Kapan Pertama Kali Mendapatkan Uang Dari Blog?

Selamat Malam Kawan MM!

Awal saya terjun ke dunia blog bukanlah bertujuan untuk mendapatkan uang.

Agak idealis alasannya. Saya ingin membuat blog yang bisa membantu orang yang mau berkunjung ke Bogor agar mendapatkan petunjuk dan informasi. Saat itu, saya perhatikan kebanyakan blog tentang Kota Hujan hanya berpusat tentang wisata dan kuliner saja.

Jarang yang mengulas tentang sejarah atau bagian-bagian lain. Media lebih suka membahas tentang berita politik, kriminalitas, dan sejenisnya.

Jadilah lahir Lovely Bogor.

Hanya saja dalam perjalanannya, saya terinfeksi virus Adsense dan melihat ada peluang untuk menghasilkan recehan dari tulisan saya. Jadilah, kemudian saya mengajukan permohonan untuk menjadi publisher Adsense.

Kalau tidak salah ingat, waktu itu sekitar bulan Mei 2015. Baru 5 bulan Lovely Bogor berdiri dan sekitar 9 bulan sejak saya mulai ngeblog.

Katanya susah untuk mendapatkan persetujuan, tetapi ternyata dalam waktu 3 hari permohonan saya disetujui.

Langsung membayangkan bisa kaya raya? Tidak lah. Terlalu banyak pengalaman blogger yang saya baca, baik dari dalam atau luar negeri yang menyebutkan mendapatkan uang dari blog memakai Adsense itu berat. CPC (Cost Per Click) nya rendah sekali.

Saya tidak terlalu banyak berharap akan segera mendapatkan pemasukan.Meski semangat ngeblog bertambah.

Pendapatan pertama saya dari divisi periklanan Google ini sekitar bulan September, ketika batasan minimum payout US$ 100 terpenuhi. Cuma, karena saya memakai Western Union untuk pembayarannya, saya harus ke kantor pos.

Malas. (Susah memang jadi orang malas).

Sebelum angka minimum tercapai, saya ubah batasan minimum jadi US$ 250, biar tidak terlalu sering bolak balik kantor pos.

Nilai ini baru tercapai pada bulan November 2015.

Dan, akhirnya saya bisa gajian pertama kali dari Adsense sekitar akhir Desember 2015. Nilainya kurang lebih kalau dirupiahkan menjadi Rp. 4,350,000.- (lupa kurs berapanya).

Alhamdulillah, sampai sekarang, semua blog tetap mengalirkan recehan Adsense. Tidak besar, tetapi kalau dihitung, lumayan juga.

Komputer yang saya pakai menulis saat ini adalah hasil dari Adsense juga. Kamera yang saya pakai, juga dari sana.

Pandemi ini memang membawa kesulitan tersendiri karena pengiklan semakin sedikit akibat banyaknya bisnis yang kolaps, CPC sepertinya menukik juga. Meskipun demikian, bukan berarti kosong, tetap ada pemasukan hanya tidak sebesar saat sebelum Corona melanda.

Mudah-mudahan saja setelah wabah pageblug ini berlalu, kondisi kembali normal dan bahkan lebih baik.

Itulah sedikit cerita pengalaman pertama mendapatkan penghasilan dari blog.

Bagaimana dengan Kawan MM? Kapan pertama kali mendapatkan uang dari blognya?

Yuk Berbagi....

10 thoughts on “Kapan Pertama Kali Mendapatkan Uang Dari Blog?”

  1. Lumayan mas dalam waktu 7 bulan bisa dapat pemasukan over than 4 juta dari blog 😆 suatu pencapaian besar menurut saya hehehehe. Semoga semakin ke sini, pemasukan semakin banyaaaaak. Yang tadinya bisa buat beli kamera dan laptop, mungkin next bisa beli rumah tambahan 😍

    Reply
    • Buat saya waktu itu pencapaian yang bagus karena banyak yang bahkan bertahun tahun tidak bisa payout sedangkan saya di tahun pertama sudah bisa melakukannya… Hahahahaha.. Dari situ semangat saya semakin bertambah, walau akhirnya sadar juga bahwa uang bisa menjadi beban tersendiri…

      Dan, saya memutuskan fokus ke ngeblognya dulu saja, soal rejeki, Alhamdulillah masih mengalir dari adsense..:-D

      Ogah punya rumah tambahan.. wakakaka berat ngurusnya

      Reply
  2. Berdasarkan lembaran bukti pencairan WU di kantor pos yang masih saya simpan dan tulisannya sudah mulai kabur, tanggal yang tertera adalah 27 Januari 2014. Sayang nominalnya sudah tidak terbaca.

    Kalo melihat di dasboard adsense, sepertinya laporannya sudah tidak tersedia. Karena berdasarkan notifikasi hanya laporan tiga tahun terakhir yang bisa diakses.

    Untuk cerita lengkapnya, nanti saya posting di blog, hehe. Padahal sih sudah selesai ditulis, tapi dijadwalkan untuk artikel hari Rabu.😄😄

    Reply
  3. Wih, cepat sekali dalam waktu 7 bulan udah dapat penghasilan segitu banyak dari Adsense kak. Keren 👏🏻
    Kalau dibayanganku kayaknya pendapatan aku dari adsense akan masih sangat lama untuk bisa ditarik 😂

    Reply
  4. Aku?
    Aku belum pernah dapat bayaran dari google adsense pak, daftar dari Maret 2019 tapi sampai September 2020 belum juga cair, soalnya akhir akhir ini pendapatan kecil, tidak sampai 50 ribu sebulan.

    Padahal dulu awal daftar selalu diatas 50 ribu, bahkan pernah sekali dapat 125 ribu dalam sebulan. Tapi sejak bulan April 2020 pendapatan selalu dibawah 50 ribu makanya aku copot iklan adsense di blog sarilah, cuma blog sinopsis film masih aku pasang.

    Kalo soal trafik di blog sarilah memang kecil paling 500 perhari, tapi blog sinopsis film stabil di angka 2000 sehari, kebanyakan dari google sih karena aku ngga pernah BlogWalking di blog satunya. Sepertinya masih kurang ya pak.

    Tapi selain dari google adsense saya dapat duit lain sih pak, lumayan sih dapat satu atau dua juta sebulannya.

    Apakah dari job kerja sama blog?

    Oh bukan, tapi dari saya jualan cilok.😆😁

    Kaboorrrr 🏃🏃🏃

    Reply
    • Wakakakak.. kalau gitu tekuni jualan cilok.. hahahaha

      Seharusnya 2000 orang sehari mah cukup mas.. lihat posisi penempatannya saja mas.. kadang disana juga pengaruh.

      Kalau sejak mar 2020 situasi memang rada runyam mas.. cpc turun banget

      Reply

Leave a Comment