Data Web Inti (Core Web Vitals) Bukan Faktor Penentu Trafik Organik

Selamat Pagi Menjelang Siang Kawan MM!

Pada Google Search Console (GSC), seperti sudah banyak diketahui terdapat satu menu/kategori yang disebut Data Web Inti (Web Core Vitals).

Bagian ini akan menampilkan hasil pengukuran secara riil dari perangkat pengguna mengenai “kecepatan” sebuah website tampil. Setiap laman akan diberikan label buruk, perlu perbaikan, atau baik berdasarkan metrik yang ditetapkan.

Contohnya

  • kecepatan di bawah 2,5 detik – baik
  • kecepatan antara 2,5-4 detik – perlu perbaikan
  • kecepatan di atas 4 detik – buruk

Banyak yang menduga bahwa dengan keberadaan menu ini di GSC, Google akan menggunakannya sebagai faktor penentu bagi sebuah artikel untuk tampil di halaman SERP (Search Engine Result Page-Halaman Hasil Pencarian) dan menjaring trafik organik.

Faktanya tidak demikian.

Gary Illyes, analis Google Webmaster Trends menyebutkan dalam jawabannya di Reddit bahwa Data Web Inti bukan penentu hal itu.

Konten yang relevan merupakan prioritas utamanya. Bahkan ia menyebutkan hampir tidak mungkin hal itu terjadi.

Terjemahan :

Seperti mesin telusur lainnya, Google bekerja keras untuk menampilkan kualitas tertinggi dan hasil paling relevan untuk kueri pengguna. CWV tidak ada hubungannya dengan salah satu dari mereka, bahkan tidak secara tidak langsung, jadi sangat tidak mungkin CWV akan menjadi “faktor utama untuk Lalu Lintas Organik”.

Itu tidak berarti Anda bisa mengabaikan CWV.

(Sumber : Reddit)

Berarti tidak perlu memperhatikan Data Web Inti? Tidak juga, ia menyebutkan bahwa “bukan faktor utama” tetapi merupakan “salah satu” faktor (dari entah berapa ratus faktor).

Jadi, hal itu tetap harus diperhatikan.

Bagi blog MM sendiri perbaikan yang sudah dilakukan cukup membawa pengaruh baik karena terjadi penurunan bounce rate dan banyak pengguna yang merasa suka dengan cepatnya laman tampil di perangkat mereka.

Jadi, tidak masalah juga kalau memang bukan faktor utama, toh tetap membawa kebaikan.

Yuk Berbagi....

Leave a Comment