagi saya sendiri, blog memang menarik dan bisa menjadi wadah untuk terus maju dan berkembang. Makanya saya harus tetap coba bergerak maju.

      Makasih supportnya Nisa.. appreciate it a lot loh..

      Reply
  2. Waduuhh berat kalau masalah harus konsisten dalam ngeblog satu postingan 4000 kata atau lebih…Postingan selanjutnya juga seperti itu lebih bagus lebih….Keesokannya begitu lagi paling minim 4000 kata..πŸ™„πŸ˜³πŸ˜³

    Bisa stroke gw yang ada kong…kemarin bikin postingan di dua blog saja udah kaya dikejar2 setan…🀣🀣🀣

    Post Salah Gerbong harusnya terbit rabu malah jum,at malam…🀣🀣🀣

    Berat kong bagi gw untuk konsisten, Jadi intinya nulis aja dulu semampu yang saya bisa dan syukur2 bisa lebih banyak bikin postnya..😊😊 Misi dulu aah kong..πŸšΆβ€β™€οΈπŸšΆβ€β™€οΈπŸšΆβ€β™€οΈ

    Reply
    • Bukan satu posting 4000 kata Tong…sehari 4000 kata (bisa dalam beberapa tulisan)

      Kayaknya malah seru tuh dikejar-kejar setan, jadi bisa olahraga.. hahahahaha… Bukankah dengan dikejar setan, lari kita makin cepet? Biasanya kan kalau kepepet semua kemampuan keluar, dan saya sengaja membuat diri kepepet terus..

      Memang berat, dan justru itu yang saya suka. Dengan begitu kan ada tantangan..

      Yawda sono gih bayar tunggakan ke si Akong dulu.. kasihan dia nggak ada orang wat disuruh nagih wkwkwkwk

      Reply
  3. wah Pak anton rajin sekali
    saya malah engga pernah ngitung seperti itu dan ini bisa jadi contoh juga
    selama ini saya masih 2500 kata dari 2 tulisan blog
    mungkin mau upgrade dulu jadi 3000 kata
    kalau 4000 sapalagi 5000 saya masih belum kuat hihi

    Reply
    • Hihihihi.. karena kalau ada data kan jadi bisa lihat mas Ikrom, naik turunnya, kemudian menemukan akar penyebabnya, dan kemudian solusinya.

      Waah.. itu juga keren banget mas.. 2500 kata.. saya rata-rata sebelumnya segitu mas.. hahahaha.. dan sekrang saja lagi coba upgrade. itupun masih mentok dan belum konsisten. Saya juga belum kuat kalau 5000 kudu latihan dulu.. hahahaha

      Reply
  4. Ini pengulangan kata nggak dihitung kan mas?

    Aku baca tabelnya tapi belum mudeng nih. Jadi perkata peralfabet gitu ya? Wah, diksi pun kurang banyak, masih itu-itu aja, dan seringkali malah bingung menyebutkan maksud tertentu dalam kata-kata.

    Reply
    • Dihitung Ghina.. ini hanya secara total kata yang saya ketik dalam satu hari. Kalau ga boleh ada pengulangan kata, saya bisa pingsan duluan dah…

      JK = Jumlah kata
      tanggal dibawahnya
      A/B/C/D itu sama dengan 1/2/3/4 yaitu jumlah blogpost

      Jadi, misal A 405 berarti itu artikel pertama dengan jumlah 405 kata. B 700 artinya artikel kedua dengan 700 kata dan seterusnya.. Sorry, tapi karena sebenarnya untuk diri sendiri, jadi susunannya dibuat selama saya ngerti.. wkwkwkwkwkwk

      Reply
  5. Saya mah tidak pernah ngitung berapa kata yang aku produksi dalam jumlah pak, apakah sehari bisa 1000 kata atau kurang. Yah, sesukanya saja ngeblog, jangan ditiru ya pembaca.🀣

    Tapi memang konsisten itu susah, kadang aku juga kalo lagi malas nulis cerpen seminggu bisa ngga nulis, paling hanya BlogWalking saja, tapi kalo lagi semangat tiap hari bisa dapat satu cerpen tapi itu juga jarang sekali.

    Yah, namanya juga manusia pak, bukan mesin yang bisa disetting agar dapat target sehari bisa dapat sekian.

    Udah ngga usah ngoyo ngejar jumlah kata pak, mendingan ngoyo bikin anak saja.🀣

    Kaboorrrr πŸƒπŸƒπŸƒ

    Reply
    • Hee.. justru manusia itu lebih kuat dari mesin tau… kumaha seh… kebalik tuh pola pikirnya.. hahahahah…Bisa loh manusia bisa disetting dan mensetting diri sendiri.

      Hadeuuh… ngurus anak lagi mah berat lagi Bang Pepet.. eh juragannya… emang enak ngasuh anak lagi sementara pinggang buat nyapu ajah sudah kerasa pegelnya.. hahahahaha

      Reply
  6. Mas anton rajin juga ya sampai dicatat juga jumlah kata tulisan di blog yang diposting via ms.excel….good job!

    Kalau sy sendiri masih hanya target harian saja, minimal 1 artikel, mau lebih bagus untuk semua blog yg saya ternak…. untuk jumlah kata secukupnya saja, sesuai topik yng dibahas….

    Reply
  7. Kalau soal konsisten, saya kayaknya masih jauh akan kata itu untuk blog, mas πŸ™ˆ tapi target saya nggak banyak, cuma minimal 500 kata hahahaha itu pun ternyata nggak selalu bisa πŸ˜‚

    Sekarang ganti haluan, konsisten menulis minimal dua hari sekali, semoga bisa πŸ˜†βœŒοΈ By the way, mas Anton semangattt, bisa update setiap hari saja menurut saya sudah keren 😍

    Reply
  8. Konsisten memang sulit sekali. Aku seringkali gagal ketika ingin lebih konsisten mengurus blog, gagalnya karena keasikkan membaca buku sampai waktunya habis dan nggak sempat untuk nengok ke blog πŸ˜‚

    Tapi aku yakin kalau Kak Anton pasti bisa, so semangat!

    Reply
  9. Aku menganggukkan kepala Mas Anton, konsisten itu lebih berat ketimbang rindunya Dilan ke Milea.

    Tapi dari apa yang Mas Anton lakukan, salut banget! Aku juga mau mencontoh produktivitasannya.
    Bulan kemarin ada kegiatan, 30 Days Story Challenge, walaupun rempong dan capek, tapi berasa ada kegiatan menyenangkan tiap harinya. Pas udah selesai bingung mau ngapain. Untungnya beberapa hari kemudian dapat ide gara-gara nonton netflix buat bikin kegiatan.
    Yok semangat-semangat!

    Reply

Leave a Comment