WikiHow : Kumpulan “IDE RECEH” Pengundang Trafik Puluhan Juta

Selamat Siang Kawan MM!

Pernahkah Anda merasa bahwa ide yang hendak kita tuliskan terasa seperti “ide receh”, “remahan rengginang”, “remahan peyek”, “busa sabun, atau bahkan “remahan Chitato.

Dengan kata lain, ide itu kita anggap terlalu kecil, tidak berguna, dan tidak akan bermanfaat bagi orang lain.

Pernah?

Kalau boleh saran, buang pikiran seperti itu jauh-jauh ke dalam tong sampah karena akan menghambat perkembangan sebagai blogger.

Lagipula, ada sebuah contoh menarik betapa tulisan penuh dengan “ide kecil” (maaf saya tidak bisa menyebut dengan ide receh yang terkesan merendahkan), bisa mengundang trafik sampai puluhan juta setiap bulannya ke sebuah website.

Nama websitenya “WIKIHOW“.

Website ini dibangun oleh Jack Herrick, seorang pengusaha asal Amerika Serikat. Ia yang merupakan penggemar dari website bertipe “wiki” pada tahun 2005.

Isinya berupa tutorial berbagai hal sehari-hari yang bahkan tidak pernah terbayangkan akan menjadi sebuah tulisan. Contohnya saja, dalam wikihow ada tutorial “Cara menindik pusar, “Cara menyembunyikan tali sepatu”, “Cara memandikan anjing”, dan lain sebagainya.

WikiHow : Kumpulan "IDE RECEH" Pengundang Trafik Puluhan Juta

Tulisan-tulisan ini dikirimkan oleh anggotanya yang tersebar di berbagai negara. Konten ini kemudian diedit dan dipelajari oleh lebih dari 500 orang yang dimasukkan dalam kategori “pakar” dari berbagai bidang.

Hasilnya adalah sampai tahun 2020, sekitar 30 juta orang, setiap bulan, datang berkunjung website yang bisa disebut pengumpul ide recehan ini. Angka yang luar biasa besar untuk sebuah website.

Jumlah artikel yang sudah diterbitkan sejak tahun 2005 hingga saat ini sudah mencapai di atas 200 ribu-an.

Baca juga : 7 Kata Mutiara Inspiratif Untuk Blogger Minder

Jadi, jangan pernah sebut ide Anda adalah ide receh, karena pada dasarnya bukan idenya yang terlalu kecil untuk dibahas. Seperti kata Richard Branson, CEO Virgin Group, “Tidak ada ide yang terlalu kecil, dan semua jenis ide memiliki potensi untuk merubah dunia

Yuk Berbagi....

10 thoughts on “WikiHow : Kumpulan “IDE RECEH” Pengundang Trafik Puluhan Juta”

  1. Nyiahahha beneran digunakan lho “remahan chitato” jadi malu 🤣
    Btw, benar juga soal website WikiHow ini. Aku bahkan beberapa kali pernah melipir ke sana untuk membaca beberapa artikel tentang cara melakukan hal-hal kecil yang ada pada kehidupan sehari-hari. Nggak nyangka ternyata pengunjungnya bisa sebesar itu ya!

    Benar-benar nggak ada ide yang receh 😂
    Bahkan yang receh pun jika dikumpulkan, bisa menjadi bukit uang 😂

    Reply
    • Kan dah dibilang, dicatat .. dan akan dipakai.. hahahahaha… biar bervariasi soal remah-remahnya..

      Betul kan.. makanya saya nggak mau bilang ide recehan karena receh atau tidak itu kan di tangan yang ngolah. Kalau tahu caranya, ya bisa jadi raksasa…

      Reply
  2. iya lo saya sampai pernah nemu bagaimana cara menjadi Miss Universe
    eh ada lo pak
    lengkap banget mulai jaga berat badan dan tunda pernikahan wkwkwk

    memang wikihow ini juara dalam mengupas apapun

    Reply
  3. Setuju banget pak Anton untuk tidak meremehkan ide apapun. Saya juga masih belajar menata pikiran untuk hal semacam ini. Di salah satu blog yang saya kelola, saya pernah menulis salah satu panduan penggunaan laptop yang sangat dasar banget dimana saya yakin akan banyak yang sudah mengetahui hal itu termasuk mereka yang sangat awam dengan laptop sekalipun. Tapi sepertinya selama beberapa bulan terakhir, itu salah satu artikel populer di blog saya. Gak nyangka saja ide yang awalnya dipublikasikan karena alasan “yang penting ngonten” bisa menyumbang trafik yang tidak disangka-sangka untuk ukuran blog gado-gado yang tidak terlalu fokus pada niche tersebut.

    Reply
    • Iyah Mas.. kadang kita menyepelekan ide. Saya sendiri juga pernah membuat konten petunjuk arah saja, tetapi hasilnya lebih dari 150 ribu orang yang memakainya.

      Jadi, tulis apapun saja mas.. yang penting kita berbagi. Insya Allah akan ada yang bisa memanfaatkan. Kita pikir sepele tetapi bisa jadi hal besar bagi orang lain.

      Reply
  4. Kalau boleh bertanya, website bertipe wiki itu website yang seperti apa, apa yang seperti wikipedia itu kah?

    Hanya mengandalkan hal-hal yang dianggap remeh bisa mendatangkan puluhan juta pengunjung per bulan sangat mengagumkan.

    Reply

Leave a Comment