Kolaborasi Blogger : Kerjasama Mencapai Tujuan

Selamat Sore Kawan MM!

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Begitu kata pepatah yang menunjukkan betapa kerjasama itu penting untuk mencapai tujuan.

Dan, makna pepatah ini berlaku di setiap sendi kehidupan manusia, termasuk di dunia para blogger yang kerennya disebut “the blogosphere”.

Setiap blogger memang akan memiliki tujuan masing-masing saat membuat blog. Motivasinya bisa karena uang, ketenaran, atau apapun. Bukan sesuatu yang salah karena justru merupakan bagian penting dari kehidupan seorang blogger.

Oleh karena itu wajar kalau fokus mereka adalah bagaimana mengembangkan blognya ke level yang mereka inginkan.

Sayangnya, terkadang mereka tidak menyadari bahwa apa yang mereka kejar bisa tercapai lebih cepat dengan melakukan kerjasama dengan blogger lainnya.

Istilahnya, kerjasama/kolaborasi antar blogger.

Iya. Para blogger bisa bekerjasama untuk mengembangkan blognya dengan jalan membantu pengembangan blog milik blogger lain.

Kok bisa? Coba saja lihat beberapa hal yang dibutuhkan sebuah blog untuk berkembang.

a) Backlink (Tautan Balik) :

Mau Domain/Page Authority (DA/PA) tinggi, butuh backlink. Mau perkasa di SERP (Search Engine Page Result – Halaman Hasil Pencarian Google), butuh backlink juga.

Darimana backlinknya? Tidak mungkin dari diri sendiri toh. Kecuali Anda mau beli dari penjual jasa PBN (Private Blog Network). Itupun ada resiko terkena penalti dari algoritma Google.

Kata para internet marketer, “Buat konten berkualitas!” yang kenyataannya sulit untuk dibuat karena penilaian itu dari orang lain, bukan kita.

Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

Kalau mau bekerjasama dalam tim mudah. Misalkan saja, 7 blogger dengan tema yang sama, atau berbeda sekalipun bekerja sama. Kemudian (tanpa paksaan yah) bisa saling memberi outbound link pada tulisan kawan yang berkolaborasi yang dianggap menarik, maka masing-masing bisa mendapatkan link yang dibutuhkan.

b) Blogwalking dan Komentar :

Keramaian selalu mengundang orang datang, termasuk “keramaian” di kolom komentar sebuah blog.

Kesan yang hadir adalah, “Wah, blog itu hebat banyak dikomentari”. Biasanya akan mengundang yang lain untuk melihat dan terlibat.

Blogwalking dan berkomentar adalah salah satu cara yang kolaborasi yang bisa dilakukan oleh kaum blogger.

Bayangkan saja kalau ada 10 blogger bekerjasama. Kemudian, setiap ada post terbaru di blog mereka yang bekerjasama, setiap rekannya meninggalkan jejak satu tulisan. Pasti sudah ada 9 komentar + 9 balasan dari yang punya blog.

Dan, 10 blog itu akan memiliki “keramaian” yang serupa.

Pasti terlihat ramai.

Apalagi, katanya, Google juga memandang ini sebagai indikator sebuah blog menarik/baik (katanya!)

c) Guest Post :

Guest post merupakan salah satu cara yang lumayan efektif untuk memperkenalkan diri ke khalayak yang lebih luas.

Sepuluh blogger yang berkolaborasi bisa saling memberikan ruang untuk penulis tamu dari rekan-rekan yang bekerjasama.

Dengan begitu, mereka bisa saling mendapatkan tambahan pembaca dan memperluas nama dari lingkaran yang berbeda.

d) Berbagi Job Dan Info :

Kadang kita menerima tawaran job dari luar yang tidak sesuai dengan kemauan kita. Tetapi, bisa jadi rekan kita dalam lingkaran mau menerima tawaran tersebut.

Iya kan?

e) Saling Memberi Ide :

Ide itu barang mahal. Terkadang susah dicari.

Tapi, hal itu mungkin bisa teratasi ketika kita berkolaborasi dengan blogger lain. Saling bertukar pikiran dan ide akan sangat membantu memecahkan kebuntuan dari salah seorang anggotanya.

f) Membuat Ulasan :

Perkenalkan blogger yang berkolaborasi kepada lingkaran kita dengan begitu mereka bisa menjangkau lebih luas. Pembaca mereka bisa bertambah dan blognya berkembang.

g) Giveaways :

Pernah merasakan menguapnya semangat ngeblog? Pasti. Sebuah giveaway mungkin akan membantu mengembalikan semangat tersebut.

h) Interview :

Mewawancarai rekan blogger dan kemudian menayangkan hasilnya di blog akan memberikan dua keuntungan. Yang mewawancarai memiliki satu tulisan baru di blognya dan satu lagi untuk yang diwawancarai karena namanya semakin luas dikenal.

i) Media Sosial :

Tidak ada salahnya kalau ada satu tulisan yang menarik di blog salah satu rekan, rekan yang lain membantu menyebarkannya via media sosial.

Tidak ada ruginya.

Dan, ada banyak cara lain yang bisa dipergunakan dalam kolaborasi antar blogger. Semua tergantung pada dan dibatasi oleh kreativitas mereka yang berkolaborasi.

