Berapa Lama Posisi Blog Pulih Setelah Migrasi?

Selamat Siang Kawan MM!

Ada sebuah pertanyaan yang hadir ketika saya melakukan migrasi “banyak” blog dari Blogspot ke WordPress Self Hosted sekitar tanggal 19-20 Agustus yang lalu.

Pertanyaannya, berapa lama waktu yang diperlukan untuk blog-blog tersebut kembali pulih seperti sedia kala?

Memang, banyak tulisan yang mengatakan bahwa tidak akan ada pengaruhnya kalau setting redirectnya benar maka tidak akan ada pengaruh. Tapi, dalam perjalanan saya menemukan bahwa url blogspot itu berbeda dengan WordPress. Mau diubah seperti apapun akan berbeda karena di akhirannya akan selalu ada “html” sedangkan WordPress tidak.

Hal ini akan menyebabkan banyak sekali broken link dan hasilnya jika seorang pengunjung datang dari mesin pencari, maka ia hanya akan menemukan halaman 404 alias tidak ditemukan.

Jadi, pasti akan tetap ada efek dari perpindahan berupa kehilangan posisi di mesin pencari. Apalagi sitemapnya pun berubah banyak.

Jadi, saya tidak heran kalau pengunjung yang datang dari mesin pencari akan sangat mengecil sampai titik terendah.

Oleh karena itulah, di blog MM, selama satu bulan lebih saya imbangi dengan mempublish sebanyak mungkin tulisan. Dengan begitu berkurangnya trafik bisa diminimalisir.

Sayangnya, keterbatasan tenaga dan waktu menyebabkan hanya pada satu blog saja cara itu bisa diterapkan. Untuk yang lainnya, terpaksa menunggu sampai Google berbaik hati mengembalikan posisinya.

Saya memprediksi sampai akhir tahun kondisinya masih akan rendah sekali dan di akhir tahun setidaknya 30-40% akan kembali.

Hari ini, hampir dua bulan setelah migrasi tersebut saya melihat perkembangan dimana beberapa artikel dengan kata kunci tertentu, mulai kembali ke posisinya di halaman satu SERP pada sebuah blog. Posisi yang sama dengan sebelum migrasi.

Jadi, sudah ada pergerakan dimana posisi blog sepertinya sedang beranjak menuju normal di mata mesin pencari.

Saya memprediksi semakin lama, makin banyak artikel yang pulih posisinya dan perkiraan saya sepertinya tidak begitu salah. Di akhir tahun, 30-40% trafik akan kembali normal. Walau sepertinya bisa melebihi angka itu, saya tidak mau terlalu optimis.

Bisakah untuk kembali normal seperti sediakala? Saya tidak cukup yakin. Mungkin bisa mungkin tidak, tetapi migrasi pasti akan membawa efek pada trafik dalam jumlah cukup besar.

Jadi, kalau Kawan MM mau bermigrasi dari Blogspot ke WordPress, bersiaplah untuk situasi seperti sekarang ini. Pasti akan ada dampak terhadap trafik pengunjung, terutama jika trafik biasanya datang dari mesin pencari.

Seberapapun diusahakan agar tidak turun, tetap akan ada imbas dari perubahan yang dilakukan.

Perlahan blog akan membaik kembali, tetapi untuk pulih 100% kemungkinannya kecil.

Belajar dari blog MM, menerbitkan sebanyak mungkin artikel baru akan membantu meminimalisir dampaknya.

Yuk Berbagi....

8 thoughts on “Berapa Lama Posisi Blog Pulih Setelah Migrasi?”

  1. Ini yang bikin saya malas pindah ke WP selain juga karena harus bayar hosting, salah satunya pengunjung dari mesin pencari juga akan turun drastis.

    Jangankan pindah dari blogspot ke WP, ganti domain juga bisa membuat pengunjung turun dari google.

