Komentar Di Blog Berbasis WordPress Bisa Diedit Loh!

Selamat Malam Kawan MM!

Punya komentar menyakitkan tetapi isinya sebenarnya bagus? Bingung karena kalau dibuang isinya berisi sudut pandang yang bagus, kalau diterbitkan kata-katanya kasar? Jadi, harus bagaimana?

Yah, kalau di WordPress sih ada opsi lain. Diedit saja. Buang kata-kata kasarnya dan terbitkan bagian yang baiknya.

Memang bisa? Kira-kira begitu pertanyaan Mbak Eno dari Creameno di komentarnya pada tulisan “Ketika Menerima Kritik Atau Komentar Tak Mengenakkan, Apa Yang Akan Dilakukan?

Ya bisa. Komentar pada blog berbasis WordPress memang bisa diedit. Mudah sekali karena menunya sudah ada.

Klik saja tombol “edit”, maka editor komentar akan muncul seperti di bawah.

komentar di WordPress Bisa Diedit Loh 4
Tampilan editor komentar di WordPress

Setelah selesai mengedit komentarnya, tinggal klik update. Selesai.

Nah, sebagai jawaban dari pertanyaan tadi, saya coba iseng mengedit komentar tersebut dan memasukkan image dari blog Creameno sendiri, si Bunny/Kelinci. Hasilnya menjadi seperti di bawah ini.

komentar di WordPress Bisa Diedit Loh

Tapi, seumur-umur pakai WP Self Hosted yang hampir 6 tahun ini, saya baru tiga kali menggunakan menu ini

  1. Ketika pertama kali memakai WP dan melakukan uji coba
  2. Beberapa hari lalu ketika salah satu komentar yang dimoderasi terhapus secara tidak sengaja (dimasukkan ke spam dan kemudian langsung dibuang). Saya merasa bersalah. Untungnya dari email pemberitahuan tentang komentar masuk disana tertulis komentarnya. Jadi, saya buatkan satu kolom komentar sesuai nama komentatornya, email, dan isinya diambil dari email tadi
  3. Ya, saat mengedit komentar dari Mbak Eno tadi saja yang dipakai dalam tulisan ini

Karena saya pikir yang terbaik adalah menampilkan sebuah komentar sebagaimana yang disampaikan oleh pemberi komentarnya. Kalau menghilangkan bagian-bagiannya takutnya malah membuat salah arti dan yang memberi komentar bisa jadi tidak senang karena hal itu.

Bagaimana dengan Blogspot/Blogger? Bisakah komentar diedit? Bisa juga kok, cuma ribet dan makan waktu. Tapi, kalau mau belajar silakan klik di LINK 1 atau LINK 2 (berbahasa Inggris).

Saya pernah mencobanya (maklum suka ngoprek) dan berhasil. Cuma setelah dipikir lagi, kegunaannya tidak banyak sementara lumayan butuh ketelitian dan makan waktu juga, Lagipula, saya tidak akan menggunakannya toh biasanya tetap diapprove, kecuali spam, one-liner, SARA.

Yuk Berbagi....

10 thoughts on “Komentar Di Blog Berbasis WordPress Bisa Diedit Loh!”

  1. Nah ini nih salah satu hal yang saya suka dari wp. Apalagi biasanya ada aj orang yg gk tau cara isi komentar, kolom website yg seharusnya nd perlu diisi malah dimasukkan kalimat atau link blog kita sendiri.. Karena bisa diedit jdi terbantu bgt sih dengan fitur ini.

    Tapi saya rasa kalau blog kya Maniak Menulis gk perlu pake edit ya kang, soalnya komentar yg masuk saya lihat banyak, kalau harus diedit satu per satu bisa keriting tu jari haha.

    Reply
    • Salah satu kenyamanannya memang disitu.

      Hahaha.. merasa nggak karena memang ga punya niat saja mas priant. Moderasi cuma buat nyaring saja, supaya spammer dan komentar nggak pantas nggak tembus dan tampil..

      Reply
  2. Woooh cool! Enak banget donggg kalau mau edit hahahahaha. Saya pribadi belum ada niatan mau edit komentar yang masuk ke blog saya, mas. So far yang masuk sopan semua dan nggak ada yang berkata kasar hehehehe 😆

    Eniho, terima kasih infonya, mas 😍

    Reply
  3. Salah satu sebab nyaman di WP karena kaya edit-editan 😅

    Betul pada dasarnya blogspot bisa diedit juga tapi harus niat banget..😅😅

    Orang yang tdk tahu ngedit di blogspot bisa saja jalan pintas lakukan copy paste tulisan asli komentator yg masih dipending lalu bikin komentar baru yg sdh di edit dengan nama dan URL si komentator. Itu yang di approve. Paling avatarnya nggak muncul…

    Reply
  4. Hampir 1th menggunakan wp dan belum pernah mengedit komentar. Yaa apa yang mau diedit, hampir semua komentar yang masuk terbilang komentar yang sopan dan layak untuk diapprove.

    Beberapa hari terakhir malah menghapus beberapa komentar yang ga jelas/spam.

    Reply
  5. Saya dulu pernah pakai WP dan memang tahu kalo komentar di wordpress bisa diedit, cuma ya tahu saja belum pernah ngedit soalnya ngga ada yang komentar, gimana mau diedit.

    Banyak sekali memang kelebihan wordpress makanya banyak juga blogger yang beralih ke WP, selain itu yang aku sukai banyak pluginnya. Ada masalah dalam blog tinggal install plugin saja, kebanyakan sih beres. Cuma sayangnya harus bayar hosting nya, kurang cocok bagi saya yang suka gratisan.😂😂😂

    Kalo blogspot harus export file xml kalo mau edit komentar, ribet banget karena aku ngga pintar edit xml. Tapi biarlah yang penting gratis ngehost di blogger.🤣

    Reply
    • Nah itu.. gue kan orang yang ga mau ribet juga makanya pindak ke WP.. Blogspot mah kudu banyak tahu coding kalau mau sesuatu. Capeek..

      Iyah. gue ngalamin ngedit xml saking pingin taunya sampe akhirnya merasa nggak worth banget dah buat ngedit komen di blogspot

      Enjoy ajah lagi..mau dimana juga ga masalah.. nu penting mah enjoy

      Reply

Leave a Comment