Menambah Frekuensi Posting Menaikkan Jumlah Tayangan Halaman

Selamat Malam Kawan MM!

Sejak pindah dari Blogspot ke WordPress, saya memutuskan untuk menambah frekuensi posting di blog MM ini. Paling dalam sehari harus selalu ada 3 tulisan baru yang diterbitkan.

Paling sedikit tiga, kalau memang memungkinkan, ya harus bisa lebih lagi.

Targetnya adalah untuk menutupi kehilangan yang diakibatkan oleh migrasi tersebut. Batasan waktunya sendiri adalah sampai akhir September dan dimulai sejak 20 Agustus yang lalu.

Berarti sampai hari ini sudah hampir tiga minggu Maniak Menulis di-update beberapa kali setiap harinya.

Alhamdulillah, hasilnya ternyata sudah bisa terlihat dari pergerakan di Google Analytics. Di sana terlihat terjadi kenaikan tayangan halaman yang lumayan drastis.

Peningkatannya bahkan melebihi 2 kali lipat dari saat saya hanya update sekali setiap minggu.

Perhatikan di bawah ini.

Menambah Frekuensi Posting Menaikkan Jumlah Tayangan Halaman

Dari statistik itu bisa dilihat pernah dalam beberapa hari peningkatannya sampai 5-6 kali lipat.

Hal yang terus terang menyenangkan dan memberi tambahan semangat untuk melakukannya.

Setelah berpikir beberapa kali, kemungkinan penambahan tayangan laman ini disebabkan oleh

  • Pengunjung memiliki pilihan lebih banyak untuk dibaca
  • Kecepatan blog yang meningkat juga memberikan efek karena pengunjung tidak memerlukan waktu lama untuk membuka satu halaman
  • Keberadaan tombol “NEXT” dan “PREVIOUS” yang lebih besar (disarankan oleh mbak Khairunnisa dari Maringenet) mempermudah navigasi
  • Konten yang dibuat lebih pendek sehingga pembaca tidak terlalu merasa bosan dan menghabiskan waktu terlalu lama di sebuah tulisan

Efek lainnya adalah penurunan “bounce rate” yang lumayan. dari sebelumnya mendekati 50%, selama 28 hari terakhir berkisar hanya 33%. Ada selisih sekitar 16-17%.

Meskipun demikian, ada sedikit dampak buruk juga. Pada awal frekuensi posting ditingkatkan, komentar yang masuk bertambah banyak, tetapi beberapa hari terakhir, jumlah komentar menurun.

Bukan hal yang aneh karena rasanya pengunjung rutin agak merasa bosan atau bingung karena jumlah tulisan yang “terlalu” banyak untuk dikomentari.

Bagaimanapun, tidak ada sesuatu yang sempurna. Pasti ada sisi kekurangannya termasuk sistem update secara beruntun seperti ini.

Baca juga : PSBB Lagi, Kesempatan Untuk Ngebut Menulis

Berdasarkan pengamatan ini, dan sehubungan dengan akan kembalinya masa WFH (Work From Home – Bekerja Dari Rumah), saya akan melanjutkan pola posting seperti ini (bahkan menambah jumlahnya), sampai setidaknya akhir September sesuai jadwal di Maniak Menulis.

Yuk Berbagi....

10 thoughts on “Menambah Frekuensi Posting Menaikkan Jumlah Tayangan Halaman”

  1. Salut Pak Anton untuk pencapaian dari Maniak Menulis. Biasanya kalau dulu-dulu kan banyak referensi yang bilang bahwa kalau migrasi platform, maka mungkin akan ada penurunan trafik terutama selama 2 atau 3 bulan awal. Tapi tampaknya hal itu tidak terjadi disini. Setidaknya pv yang meningkat menjadi sinyal positif tersebut. Salah satu yang saya suka dari blog ini sekarang adalah lebar postingannya yang menurut saya sangat pas. Relatif sih kalau ini. Tapi gak tahu juga kenapa kok terasa lebih personal saja ketika membaca di laptop sehingga bisa lebih nyaman. Mudah-mudahan lebih berkembang lagi, aamiin.

    Reply
    • Makasih mas…Mudah-mudahan terus begitu.. (#maunya)

      Soal lebar, ooh kesannya gitu yah. Saya cuma menyesuaikan lebar dengan feeling saya saja mas. Kupikir nggak enak kalau terlalu lebar, jadi dibuatkan agak “sempit”

      Makasih banget kalau dianggap sesuai

      Reply
  2. Semangat mas, hehehe. Hari ini saya blogwalking ke MM dan menemukan banyak tulisan baru, jadi semangat mau menjelajah 😂

    Eniho kita memang nggak bisa mendapatkan semuanya. Hahahaha. Mau statistik naik tapi resikonya komentar turun, while mau komentar naik tapi statistik turun karena nggak bisa update setiap hari 😁 ini saya rasakan waktu update setiap hari, komentarnya bisa turun jadi setengah 😆

    Reply
  3. Eee, aku termasuk yang sering baca tapi komentarnya sesekali 🤣
    Tapi aku menikmati banyaknya tulisan kak Anton di blog. Jadi begitu nyemplung ke blog kak Anton, pilihan membacanya banyak dan nggak terlalu panjang-panjang jadi nggak bosan bacanya 😁
    Semangat kak Anton untuk terus menulis!

    Reply
  4. Mantap updatenya…dan judulnya juga banyak yang menarik buat di klik.

    Memang naturenya seseorang itu akan bingung bila dihadapkan dengan banyak pilihan..makanya utk mengambil keputusan biasanya pilihan yg disodorkan nggak lebih dari dua atau tigalah maksimal. Karena jumlah posnya banyak, pembaca jadi punya banyak pilihan. Termasuk pilihan untuk dikomentari. Jadi wajar bila menurun ya mas..

    Reply
    • Betul Phebie… karena pembaca juga nggak mungkin komentar di semua tulisan, juga tidak semua tulisan akan menarik untuk mereka baca.

      Jadi, mereka pasti memilih dan hasilnya secara total persentase akan menurun.. hahaha

      No problem sebenanrya buat saya mah.. soalnya ada komentar sedikit juga sudah nambah semangat tuk terus menulis.. hahahah

      Reply
  5. keren semangatnya pak anton, sehari bisa menghasilkan sampe 3 bahkan lebih untuk penulisan artikelnya
    ngomong ngomong BR, kayaknya punya 50an lebih pak anton
    masih belum ada usaha buat nurunin juga
    paling seneng kalo liat grafik naiknya signifikan ya, akupun juga begitu hehe

    Reply
    • Hahaha.. kudu bisa.. kalau nggak blog piaraan saya kelaparan terus Nun..

      Soal BR, sebenarnya sih nggak merhatiin amat..cuma kadang iseng mempelajari dan mempertanyakan.. “kenapa begini”, “kenapa begitu yah”. Jadi akhirnya diulik

      Siapa yang ga seneng grafik naik pesat, kecuali grafik utang.. Iya nggak?

      Reply

Leave a Comment