    Reply
    • Ganti domain, pindah dari http ke https, pindah dari www ke non www, semua itu akan berpengaruh terhadap trafik dari mesin pencari.

      Tapi, kalau saya berpikir kalau memang harus mengorbankan itu untuk maju ke depan, saya akan lakukan, karena dengan begitu blog bisa berkembang dengan baik. Bahkan kalau memang harus mulai dari awal sekalipun, ya akan saya lakukan demi masa depan…

      Kadang memang kita harus berkorban untuk maju dan saya tidak akan ragu untuk melakukannya

      Reply
  2. Untuk saat ini karena pandemi Covid-19, blog2 yg sudah menghasilkan dan mantep di serp untuk sementara ini tidak sy otak-atik theme dll, tapi sy lebih fokus memperkaya konten. Bukannya apa ya. Nunggu situasi normal dulu. Karena semua penuh ketidakpastian, termasuk halaman serp google yang beberapa kali bikin sy terheran2. Banyak perubahan-perubahan penting yang sy amati, termasuk prilaku pengguna, algoritam yang beberapa waktu lalu mengayun website saya menjadi landai –> kembali normal –> naik, turun dst… serasa kayak fluktuatif gitu (sy memaklumi sih). Jadi, untuk sementara sy tahan dulu. Insya Allah tahun depan jk kondisi sudah cukup baik (menurut sy) maka akan mencoba ganti theme dan perubahan besar pada website.

    Saya juga tertarik ingin mengganti theme seperti punya mas anton yang menggunakan GP. Saya mengamati akses web juga semakin cepat dan sebagai pengunjung jadi seneng aja kalo akses web yg cepat.

    Oya pertanyaan sy untuk mas anton dkk MM:,

    (1). Bagaimana cara mengganti URL artikel yang diredirect dari blogspot ke wp self host?
    (2). Mengganti permalink URL di wp self host yang artikel di web sudah terindeks google apakah bagus mas?
    (3). Perubahan besar yang dilakukan mas anton ketika bermigrasi MM ke wpselfhost termasuk menggunakan theme WP GP apakah berdampak signifikan terhadap posisi artikel di serp dan jumlah kumjungan???? jadi pensaran nih saya. Karena sy tertarik pengen pakai yang theme GP…hehe

    Reply
    • Sisi pandang yang beda mas.. Justru dengan segala ketidakpastian yang ada sekarang dan penghasilan adsense menurun, saya memanfaatkannya untuk memperbaiki. Toh kerugiannya bisa diserap tanpa masalah. Targetnya, begitu situasi membaik saya tidak perlu lagi memperbaiki apapun.

      Perbaikan seperti ini tidak akan makan waktu lama dan tidak mengganggu penambahan konten. Efeknya sendiri prediksnya sampai akhir tahun.

      Tapi, dari semua itu, website saya sudah berubah dan siap ketika kondisi kembali normal. Saya tidak perlu lagi mengutak atik ketika pandemi berakhir dan bisa segera berpacu. Dibandingkan saya menunggu sampai pandemi berahir baru merubah, kerugian bisa bertambah besar dan saya akan kehilangan banyak kesempatan.

      In any case, saya bukan orang yang akan ragu melakukan perubahan kalau memang dirasa perlu. kerugian sudah diperkirakan dan dipandang bisa ditanggung. Hal itu lebih baik daripada saya harus menunggu beberapa rupiah dan kehilangan kesempatan untuk memperbaikinya.

      Bukan gaya saya mas kalau begitu.. hahahaha.. Jadi, harapan saya, tahun depan ketika situasi berangsur normal, semua blog sudah akan berjalan normal dan sudah bisa berlari cepat, tidak perlu utak atik lagi.