—–

Jika kolaborasi berjalan dengan baik dan semua dengan sukarela mau saling percaya dan mendukung, perkembangan blog dan blogger yang berada dalam lingkaran tersebut akan pesat.

Contohnya, Maniak Menulis yang karena mendapat bantuan dan kontribusi sesama blogger bisa menanggulangi efek migrasi dari Blogspot ke WordPress. Hari demi hari terlihat sekali imbasnya.

Kalau memakai ukuran Alexa rangking saja, sejak banyak rekan yang datang dan berkomentar dan berbaik hati memberikan backlink, terjadi kenaikan peringkat 250000-an. Meski saya tidak tahu memanfaatkan peringkat tersebut, tetapi disana terlihat perkembangan.

Begitu juga di GA dimana jumlah tayangan halaman meningkat.

Baca Juga : Bagaimana Bisa Membuat Artikel Yang Ringan Ketika Berpikir Terlalu Berat?

Teorinya begitu.

Cuma, kalau melihat situasi di lapangan dimana berbagi link justru langka, bahkan kolom komentar saja ditutup atau kolom websitenya dihilangkan karena takut tertular spam score, saya pikir masalah terbesarnya ada pada satu hal.

Manusianya.

Akan sulit menemukan blogger yang mau berkolaborasi dan bekerja sama. Mungkin akan berbeda kalau yang mengajak adalah nama terkenal, seperti Viva, Kompasiana, dimana ada garansi “keterkenalan” atau link.

Bagaimanapun, saya menyadari bahwa dunia blogging masa kini sudah dirambah oleh yang namanya individualism.

Jadi, mungkin ini hanya akan menjadi sebatas ide saja.

Siapa tahu ada yang mau paling tidak sekedar ikut berpikir.

Yuk Berbagi....

12 thoughts on “Kolaborasi Blogger : Kerjasama Mencapai Tujuan”

  1. Thank you mas ide-ide tambahannya 😍 hehehehe. Saya suka sinergi antar sesama bloggers jadi berharap kalau dunia blog bisa berkembang pesat ~

    Susah susah gampang, ya. Tapi bukan berarti nggak mungkin untuk dilakukan apalagi kalau memang niat mau mengembangkan blog kita 😂

    Reply
  2. Menurutku masih banyak kok para blogger yang mau diajak bekerjasama agar performa blognya ramai. Salah satunya ya pak Anton yang suka kasih info blog teman teman termasuk saya.😁

    Soal kolom komentar ditutup aku lihat memang ada tapi sedikit saja, kebanyakan buka kolom komentar, karena jika banyak yang komentar terutama para rongdo maka akan semangat yang punya blog.😆

    Reply
    • Pasti masih ada lah.. cuma secara keseluruhan, penilaianku, kondisi kurang kondusif dimana semua protective sekali dan sibuk dengan diri sendiri.

      Yang nutup kolom komentar banyak loh, juga yang mengganti dengan disqus atau yang lain juga banyak.. hahaha

      Kudu gitu ya mas.. wakakakak.. kayaknya trik yang bagus tuh

      Reply
  3. Selama ini aku rutin yg BW dan komentar sih. Pernah di salah satu grub yg aku ikutin, mau ngadain saling tuker backlink. Tp nentuin spam score jgn LBH dari 4. Sementara waktu itu punyaku sempet 6. Jadinya ga bisa ikutan hahahahah. Padahal kalo ga salah baca even msh dibilang kategori low kalo 1-30 bukan sih? Yg aku inget puluhan , tp lupa pastinya, itu aja msh low.

    Tapi ya sudahlah, aku sih ga msalah juga :D. Masih nyantai ini nulisnya.

    Reply
    • Jaaahh… gelo banget kalau begitu mah…

      Ampuun dah dengernya.. hahaha.. mau kerjasama saja harus ngukur dulu… kecanduan banget. Kalau menurut teori spam score 17% masih dianggap normal.. kalau sudah 50 an baru pusing.. Tapi saya mah ga pusing soalnya ga peduli.. waakakaka.. cuma begitu yang aku baca dari Moznya..

      Reply
  4. Bagi idenya dong mas xixix

    Kolaborasi gini mengingatkanku akan yutuber yang pada collab2bjuga mas, jadi istilahnya malah saling membantu ya, bukan malah persaingan sengit dan nyinyir nyinyiran #etdah hahhaha

    Cuma memang ada beberapa point yang baru bisa kujalani itupun belom totalitas, misalnya blogwalking..tapi blogwalkingpun belom bisa full ke semua teman, soalnya masih terkendala waktu karena harus baca paling ga sari-sarinya, kalau ga baca kesian juga aku ama yang nulis hihihi…selain itu kadang baca juga ama list yang bener2 ku merasa amat sangat tertarik misal blog mm ini haha #biar ditrakter

    Kalau nemu yang agak agak gimana, alias ga nyandak di otakku atau keberatan, kadang cuma jelangkungan saja hahahhahaha

    Reply
    • Mau ide apa.. ntar aku cari di gudang dulu tapinya.. wakakakak

      Sebenernya, tidak berarti semua harus dilakukan, tetapi apapaun untuk bisa saling mendukung dengan blogger lain Mbul. Jalani yang bisa, tetapi kita bisa tetap berkontribusi bagi blog lain.

      Reply

Leave a Comment