      1. URL blogspot dan wp berbeda. Tidak ada yang sama, jadi mau diubah seperti apa akan tetap menghadirkan halaman 404. Kalau tidak percaya lihat di ujung blog berbasis blogspot biasanya akan ada “html”, padahal di WP tidak ada. Jadi mau diapain juga permalink blogspot akan menimbulkan banyak halaman 404 setelah migrasi

      (Broken link terjadi di semua blog yang dimigrasi, baik menggunakan tool atau manual..jadi sama saja hasilnya url “tidak sama” dengan di blospot dan artinya broken link atau artikel yang sudah terindex di mesin pencari akan menuju halaman 404

      2.Jelek.. halaman 404 akan timbul karena perubahan permalink. Kalau mau setelah ubah, kirim ulang sitemap dan setting yang baru dan kemudian harus menunggu beberapa waktu sebelum situasi kembali normal.

      3. Dari blogspot ke wp, karena saya sudah memakai TLD waktu di blogspot, saja sudah menghasilkan url dan setting yang berbeda, jadi ya perubahannya signifikan terhadap posisi di serp. Perhitungan saya akan makan waktu 3-4 bulan untuk bisa kembali agak normal. Mau pakai teknik redirect apapun, masalah utama strukturnya sudah berbeda.

      Pada akhirnya saya memilih untuk mengirimkan sitemap baru karena begitu migrasi sitemap lama tidak lagi berfungsi dengan baik.

      Lebih baik sebenarnya kalau dari subdomain blogspot langsung ke WP karena pengaturannya lebih mudah.

      Hal ini berlaku mau pakai Theme apapun yah karena kaitannya bukan dengan theme tapi dari struktur WP nya sendiri.

      Nah, yang seperti ini sudah saya kalkulasi sebelum migrasi, kehilangan pengunjung adalah resiko yang sudah diperhitungkan dan bisa saya terima. Jadi, kalau mau bermigrasi ria, jangan berharap trafik akan normal. Penurunan akan besar sekali selama beberapa bulan ke depan. Bersiap untuk itu.

      (Saya sudah ikuti berbagai cara yang katanya tanpa kehilangan trafik, tetapi hasilnya ya nol besar juga.. wakakakakakakaka jadi, akhirnya saya putuskan itu sebuah resiko yang harus diterima atau tidak migrasi sama sekali)

      Reply
  3. Kak Anton, congrats! Usaha menerbitkan banyak artikel selama ini ternyata membuahkan hasil yang baik ya 🥳 semoga trafficnya bisa segera sesuai dengan harapan atau bahkan lebih tinggi.
    Btw, sebenarnya aku sempat ada pikiran untuk migrasi ataupun ganti domain tapi mengingat nanti harus ulang lagi semuanya dari 0, rasanya nggak rela untuk melepas apa yang udah dimiliki saat ini 🤣

    Reply
    • Aaamiiin.. makasih doanya Lia. Masih butuh perjuangan panjang nehh…

      Soal migrasi, sebenarnya tergantung trafiknya Lia. Kalau Lia mendapatkan mayoritas trafik dari mesin pencari, resikonya besar. Tetapi, kalau kebanyakan dari BW atau kenalan sesama blogger, migrasi tidak akan berpengaruh banyak pada trafik.

      Jadi, perhatikan dulu trafiknya asalnya kebanyakan dari mana… Tidak berarti harus dimulai dari 0 lagi, bisa jadi malah tidak akan berpengaruh apa-apa

      Reply
  4. nah tuh dia pak anton, aku baca baca juga kalau setting redirectnya bener bakalan its oke aja, nahh kalau aku ga yakin apa aku bisa men-redirect dengan bener.
    kayaknya kalau migrasi mungkin bayar orang ajah hahahaha

    Reply
    • Ternyata kalau memang masih subdomain dari blogspot mungkin masih bisa, tapi begitu sudah jadi kustom domain, hampir tidak bisa.

      Yang nulis juga kayaknya kebanyakan belum pernah ngalamin sendiri …

      Nah begitu lebih baik.. soalnya pekerjaannya detail sekali Nun

      Reply

Leave a Comment